Sukses

Runner Up 2 Miss Universe 2023 Mundur, Singgung Soal Dugaan Pelecehan Seksual dan Pemutusan Lisensi

Dugaan skandal pelecehan seksual dalam kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 masih jadi sorotan. Kabar terbarunya, Runner Up 2 Miss Universe Indonesia 2023, Muthia Fatika Rachman mengundurkan diri dari Miss Universe Indonesia 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Dugaan skandal pelecehan seksual dalam kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 masih jadi sorotan. Kabar terbarunya, Runner Up 2 Miss Universe Indonesia 2023, Muthia Fatika Rachman mengundurkan diri dari Miss Universe Indonesia 2023, seperti diungkapkannya dalam akun instagram resminya @muthiafrachman.

"Dengan segala hormat saya ingin mengumumkan secara resmi bahwa saya tidak lagi menjadi bagian dari Miss Universe Indonesia 2023 dan akan kembali ke provinsi saya Jawa Barat," tulisnya dalam bahasa Inggris pada Kamis, 17 Agustus 2023. Pengunduran diri Muthia ini terjadi karena berbagai isu yang berkembang belakangan terkait dugaan pelecehan seksual yang dialami rekan-rekannya sesama finalis Miss Universe Indonesia 2023.

Bagi Muthia, hal tersebut bertentangan dengan nilai-nilainya sebagai perempuan. Selain soal dugaan pelecehan seksual, pemutusan lisensi oleh Miss Universe Organization juga menjadi perhatian dan tambahan alasannya untuk mundur.

"Mengingat penghentian kemitraan antara Miss Universe Organization dan franchise-nya, ditambah situasi yang bertentangan dengan nilai-nilai saya baik sebagai perempuan maupun sebagai manusia. Hati dewasa dan hati kecil saya berat mendengar bahwa begitu banyak orang yang sangat dekat dan saya sayangi telah mengalami dugaan pelecehan seksual di lingkungan yang dimaksudkan untuk memberdayakan mereka," tulisnya.

"Situasi dan efeknya berbeda-beda bagi kita. Secara pribadi saya juga kaget dengan sedikit atau tidak ada pengungkapan yang diberikan sebelum, selama, atau setelah proses acara," lanjutnya.

Muthia menambahkan bahwa melalui Miss Universe, dia percaya kontes ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan dengan keterampilan, kekuatan, dan kepercayaan diri dan menggunakannya sebagai kekuatan untuk kebaikan, menggaungkan suara, dan bangga dengan apa yang diyakini.

Muthia mengakui bahwa ajang Miss Universe Indonesia akan terus ia ingat sebagai perjalanan hidupnya. Ia juga berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung perjalanannya dalam ajang tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Impian Menjadi Miss Universe Sejak Kecil

"Miss Universe akan selalu punya tempat spesial di hati saya sebagaimana telah menjadi sebuah perjalanan hidup saya. Banyak terima kasih kepada semua yang sudah mewarnai pengalaman ini. Saya berharap bisa memberikan kembali semua cinta ini lebih besar,” ungkapnya.

"Miss Universe dan semua maknanya tetap menjadi impian masa kecil saya yang berharga. Semoga kita bertemu lagi,” pungkasnya. Unggahan ini mendapat banyak tanggapan dari warganet, Sebagian besar memuji keputusan Muthia untuk mundur dari Miss Universe 2023.

"Tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia memperjuangkan kemerdekaan dan hak hak perempuan untuk bisa selalu dihargai oleh siapapun dan dimanapun berada," komentar seorang warganet. “Kata-kata muthia ini lebih bagus dari winner 🔥,” kata warganet lainnya.

"Jujur ga tega banget.. oknum MissUniverseID menghancurkan mimpi wanita wanita indonesia yang dari kecil udah mimpi jadi miss universe.. hancur 💔," komentar warganet lainnya.

"Ini adalah langkah yg tepat, untuk apa bertahan pada lingkungan yg toxic, jika mampu untuk merubah lingkungan tsb, ubahlah, jika tidak mampu lebih baik pergi, karna pada dasarnya tanah yg tandus tidak akan pernah menghasilkan tanaman yg subur, proud of you @muthiafrachman you are the real queen🇮🇩🇮🇩❤️❤️❤️❤️,” timpal warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Pemenang Miss Universe Indonesia 2023 Buka Suara

Tak hanya Runner Up 2, juara Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole juga sudah buka suara terkait kasus yang sekarang masih diselidiki pihak kepolisan tersebut. Bedanya, Fabienne tidak mengundurkan diri seperti Muthia.

Melalui unggahan Instagram Story-nya, Rabu, 16 Agustus 2023, Fabienne menulis keterangan panjang dalam bahasa Indonesia dan Inggris yang berbunyi, "Halo, semua. Anda mungkin telah memperhatikan ketidakaktifan saya baru-baru ini di media sosial. Namun, ini tidak berarti saya diam dalam kehidupan nyata."

"Saya sangat prihatin dengan berbagai keresahan yang terjadi dan telah mengambil waktu untuk memahaminya dengan seksama. Saya selalu percaya bahwa kontes kecantikan akan berdampak luar biasa bagi dunia."

"Sejak kecil, saya sudah bermimpi jadi bagian dari Miss Universe, sebuah organisasi yang mempunyai visi dan misi untuk menciptakan dunia yang lebih inklusif dalam memberdayakan perempuan, dan itulah yang ingin saya lakukan. Bersama rekan seperjuangan, kami tidak pernah menyerah untuk bermimpi bahwa semua perempuan Indonesia layak diperlakukan dengan adil dan hormat."

4 dari 4 halaman

Nasib Miss Universe Indonesia 2023

"Saya tidak menoleransi bentuk pelecehan seksual apapun. Namun, saya juga memahami dan menghormati saudari-saudari rekan seperjuangan yang memiliki pengalaman berbeda, termasuk saya. Dari lubuk hati terdalam, saya sedih dan sangat berempati dengan saudari-saudari saya yang merasa terluka dengan peristiwa saat ini."

"Saya berharap semua orang bisa sabar. Indonesia punya sistem hukum yang kuat, yang selalu berdiri untuk keadilan. Mari percaya pada institusi, serta hukum yang berlaku," tutur perempuan yang juga Miss Global Indonesia 2018 itu.

Buntut kasus dugaan pelecehan seksual, Organisasi Miss Universe (MUO) telah secara resmi memutus kerja sama dengan PT Capella Swastika Karya sebagai pemegang lisensi franchise kontes kecantikan itu di Indonesia. Jadi, bagaimana nasib pemenang Fabienne yang semula akan jadi wakil Indonesia di Miss Universe 2023?

Merujuk keterangan MUO yang diunggah di Instagram Story mereka, 13 Agustus 2023, pihaknya menyebut keikutsertaan Fabienne di ajang Miss Universe 2023 akan "diatur" pihaknya. Dalam keterangannya, mereka menulis, "Miss Universe Organization telah memutuskan mengakhiri relasi dengan pemegang lisensi di Indonesia, PT Capella Swastika Karya, dan direktur nasionalnya Poppy Capella."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini