Sukses

Susu Kental Manis Bukan Susu? Ini Fakta dan Resep Olahannya

Banyak orang bilang bahwa susu kental manis bukan susu karena berbagai alasan. Alasan yang paling banyak disuarakan adalah karena teksturnya kental.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bilang bahwa susu kental manis bukan susu karena berbagai alasan. Alasan yang paling banyak disuarakan adalah karena teksturnya kental, rasanya lebih manis dibanding susu pada umumnya. Meski begitu, susu kental manis pada dasarnya masih termasuk dalam kategori produk susu, namun lebih cocok menjadi topping varian sarapan dan bisa mendukung kebutuhan energi untuk memulai aktivitas.

Berdasarkan Peraturan BPOM Nomor 34 Tahun 2019 tentang Kategori Pangan, susu kental manis adalah produk susu yang memiliki karakteristik kadar lemak susu tidak kurang dari 8% dan kadar protein tidak kurang dari 6,5%. Itulah mengapa dalam setiap kesempatan, BPOM menjelaskan lebih lanjut bahwa susu kental manis masih masuk ke dalam kategori susu.

Jadi bisa dikatakan anggapan bahwa susu kental manis bukan susu adalah hal yang tidak tepat, melainkan diperuntukan sebagai pelengkap sajian yang menambah kelezatan hidangan yang diinginkan.

Peran Penting Susu Kental Manis dalam Kuliner

Mulai dari sarapan sampai camilan, banyak jenis makanan yang cocok ditambah dan dilengkapi dengan Susu Kental Manis. Tekstur kental manis yang dikenal berbeda dengan susu jenis lainnya ini, diproduksi dengan teknik khusus yaitu menghilangkan  air yang terkandung di dalamnya. Sehingga awet dan cocok untuk dijadikan topping dan pelengkap makanan.

Selain itu, rasa legit dan gurih Kental Manis akan menambah cita rasa yang menjadi alasan susu ini seringkali dijadikan sebagai topping atau campuran makanan. Dengan menyajikan makanan yang lezat dan kaya rasa karena dipadukan dengan susu kental manis, anggota keluarga akan jadi lebih berselera untuk menyantap hidangan yang disajikan.

Ketika waktu sarapan tiba misalnya, Susu Kental Manis juga bisa menjadi penambah asupan energi untuk memulai hari atau beraktivitas. Pasalnya, produk ini mengandung kalori 130 kkal per sachet, di samping itu juga memiliki protein, kalsium, dan vitamin yang dapat bermanfaat bagi tubuh, jika digunakan sesuai dengan petunjuk yang tertera pada label kemasan.

Dalam tubuh manusia, kalori dan berbagai sumber vitamin dimanfaatkan untuk bertahan hidup karena perannya penting bagi kesehatan. Tanpa energi yang didapatkan dari kalori, sel-sel tubuh, jantung, paru-paru, dan organ lainnya tak mampu menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Susu Kental Manis juga bisa menjadi pilihan praktis dalam menyiapkan makanan. Sewaktu sarapan tiba, atau keinginan untuk mencicipi es yang segar dan manis muncul, susu kental manis yang mudah diolah dan nikmat adalah pilihan tepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Kreatif dengan Susu Kental Manis

Sebagaimana disebutkan, banyak resep makanan yang bisa ditambahkan Susu Kental Manis berbagai varian. Berikut resep kreatif yang dapat diikuti.

RESEP BUBUR OATS UNTUK SARAPAN PAGI

Bubur oats mungkin udah nggak asing lagi bagi para pejuang diet sehat. Berikut resep bubur oats lezat yang bisa dicoba sendiri di rumah.

Bahan:

  • 120 gr Oats
  • 30 gr Kismis
  • 150 ml susu kental manis
  • ¼ sdt Kayu Manis Bubuk
  • 500 ml Air
  • ½ sdt Garam
  • 1 buah Pisang
  • 1 sdm coklat atau sesuai selera

Cara membuat:

  1. Tuang air dalam panci, lalu masukkan oats, aduk rata.
  2. Tambahkan garam dan kayu manis.
  3. Masak hingga mengental.
  4. Masukan susu kental manis dan kismis
  5. Kupas pisang, lalu potong potong.
  6. Tuangkan bubur oats di wadah saji.
  7. Tambahkan pisang dan coklat sebagai topping

RESEP SALTED CARAMEL PANCAKE MUDAH DAN PRAKTIS

Bahan:

  • 100 ml susu cair
  • 1/2 sdt garam
  • 180 gr tepung pancake
  • 150 ml air
  • 1 butir telur
  • 35 ml susu kental manis
  • Mentega secukupnya
  • Pisang sebagal topping

Cara Memasak:

  1. Tuang 150 ml air dan susu kental manis ke panci lalu  masak hingga menjadi karamel
  2. Tambahkan 100 ml susu cair dan garam aduk rata
  3. Tuang tepung pancake, air, dan tetur
  4. Masukhan 35 ml susu kental manis te adonan pancake, aduk rata
  5. Oles wajan dengan mentega lalu tuang adonan pancake
  6. Susun di atas piring saji, beri topping potongan pisang
  7. Tuang saus karamel di atas pancake

 

3 dari 3 halaman

RESEP KETAN MANIS UNTUK SARAPAN ANAK

Ketan sebagai menu sarapan biasanya dihidangkan dengan bubur kacang hijau. Namun, Ibu bisa mengolahnya dalam bentuk hetan susu untuk hadirkan variasi rekomendasi sarapan yang menarik di pagi hari. Begini cara mudah membuat Ketan susu sebagai rekomendasi sarapan.

Bahan:

  • 500 gr beras Ketan
  • 3 lembar daun pandan
  • 350 ml santan
  • 1 sdt garam
  • susu kental manis secukupnya

Cara membuat:

  1. Untuk mula membuat ketan susu sebagai variasi rekomendasi sarapan, Anda bisa lebih dulu cuci dan rendam beras ketan di dalam air bersih selama 2 jam
  2. Setelah itu, mulai siapkan alat kukus untuk mengolah beras ketan di dalam mangkuk atau wadah selama 15 menit
  3. Sambil menunggu ketan matang, siapkan panci untuk panaskan santan yang dicampur dengan pandan dan garam. Masa di atas api sedang sambil diaduk secara perlahan hingga sedikit mengental jangan lupa juga untuk tambahkan susu kental manis 
  4. Tuang santan he dalam beras ketan dan kembali kukus selama kurang lebih 20 menit atau hingga ketan matang
  5. Setelah ketan matang, langsung cetak ketan he dalam mangkuk Recil. Gunakan sendok agar tangan tidak panas dan lengket saat membentuk ketan
  6. Tambahkan lagi susu kental manis susu kental manis sebagai topping sesuai selera sebelum siap disantap sebagai rekomendasi sarapan yang menarik

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.