Sukses

Tanda-Tanda Kucing Anggap Anda Sebagai Induknya Menurut Pakar

Sebagai pemilik hewan peliharaan, kita merasakan keterikatan emosional terhadap hewan peliharaan yang dimiliki. Seorang pakar menyebutkan tanda-tanda yang menunjukkan kucing merasa memiliki keterikatan, bahkan menganggap Anda sebagai ibunya.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pakar dan pecinta kucing mengungkapkan tanda-tanda kucing merasa memiliki keterkaitan yang erat, bahkan mungkin menganggap Anda sebagai orangtua mereka. Dilansir dari New York Post, Selasa, 3 Oktober 2023, Sara, seorang pakar hewan peliharaan yang juga seorang TikToker dengan akun @whyicanthavenicethings, mengunggah video tentang kucingnya kepada 43.100 pengikutnya. 

Sara mengungkapkan bahwa terdapat dua tanda bahwa kucing menganggap Anda sebagai induknya. Dalam video yang telah ditonton 2,2 juta kali dan disukai sebanyak 270.800 kali tersebut, ia menjelaskan bahwa tanda pertama adalah kucing selalu mengikuti ke mana Anda pergi.

"Mengikuti Anda di sekitar rumah adalah salah satu sinyal paling umum yang diberikan kucing pada Anda," katanya. "Jika kucing mengikuti Anda ke kamar mandi, kamar tidur, dan dapur, Anda dan kucing Anda telah mengembangkan keterikatan yang mendalam.”

Pecinta kucing tersebut juga mengatakan bahwa perilaku ini menunjukkan betapa hewan peliharaan senang berada di dekat Anda. Tanda itu juga menunjukkan bahwa kucing merasakan cinta, pertemanan, dan isyarat bahwa ia merasa nyaman.

Great Pet Care menjelaskan bahwa jika kucing selalu mengikuti, itu berarti mereka keterikatan erat dengan Anda. Tingkah laku tersebut juga dapat menandakan  bahwa kucing mungkin merasa penasaran, merasa tidak aman, ingin diperhatikan, ingin makan, atau ingin bermain.

"Anda adalah pusat dunia kucing dan penjaga semua sumber dayanya, jadi masuk akal jika kucing mengikuti Anda ke mana-mana," ungkap situs tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menjadi Teman Tidur

Pada video tersebut, Sara juga menjelaskan bahwa tanda kedua, yaitu kucing selalu nyaman ketika tidur dengan Anda. "Tidur menempatkan kucing pada posisi yang sangat rentan. Kucing sangat memperhatikan keselamatannya dan tidak akan tidur jika mereka tidak yakin dengan lingkungannya," jelas Sara.

Sara menjelaskan bahwa kucing adalah hewan yang sangat berhati-hati dan sangat waspada bahkan ketika tertidur. "Jika kucing merasa dekat dengan Anda, mereka mungkin akan mengambil tempat di sebelah Anda dan meringkuk dari dekat. Ini berarti mereka mempercayai Anda untuk melindungi mereka jika predator melancarkan serangan malam hari," lanjut Sara.

Dia menambahkan bahwa hewan peliharaan akan tenang karena mengetahui Anda tidak akan melakukan hal buruk padanya saat mereka tertidur. Mengenai dengan siapa hewan peliharaan Anda memilih untuk tidur, Cats.com mencatat bahwa kucing "tidur di sebelah orang favoritnya yang membuat mereka merasa aman dan terlindungi."

"Tidur bersama dengan kucing dapat memperdalam ikatan yang Anda miliki, selama interaksinya positif bagi kucing dan orang yang dipilih."

3 dari 4 halaman

Manfaat Makan Rumput bagi Kucing

Selain suka berada dekat dengan pemiliknya ketika merasa nyaman, kucing memiliki kebiasaan lainnya, yaitu suka memakan rumput. Ternyata kebiasaan ini berdampak baik untuk kesehatan kucing.

Dilansir dari kanal Health Liputan6.com, makan rumput bisa membantu sistem pencernaan kucing yang umumnya memiliki sejumlah penyakit pencernaan, seperti sindrom iritasi usus besar. Dengan demikian, mengunyah rumput bisa menjadi cara untuk menenangkan saluran pencernaan dan membantu memuntahkan gumpalan atau bola bulu, jelas Dr. Lands. Itu sebabnya pemilik mungkin pernah melihat kucing muntah setelah makan rumput.

Meredakan sembelit

Rumput memiliki banyak serat yang dapat membantu mengatasi sembelit. "Kucing terkenal buruk dalam minum air, dan terkadang menambahkan serat ke dalam makanannya hanya untuk membantu mereka buang air besar sedikit lebih mudah," kata Angie Krause, DVM, CVA, CCRT, dokter hewan holistik yang berbasis di Boulder, Colorado.

Menambah nutrisi pada makanan kucing

Beberapa kucing makan rumput untuk menutupi kekurangan nutrisi dalam makanannya, seperti asam folat, yang membantu membentuk hemoglobin. "Jika pola makan yang kucing lakukan di rumah tidak mengandung vitamin, mineral, atau nutrisi tertentu, mereka mungkin mencoba mencarinya di tempat lain," kata Dr. Lands. "Jadi salah satu cara bagi mereka untuk mendapatkan asam folat adalah dengan mengonsumsi rumput."

4 dari 4 halaman

Menghilangkan Stres Bagi Kucing

Meskipun demikian, makan rumput juga bisa menjadi tanda bahwa kucing sedang stres. "Beberapa orang mengatakan jika kucing berada dalam lingkungan yang penuh tekanan, mereka mungkin akan stres saat makan, mirip dengan cara manusia stres atau makan secara emosional untuk membantu membuat mereka rileks atau menenangkannya," kata Dr. Lands. 

Apakah makan rumput baik bagi kucing?

Mengonsumsi sedikit rumput sesekali bukanlah masalah besar, namun terlalu banyak dapat mengakibatkan komplikasi medis.  Dalam beberapa kasus, jika kucing makan terlalu banyak rumput, akan tersangkut di perut dan memerlukan pembedahan untuk mengeluarkannya. Kunjungan ke dokter hewan akan membantu mengidentifikasi kondisi mendasar yang mungkin menyebabkan kucing makan rumput.

Haruskah menghentikan kucing makan rumput?

Menurut Celia Haddon, seorang ahli perilaku kucing, pemilik tidak boleh menghentikan kucing memakan rumput, karena itu adalah naluri alami dan baik untuk kesejahteraannya. Bahkan, ia merekomendasikan pemilik dalam ruangan untuk menyediakan taman rumput untuk teman berbulu peliharaannya

"Kucing sepertinya suka makan rumput, jadi taman rumput di dalam ruangan membantu kucing di dalam ruangan menghindari kebosanan dengan memberi mereka sesuatu untuk dilakukan." Hal ini juga dapat mencegah mereka mengunyah tanaman hias yang mungkin beracun bagi kucing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.