Sukses

Pengakuan Miss Universe Vietnam 2023 Bui Quynh Hoa Setelah Dituduh Curang, Pertanyaan Wawancara Bocor?

Miss Universe Vietnam 2023 Bui Quynh Hoa menjelaskan mengapa jawabannya memiliki kesamaan dengan hasil pencarian Google di ponselnya.

Liputan6.com, Jakarta - Miss Universe Vietnam 2023 Bui Quynh Hoa tengah berada di tengah lampu sorot atensi publik. Ratu kecantikan ini dituduh curang dan menimbulkan kecurigaan pertanyaan wawancara di final kontes sudah lebih dulu bocor.

Menanggapi itu, mengutip VN Express, Kamis (5/10/2023), Hoa membantah mengetahui pertanyaan wawancara lebih dulu, menjelaskan bahwa jawabannya memiliki kesamaan dengan hasil pencarian Google di ponselnya karena ia telah meneliti topik tersebut.

Ketika ditanya tentang keunggulan punya rasa percaya diri pada final kontes Miss Universe Vietnam 2023 pada 29 September 2023, Hoa langsung memberi jawaban yang membuat publik curiga. Ia mengatakan bahwa konsep tersebut dapat diartikan sebagai seorang wanita yang percaya diri pada dirinya sendiri dan dengan demikian mampu memimpin hidupnya sendiri.

Kelebihan lain dari kepercayaan diri, menurutnya juga merupakan seseorang yang bisa mengakui kesuksesan orang lain dan mengatasi kegagalannya agar bisa berkembang dan jadi versi dirinya yang lebih baik. Jawaban ini diketahui memiliki kesamaan dengan hasil teratas yang muncul di Google saat pengguna menelusuri frasa "apa indahnya kepercayaan diri."

Lebih khusus lagi, jawaban ratu kecantikan itu sebagian identik dengan artikel tahun 2012 yang diterbitkan di situs resmi Persatuan Perempuan Vietnam yang menulis," Orang yang percaya diri bersedia bekerja sama dengan orang lain dan mengakui keberhasilan orang lain. Mereka tidak khawatir terhadap orang yang lebih baik dari mereka."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penonton Curiga

Ditulis pula, "Mereka rendah hati, mereka tidak pernah sombong ketika menang atau berkecil hati ketika kalah. Mereka menganggap kegagalan sebagai landasan keberhasilan mereka di masa depan, dan melihat tantangan sebagai peluang bagi mereka untuk mencapai kesuksesan, serta meningkatkan kemampuan dan tekad mereka."

Hal ini membuat penonton curiga si ratu kecantikan telah mengetahui pertanyaan wawancara sebelum acara, dan dengan demikian memberi jawaban yang lancar untuk pertanyaan tersebut. Hoa membantah tuduhan tersebut saat konferensi pers berlangsung pada 1 Oktober 2023.

Ia mengatakan, jawaban mulusnya adalah hasil dari persiapan yang matang untuk kontes tersebut, karena ia telah berkompetisi dalam kontes Miss Universe Vietnam sebanyak dua kali sebelum akhirnya dinobatkan sebagai pemenang kontes tahun ini.

Menanggapi tuduhan bahwa jawabannya mirip dengan hasil Google, Hoa mengatakan ia telah melakukan penelitian online tentang "indahnya kepercayaan diri" sebelum kontes, karena topik tersebut juga merupakan tema utama dari kontes Miss Universe.

 

3 dari 4 halaman

Membantah Rumor Lainnya

"Tidak ada salahnya melihat-lihat dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber," ujar Hoa. "Jawaban saya memiliki kesamaan dengan pencarian Google karena saya telah melakukan riset online, mengumpulkan informasi untuk diri saya sendiri, dan saya ingin membaginya dengan orang lain."

Ia juga membantah rumor penyelenggara telah memilihnya sebagai pemenang, bahkan sebelum kontes berlangsung. "Saya yakin Anda semua telah melihat usaha saya dan persiapan menyeluruh saya untuk kontes ini," katanya. "Saya yakin Anda semua melihat betapa saya pantas mendapatkan gelar itu."

Perempuan berusia 25 tahun ini adalah seorang model dan pengusaha. Ia berhasil meraih gelar kontes Supermodel Internasional 2022 dan sempat berkompetisi di berbagai kontes kecantikan sebelum dinobatkan sebagai Miss Universe Vietnam 2023.

Sayangnya, ini bukan kali pertama kontroversi menghampiri franchise Miss Universe 2023. Sebelumnya, kontroversi rasial mencuat usai mahkota Miss Universe Zimbabwe diraih perempuan kulit putih. Brooke Bruk-Jackson terpilih setelah mengalahkan runner-up Amanda Mpofu dan Nokutenda Marumbwa pada 16 September 2023.

4 dari 4 halaman

Miss Universe Pakistan yang Ditolak Negaranya

Kontes Miss Universe Pakistan bahkan dihujani beragam luapan kemarahan. Sebagai negara mayoritas Muslim yang sangat konservatif, Pakistan belum pernah berpartisipasi dalam kompetisi Miss Universe global, sehingga saat Erica Robin terpilih, beberapa pihak mengecam event tersebut, lapor Independent, dikutip 19 September 2023.

Respons negatif terhadap kemenangan Robin datang dari politisi, pemimpin agama, termasuk perdana menteri sementara negara itu. Masih belum jelas apakah model tersebut akan diizinkan untuk berkompetisi dalam kontes Miss Universe 2023 yang akan diadakan di El Salvador pada November 2023.

Perdana Menteri sementara Pakistan Anwaar-ul-Haq Kakar telah meminta badan intelijen negara tersebut untuk menyelidiki penyelenggara kontes tersebut dan bagaimana mereka dapat menyelenggarakan kompetisi tersebut atas nama negara tanpa persetujuan pemerintah. Kakar menyebut kontes di Maladewa itu sebagai tindakan memalukan dan penghinaan serta eksploitasi terhadap perempuan Pakistan.

Robin berhasil mengalahkan empat kontestan lainnya di babak akhir, yakni Hira Inam, Jessica Wilson, Malyka Alvi, dan Sabrina Wasim. Perempuan kelahiran Karachi ini meraih gelar di bidang Administrasi Bisnis dan memulai karier modeling profesionalnya pada Januari 2020 dan foto-fotonya muncul di beberapa majalah, termasuk Majalah Diva Pakistan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini