Sukses

Lisensi Indonesia Dicabut Organisasi Miss Universe, Fabienne Nicole Bisa Tetap Ikut Miss Universe 2023?

Buntut kasus dugaan pelecehan seksual, Organisasi Miss Universe (MUO) telah secara resmi memutus kerja sama dengan PT Capella Swastika Karya sebagai pemegang lisensi franchise kontes kecantikan itu di Indonesia. Jadi, bagaimana nasib pemenang Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Groeneveld, yang semula akan jadi wakil Indonesia di Miss Universe 2023?

Liputan6.com, Jakarta - Buntut kasus dugaan pelecehan seksual, Organisasi Miss Universe (MUO) telah secara resmi memutus kerja sama dengan PT Capella Swastika Karya sebagai pemegang lisensi franchise kontes kecantikan itu di Indonesia. Jadi, bagaimana nasib pemenang Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Groeneveld, yang semula akan jadi wakil Indonesia di Miss Universe 2023?

Merujuk keterangan MUO yang diunggah di Instagram Story mereka, Minggu, 13 Agustus 2023, pihaknya menyebut keikutsertaan Fabienne di ajang Miss Universe 2023 akan "diatur" pihaknya. Dalam keterangannya, mereka menulis, "Miss Universe Organization telah memutuskan mengakhiri relasi dengan pemegang lisensi di Indonesia, PT Capella Swastika Karya, dan direktur nasionalnya Poppy Capella."

"Kami akan membatalkan Miss Universe Malaysia 2023 (yang lisensinya dipegang perusahaan yang sama) dan akan mengatur pemegang gelar Indonesia untuk bersaing di kontes Miss Universe tahun ini," sambung pihaknya.

Kasus serupa, yang mana finalis Miss Universe tetap bersaing di kompetisi tersebut ketika MUO memutus hubungan dengan direktur nasional dan organisasi lokal sebenarnya sudah terjadi tahun lalu. Kala itu, Miss USA 2022, R'Bonney Gabriel, yang akhirnya menyabet gelar Miss Universe 2022, berkompetisi dalam kondisi MUO menskors penyelenggara Miss USA, tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan mantan wakil presiden Miss USA, Max Sebrechts, yang merupakan suami Stewart, dan di tengah tuduhan kecurangan atas kemenangannya di kontes kecantikan Amerika Serikat (AS) itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Menimpa Miss USA 2022

Dalam kabar terbaru, dikutip dari Insider, Selasa (15/8/2023), Organisasi Miss Universe telah mengumumkan bahwa Crystle Stewart tidak akan lagi menjabat sebagai presiden Miss USA dan Miss Teen USA, posisi yang dipegangnya sejak November 2020.

Stewart diskors dari posisinya pada Oktober 2022 setelah lebih dari selusin kontestan Miss USA 2022 mengklaim bahwa ia dan perusahaannya, Miss Brand, telah mencurangi kontes tersebut demi memenangkan Miss Texas R'Bonney Gabriel.

Sekarang, Laylah Rose akan menjabat sebagai presiden dan chief executive officer Miss USA, lapor WWD. "Tujuan saya sebagai pimpinan organisasi ini adalah menginspirasi para wanita untuk selalu menciptakan mimpi baru, memiliki keberanian untuk mengeksplorasi semuanya, dan terus menjaga integritas di sepanjang perjalanannya," ujar Rose, pendiri VVV Global Ent., dalam sebuah penyataan.

Sebelumnya, ajang Miss Universe 2022 telah digelar di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat (AS), Sabtu malam, 14 Januari 2023 atau Minggu, 15 Januari 2023 waktu Indonesia. Wakil Amerika Serikat akhirnya terpilih sebagai Miss Universe 2022. Miss Amerika Serikat, R'Bonney Gabriel menerima mahkota Miss Universe 2022 dari Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu dari India.

3 dari 4 halaman

Cetak Sejarah Baru

Hasil itu membuat Miss Venezuela, Amanda Dudamel Newman menjadi runner-up pertama. Sementara Miss Republik Dominika menjadi runner-up kedua dalam ajang yang disiarkan secara live oleh kanal YouTube MISS UNIVERSE Live.

Kemenangan R'Bonney Gabriel membuat sejarah baru karena untuk pertama kalinya kontestan berdarah Filpina-Amerika Serikat berhasil jadi pemenang Miss Universe. Melansir The Sun, ia mewakili negara bagian Texas dan berhasil mengalahkan 50 finalis lainnya untuk mendapatkan gelar Miss USA atau Miss AS.

Gabriel tak hanya dikenal sebagai model, tapi juga desainer yang menciptakan pakaian ramah lingkungan. Tak heran karena ia merupakan lulusan North Texas University dengan gelar sarjana dalam Desain Fashion. Selain menyukai fesyen, wanita bertinggi badan 170 cm ini juga suka traveling. Ia memiliki darah Filipina dari sang ayah yang merupakan orang Filipina.

Sebelum pengumuman pemenang, ketiga finalis menjawab pertanyaan final di babak Top 3. Mereka ditanya tentang apa yang akan dilakukan sebagai Miss Universe untuk pemberdayaan perempuan yang progresif.

4 dari 4 halaman

Miss Universe 2022 Dituding Dicurangi Buntut Kemenangan Wakil AS R'Bonney Gabriel

R'Bonney Gabriel resmi memenangkan gelar Miss Universe 2022. Ia pun menyampaikan kebahagiaannya dapat mengenakan mahkota baru Miss Universe sekaligus mengaku tak menyangka bisa memenangkannya.

"Setelah aku dimahkotai, aku segera mendapat ucapan selamat, melakukan wawancara, bersenang-senang di after party di New Orleans. Mungkin aku terjaga sampai jam 5 subuh, berkumpul dengan beberapa teman dan keluarga," ujarnya dalam video yang diunggah di akun Miss Universe, Senin, 16 Januari 2023.

Gabriel yang berdarah Amerika-Filipina itu mengaku setelah beristirahat sejenak, ia lalu mengepak seluruh barangnya untuk terbang ke New York. Pesawatnya dijawalkan berangkat pada malam hari. Di Big Apple itu dia dijadwalkan berkunjung ke sejumlah media hingga sepekan ke depan.

Wajahnya berseri-seri saat mengumumkan hal itu. Terlebih, warna busana yang dikenakannya juga mendukung, yakni fuschia terang, terdiri dari inner menerawang yang dibalut mantel dan sebuah ikat pinggang.

Sejumlah penggemar meninggalkan ucapan selamat atas kemenangannya, tapi tidak semuanya. Banyak penggemar kontes kecantikan menumpahkan kekecewaan mereka karena memilih Gabriel sebagai pemenang Miss Universe 2022. Di media sosial itu, sejumlah fans mengklaim bahwa 'Miss Universe sudah dicurangi'.

Dikutip dari laman opoyi.com, penggemar mengklaim kemenangan Gabriel merupakan hasil 'favoritisme' sembari menyediakan sejumlah 'bukti' untuk mendukung klaim mereka. Salah satunya adalah penampilan Gabriel saat mengenakan kostum nasional bertema luar angkasa sambil menggendong properti berbentuk bulan yang membuatnya berjalan tertatih-tatih. Ada pula yang menyebut bahwa jawaban Gabriel di babak final tidak sebaik finalis Venezuela Amanda Dudamel yang meraih gelar runner up 1, ataupun jawaban dari Miss Republik Dominika Andreina Martinez Founier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini