Sukses

Pangeran Harry Bakal Pulang Kampung Jelang Peringatan 1 Tahun Meninggalnya Ratu Elizabeth II, Meghan Markle Ikut?

Meghan Markle memang ada rencana susul Pangeran Harry ke Eropa, tapi ...

Liputan6.com, Jakarta - Duke of Sussex akan berada di London, Inggris pada malam peringatan satu tahun meninggalnya Ratu Elizabeth II. Pangeran Harry dijadwalkan menghadiri puncak acara WellChild Awards 2023 dan agenda sebelumnya yang memungkinkannya menghabiskan waktu bersama para pemenang dan keluarga mereka.

"Selama hampir 20 tahun, WellChild telah mengubah kehidupan anak-anak dan remaja di seluruh Inggris, memberi perawatan kritis yang memprioritaskan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional individu dan keluarga mereka," kata Harry dalam sebuah pernyataan via People, dilansir dari Hello, Sabtu (26/8/2023).

"Keberanian dan kekuatan yang dimiliki anak-anak muda ini, dan pengabdian tidak kenal lelah dari pihak-pihak yang mendukung mereka, tidak pernah berhenti menginspirasi saya. Saya merasa terhormat bisa menghadiri upacara penghargaan tahun ini dan merayakan karya luar biasa mereka," lanjutnya.

Upacara tersebut dijadwalkan berlangsung di London pada 7 September 2023. Menurut Daily Mail, Meghan Markle tidak akan menemani suaminya ke London. Duke, yang merupakan pelindung WellChild, dijadwalkan menghadiri upacara tahun lalu bersama Duchess of Sussex.

Tapi, pasangan itu membatalkan penampilan mereka setelah tersiar kabar bahwa dokter mengkhawatirkan kesehatan Ratu Elizabeth II. Harry akhirnya pergi ke Balmoral, sementara Meghan tetap tinggal. Ratu Elizabeth meninggal hari itu di Skotlandia.

8 September 2023 akan menandai satu tahun sejak Ratu Elizabeth II meninggal. Sumber istana sebelumnya mengungkap pada Bazaar.com bahwa Raja Charles dan Ratu Camilla berencana menghabiskan hari itu dengan "tenang dan privat."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Ada Rencana Acara Publik

Orang dalam juga mengatakan bahwa "tidak ada rencana mengadakan acara publik apapun, bahkan pertemuan keluarga pribadi untuk memperingati hari tersebut," merujuk pada peringatan setahun meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Invictus Games ke-6 Pangeran Harry akan dimulai di Dusseldorf sehari setelah peringatan wafatnya Ratu Elizabeth. Mengutip Hello, 25 Agustus 2023, pernyataan dari juru bicara pasangan tersebut mengonfirmasi bahwa Meghan bakal ikut dalam agenda tersebut, tapi ia akan terbang beberapa hari setelah Duke berangkat.

"Duke dan Duchess of Sussex dengan senang hati akan menghadiri Invictus Games 2023 di Dusseldorf," bunyi pernyataan itu. Duke akan hadir sepanjang pertandingan dan bergabung dengan Duchess setelah beberapa saat."

Invictus Games, yang didirikan Harry pada 2014, merupakan kompetisi olahraga untuk anggota angkatan bersenjata yang sakit atau cedera, baik veteran atau personel yang masih bertugas. Olimpiade Invictus Games akan dimulai pada 9 September 2023 dan berlangsung selama delapan hari.

Invictus Games menyimpan kenangan yang sangat istimewa bagi pasangan Sussex. Keduanya memilih go public di penyelenggaraan pertandingan di Toronto pada 2017, hanya dua bulan sebelum mengumumkan pertunangan mereka.

 

3 dari 4 halaman

Simpan Kenangan Istimewa

Meghan Markle menghadiri upacara pembukaan bersama ibunya Doria Ragland dan temannya Markus Anderson, berjarak sekitar 18 kursi dari pacarnya saat itu, Harry. Beberapa hari kemudian, pasangan itu keluar sambil berpegangan tangan saat menghadiri pertandingan tenis kursi roda.

Pada 2019, kompetisi di Sydney terselenggara bertepatan dengan tur Harry dan Meghan ke Australia. Saat itu, Duchess sedang mengandung anak pertamanya, Pangeran Archie. Harry dan Meghan juga menghadiri turnamen di Den Haag, Belanda pada April 2022 yang semula dijadwalkan berlangsung pada 2020, namun ditunda karena pandemi.

Olimpiade Invictus Games selanjutnya akan diselenggarakan pada 6--17 Februari 2025 di Vancouver, Kanada. Invictus Games juga jadi "jantung" proyek terbaru Meghan dan Harry dengan Netflix.

Pada 16 Agustus 2023, streaming platform itu mengumumkan bahwa "Heart of Invictus" akan debut pada 30 Agustus 2023. Mengutip People, 17 Agustus 2023, trailer perdana untuk serial tersebut sudah tayang.

Video mengungkap cuplikan Invictus Games yang dilengkapi wawancara mendalam dengan Harry dan para atlet inspiratif. Dokumentasi ini mengikuti para atlet ketika mempersiapkan Invictus Games 2020 di Den Haag, Belanda, yang ditunda hingga April 2022 karena pandemi COVID-19.

4 dari 4 halaman

Proyek Baru Harry dan Meghan

Pembaruan datang setelah Netflix mengungkap pada Januari 2023 bahwa Heart of Invictus akan tayang pada musim panas 2023. Tayangan ini pertama kali diumumkan Archewell Productions milik Harry dan Meghan pada April 2021.

Pihaknya mengungkap bahwa acara multi-episode ini bakal "menyoroti sekelompok atlet Invictus Games yang luar biasa dari seluruh dunia" saat mereka telah bersiap mengikuti turnamen di Den Haag.

Rilis tersebut menambahkan, "Duke akan tampil di depan kamera dan berperan sebagai produser eksekutif dalam serial tersebut," bersama Invictus Games Foundation. Sutradara Orlando von Einsiedel dan produser Joanna Natasegara, tim pemenang Oscar, pun diumumkan sebagai pemimpin produksi proyek tersebut.  

Dalam pernyataannya, Harry menyebut, "Sejak Invictus Games pertama (terselenggara) pada 2014, kami tahu bahwa setiap kompetitor akan berkontribusi dengan caranya sendiri yang luar biasa untuk mosaik ketahanan, determinasi, dan tekad."

"Seri ini bakal menyajikan kisah-kisah mengharukan dan membangkitkan semangat dari para atlet dalam perjalanan mereka ke Belanda," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini