Sukses

Detail Gaun Berkilau Putri Ariani di Final America's Got Talent 2023 Rancangan Tiffany Liem, Dipuji bak Berlian

Putri Ariani menyuguhkan penampilan memukau di final America's Got Talent 2023, Selasa malam, 26 September 2023, waktu Los Angeles, AS. Ia menyanyikan lagu "Don't Let The Sun Go Down On Me" dari Elton John dengan suara sekaligus gaun yang memukau.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Ariani menyuguhkan penampilan yang memukau di panggung final America's Got Talent 2023 atau AGT 2023, Selasa malam, 26 September 2023, waktu Los Angeles, Amerika Serikat (AS). Putri Ariani menyanyikan lagu "Don't Let The Sun Go Down On Me" dari Elton John yang disambut meriah dan mendapat standing ovation dari keempat juri.

Dara berusia 17 tahun ini menyanyi sambil bermain piano, seperti penampilannya di babak semifinal America's Got Talent 2023. Putri mengenakan gaun ocean blue berjubah rancangan dari Tiffany Liem.

Desainer tersebut mengatakan ia dihubungi Putri untuk pembuatan gaun berkilau sekitar sepekan sebelum berangkat ke Negeri Paman Sam. Tiffany menyanggupi dan mulai membuat desain gaun tersebut terlebih dahulu.

"Desainnya sendiri harus disetujui pihak AGT-nya dulu, kita kirim dulu gambarnya. Mereka suka, baru saya bikin lanjut final kita kirim foto lagi, dan dibawa Putri sebelum dia ke Amerika," kata Tiffany dalam sambungan telepon kepada Liputan6.com, Rabu (27/9/2023).

Ia menerangkan bahwa produser ajang pencarian bakat tersebut akan menyesuaikan dengan kostum yang Putri kenakan. "Makanya yang kali ini, kayak ada bintik-bintik airnya spotlight-nya, itu sengaja karena terbayangnya temanya ocean, laut, biru, dan jernih," tambahnya.

Dikatakan Tiffany tak butuh waktu lama untuk desain gaun rancangannya disetujui pihak AGT. "Enggak lama (untuk disetujui) sekitar 1--2 hari," terangnya.

"Waktu lihat desain, mereka oke, ya sudah saya langsung jalan karena waktunya sudah mepet waktu itu," Tiffany menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Di Balik Proses Pembuatan Gaun

Proses pembuatan pun ditandai dengan komunikasi Tiffany dan ibunda Putri yang saling terjalin dan berkirim moodboard dan didominasi inspirasi baju muslimah dari desainer Arab. "Kita menggabungkan ide ini, tapi lebih banyak mikirin ke Putri," katanya.

"Putri cocoknya kayak gimana, Putri masih muda, kita mau dia pakai baju yang sesuai umurnya dan harus menyesuaikan juga karena Putri main piano lihat dia disorotnya di mana saja, biasanya kepala, tangan dan ekornya," ungkapnya.

Pihaknya pun berfokus dengan bagian yang disorot itu. Gaun ocean blue itu juga dihadirkan gradasi di dalamnya.

"Jadi sebenarnya kalau dilihat detail, kainnya ada silver, biru, ada sedikit krem, tambahin Swarovski juga seperti biasa supaya kinclong kalau kena spotlight," tutur Tiffany.

Ia mengatakan, "Beadingnya sih lebih ke buat shaping, ada blink-blink dia pakai selendang jubah kita enggak mau Putri ketutup, jadi kali ini kita bikin ada pattern-nya, payet ada arahnya, ada motif pattern, supaya bikin bantu lebih meninggikan dan melangsingkan."

3 dari 4 halaman

Proses Produksi Cepat Kilat

Ini bukan kali pertama Tiffany merancang busana untuk Putri. Beberapa kesempatan seperti ketika semifinal AGT 2023 hingga penampilan Putri di acara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, busana pelantun "Loneliness" itu juga didesain oleh Tiffany.

"Saya jarang bikin baju buat artis selama ini, bisa dibilang baru Putri yang benar-benar kita bikinin serius khusus custom itu baru buat Putri, dan dapat kesempatan seperti ini berharga banget buat saya, senang banget, karena saya biasaya fokusnya di pengantin, makanya jadi ada exposure, jadi happy banyak yang kenal," katanya.

Selain itu, bukan tanpa alasan akhirnya nuansa ocean blue dipilih menghiasi gaun Putri. "Ocean blue, birunya lebih kayak air ocean, karena kemarin sudah pink, rose gold bajunya, sudah pernah juga bikinin yang bronze, mau apa yang lain untuk final biru bagus juga kita go with biru," tuturnya.

Produksi gaun berkilau itu dilakukan Tiffany dan tim hanya sepekan. "Produksinya sendiri satu minggu, terdengar cepat banget, tapi benar-benar semua tim saya bekerja dari pagi sampai malam selama seminggu kita fokus ke Putri," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Deretan Pujian untuk Putri Ariani di Final AGT 2023

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, penampilannya makin megah dan bertenaga dengan choir yang menemaninya bernyanyi. "I'd just allow a fragment of your life (Don't let the sun) to wander free. But losin' everything is like the sun goin' down on me," begitu petikan lirik lagu dari tahun 1974 yang dinyanyikan perempuan asal Yogyakarta tersebut.

Mengomentasi penampilan Putri Ariani, juri Howi Mandel mengatakan, "Kalau ini hanya kompetisi menyanyi, saya rasa pasti kamu yang akan menang."

Sementara itu, menurut video yang diunggah kanal YouTube AGT, Simon Cowell berkata, "Ini tidak ada hubungannya dengan fakta bahwa saya memberinya Golden Buzzer. Saya pikir kita semua pasti akan memberi Putri Golden Buzzer. Kamu adalah salah satu berlian langka yang kami temui hanya setiap beberapa tahun sekali."

"Yang secara alami dilahirkan untuk melakukan hal ini dan kamu telah melalui banyak hal dalam hidupmu. Jadi, semoga mimpimu terwujud di acara ini dan setelahnya, kamu pantas mendapatkannya," ia menyambung.

Heidi Klum menyambung, "Itu adalah pertunjukan yang mengharukan. Kamu tidak bisa melakukannya dengan lebih baik dari yang baru saja kamu tampilkan. Kamu benar-benar luar biasa, suaramu begitu indah."

Pembawa acara, Terry Crews, kemudian menanyakan pesan apa yang ingin disampaikan Putri. Ia menjawab, "Saya yakin kita bisa, kita mampu, dan kita setara. Jadi, jangan takut untuk terus menggapai impianmu. Impian kita akan jadi kenyataan jika kita memercayainya."

Setelah babak final, AGT akan menggelar result show yang ditayangkan Kamis pagi, 28 September 2023, waktu Indonesia. Cowell sempat membocorkan bahwa Putri akan berduet dengan seseorang di result show.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini