Sukses

Potret Viral Abadikan Aksi Usil Pangeran Louis pada Kate Middleton Masuk Nominasi Foto Terbaik 2023

Anak bungsu Kate Middleton dan Pangeran William, Pangeran Louis, muncul dalam berbagai potret yang dinominasikan untuk IMAGO Photograph of the Year, yang dipersembahkan dalam kemitraan dengan UK Picture Editors' Guild Awards.

Liputan6.com, Jakarta - Lampu sorot atensi publik kembali terarah ke Pangeran Louis. Anak bungsu Kate Middleton dan Pangeran William ini muncul dalam berbagai potret yang dinominasikan untuk IMAGO Photograph of the Year, yang dipersembahkan dalam kemitraan dengan UK Picture Editors' Guild Awards.

Faktanya, bangsawan muda ini muncul di sembilan dari 20 karya para finalis, dikutip dari People, Jumat (1/9/2023). Pangeran Louis, yang kini berusia lima tahun, jadi viral karena tingkah lakunya yang menggemaskan di Kontes Platinum Jubilee pada Juni 2022.

Ini merupakan akhir dari perayaan yang menandai peringatan ke-70 tahun Ratu Elizabeth jadi pemimpin monarki Inggris. Kala itu, semua mata tertuju pada Louis, mulai dari ketika ia duduk di pangkuan kakeknya, yang saat itu masih dikenal sebagai Pangeran Charles, hingga berjoget mengikuti musik.

Namun, nominasi foto terbaik tahun ini menampilkan Pangeran Louis meletakkan tangan di mulut ibunya, Putri Wales. Beberapa foto finalis tercatat berasal dari Trooping the Colour 2022, yang berlangsung pada akhir pekan yang sama.

Pangeran Louis melakukan debut kereta kuda bersama kakak-kakaknya Pangeran George dan Putri Charlotte di acara tersebut. Namun, kesenangan sebenarnya dimulai ketika mereka bergabung dengan Ratu Elizabeth di balkon Istana Buckingham.

Louis saat itu dipotret menutup telinganya dan berteriak ketika pesawat-pesawat Angkatan Udara Kerajaan Inggris dengan berisik melintas di atasnya, membuat Ratu Elizabeth II tersenyum. Dua foto dari momen tersebut masuk final kontes foto, dengan judul "Pangeran Louis menjerit" dan "Pangeran Louis menjerit lagi."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tugas Kerajaan Terakhir Ratu Elizabeth

Fotografer Samir Hussein, yang berada di balik salah satu foto, menulis di X, sebelumnya Twitter, Rabu, 30 Agustus 2023, "Sungguh senang foto Ratu dan Pangeran Louis saya dinominasikan untuk Foto Terbaik Tahun Ini di UK Picture Editors' Guild Awards."

"Sungguh sebuah suatu kehormatan untuk diakui di antara foto-foto menakjubkan lainnya," ia menambahkan. Beberapa potret lain yang ikut serta juga berasal dari Trooping the Color 2022, termasuk foto keluarga kerajaan di balkon Istana Buckingham dan potret solo Ratu Elizabeth yang tersenyum.

Para nominee juga menyertakan foto peralihan dari Ratu Elizabeth ke Raja Charles sebagai raja. Salah satu gambar oleh Jane Barlow menunjukkan mendiang Ratu dalam salah satu foto terakhirnya yang dirilis ke publik ketika ia muncul di Kastil Balmoral, Skotlandia pada 6 September 2022.

Saat itu, Ratu menunjuk Liz Truss sebagai perdana menteri baru Inggris dan mengucap selamat tinggal pada Boris Johnson. Truss telah digantikan Rishi Sunak sekarang. Peristiwa tersebut merupakan tugas kerajaan terakhir Ratu.

3 dari 4 halaman

Nominasi Foto Lainnya

Potret lainnya diambil di rangkaian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2022 di Westminster Abbey. Juga, terdapat potret karya Victoria Jones yang menunjukkan Raja Charles sedang memeriksa dokumen-dokumen di dalam kotak merah, pemandangan yang berkaitan erat dengan Ratu Elizabeth pada masa pemerintahannya.

Foto ini diambil tidak lama setelah dimulainya peran Charles sebagai Raja Inggris. Selain anggota keluarga kerajaan, foto-foto yang dinominasikan juga menunjukkan seorang perenang yang diselamatkan di bawah air, pasangan yang menyiapkan kolam di jalan selama gelombang panas, dan potret perang di Ukraina.

Masyarakat diundang memilih foto favorit mereka sebelum 5 September 2023, dan pemenangnya akan diumumkan pada 16 Oktober 2023. Kembali ke topik Louis dan Trooping the Colour, tingkahnya tahun ini tidak kalah menggemaskan.

Trooping the Colour 2023 berlangsung pada 17 Juni 2023, dan saat itu, melansir Express, Louis duduk di kereta kuda bersama dua kakaknya: Pangeran George dan Putri Charlotte, ibu mereka Kate Middleton, dan Ratu Camilla. Mereka melakukan perjalanan singkat dari Istana Buckingham ke Pawai Pengawal Kuda untuk menyaksikan pasukan Raja bersiap merayakan ulang tahun publik Charles.

 

4 dari 4 halaman

Tidak Bisa Diam

Pangeran Louis, yang sesekali tersenyum lebar, duduk di antara kedua saudaranya saat mereka melakukan perjalanan Sabtu pagi, waktu London. Di momen ini, kamera menangkap bocah lima tahun tersebut tidak bisa duduk diam. Ia terlihat berputar untuk melihat jalur kereta, dengan Kate tampak sigap menenangkan putra bungsunya itu.

Sementara, kedua anaknya yang lebih tua melambai pada orang-orang yang berkumpul di sisi mereka. Penggemar kerajaan mengaku menantikan waktu melihat keluarga Wales, saat itu, bahkan sebelum acara dimulai. Seorang pengguna Twitter, sekarang X, membagikan foto Louis dengan ibu dan ayahnya, menulis, "Tidak sabar melihat keluarga Wales pada hari Sabtu ini."

Yang lain menantikan melihat Louis berinteraksi dengan Raja Charles III. "Saya berharap melihat Pangeran Louis berinteraksi dengan kakeknya di balkon seperti yang kita lihat dengan mendiang Ratu," kata yang lain.

Beberapa pengguna Twitter mengunggah gambar wajah ekspresif Louis saat mereka mengingat beberapa penampilan publiknya di masa lalu. Ia disebut telah "membangun reputasi untuk kejenakaan ekspresinya," terutama selama acara publik, seperti Trooping the Colour.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini