Sukses

Miris, Ratusan Kucing Dibuang hingga Mati di Gurun Pasir Abu Dhabi

Sekelompok penduduk Uni Emirat Arab (UEA) menemukan lebih dari 140 kucing dibuang di gurun pasir di ibu kota Abu Dhabi. Fenomena ini sontak menuai kritik dari organisasi hak asasi hewan internasional dan mendorong penyelidikan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Sekelompok penduduk Uni Emirat Arab (UEA) menemukan lebih dari 140 kucing dibuang di gurun pasir di ibu kota Abu Dhabi. Fenomena ini sontak menuai kritik dari organisasi hak asasi hewan internasional dan mendorong penyelidikan pemerintah.

Dikutip dari CNN, Minggu, 8 Oktober 2023, kucing dari semua ras, termasuk jenis kucing non-asli seperti Persia, dibiarkan mati terjebak di dalam kandangnya atau berkeliaran di gurun tanpa makanan, tempat berlindung atau air, menurut Chiku Shergill, seorang warga Abu Dhabi yang ikut serta dalam penyelamatan. Hewan-hewan itu ditinggalkan di seberang jalan raya dari Abu Dhabi Animal Shelter yang dikelola pemerintah di al Falah, sebuah kawasan pemukiman di Abu Dhabi.

Pihak tempat penampungan mengatakan kepada CNN bahwa mereka tidak mengetahui kejadian tersebut dan menolak berkomentar lebih lanjut. Tim penyelamat telah menghitung 50 kucing mati di tempat parkir dan telah menyelamatkan 95 kucing sejak 28 September 2023.

Bukan hanya kucing, tetapi seekor anjing jenis Golden Retriever juga berhasil diselamatkan, dan seekor husky ditemukan mati. Beberapa hewan telah di-microchip, menunjukkan bahwa mereka bukan hewan liar.

Suhu pada September 2023 mencapai titik tertinggi 40,5 derajat Celcius di kota Abu Dhabi. Suhu gurun bisa lebih tinggi pada siang hari.

Insiden ini menuai kritik dari organisasi dan aktivis hak-hak hewan internasional. Organisasi hak-hak hewan People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) menawarkan hadiah 5.000 dolar AS atau setara Rp78,2 juta bagi mereka yang memberikan informasi tentang siapa pun yang membuang kucing-kucing ini di gurun, kata Wakil Presiden PETA Asia Jason Baker kepada CNN dalam sebuah pernyataan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Penyelidikan

"Tindakan kejam ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Solusi terhadap krisis hewan peliharaan terlantar adalah dengan memandulkan, mensterilkan, dan mengadopsi hewan dari tempat penampungan yang terlalu banyak bekerja dan kekurangan staf, hal yang telah diminta oleh PETA Asia kepada UEA selama bertahun-tahun," kata Baker.

Departemen Kota dan Transportasi (DMT) Abu Dhabi mengatakan pada Rabu, 4 Oktober 2023 bahwa mereka akan menyelidiki insiden tersebut. Pihaknya mendorong masyarakat untuk melaporkan rincian insiden tersebut dan mengambil tindakan untuk menemukan siapa yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Katherine Polak, wakil presiden hewan pendamping Humane Society International mengatakan kepada CNN bahwa dia senang melihat pihak berwenang menanggapi masalah ini dengan serius. Tim sukarelawan penyelamat bekerja sepanjang waktu.

Banyak di antara mereka yang mengambil cuti kerja untuk terus menyelamatkan kucing-kucing terlantar, membuat mereka di-microchip, dan mencarikan mereka rumah, menurut Shergill. Sebanyak 10 kucing peliharaan dari Dubai, diidentifikasi dengan microchip dan dikembalikan ke rumah mereka.

3 dari 4 halaman

Bukan yang Pertama

Abu Dhabi memulai program Trap-Neuter-Return (TNR) pada 2008 untuk mengendalikan kucing liar dan liar, terutama melalui Abu Dhabi Animal Shelter. Program TNR mengatakan hal itu sesuai dengan pedoman kesejahteraan hewan internasional dan mengklaim akan melepaskan hewan-hewan tersebut kembali ke tempat mereka terjebak.

"Tempat pembuangan" hewan tersebar luas di Abu Dhabi dan Dubai. Ini bukanlah insiden yang terjadi satu kali saja, kata Organisasi Internasional untuk Perlindungan Hewan (OIPA) dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa mereka telah berkampanye atas nama hewan-hewan liar di UEA selama bertahun-tahun.

Dikutip dari Alleycat, Trap-Neuter-Return (TNR) adalah satu-satunya pendekatan yang manusiawi dan efektif terhadap kucing tak berpemilik yang tinggal di luar ruangan. Studi ilmiah menunjukkan bahwa TNR secara efektif mengatasi populasi kucing tak berpemilik dengan mengakhiri siklus perkembangbiakan, yang berarti tidak ada anak kucing baru yang lahir di koloni kucing tersebut

Melalui TNR, kucing dewasa, yang telah dimandulkan atau dikebiri, divaksinasi, dan diberi eartip, dikembalikan ke rumah luarnya untuk menjalani hidup bersama keluarga kucingnya. Banyak dari kucing-kucing ini memiliki pengasuh yang berdedikasi, yang menyediakan makanan dan tempat berlindung di luar ruangan dengan waktu dan uang mereka sendiri.. 

4 dari 4 halaman

5 Cara Adopsi Kucing Liar untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

Dikutip dari Citizen Liputan6.com, bagi Anda yang mungkin tertarik mengadopsi kucing liar sebagai hewan peliharaanmu di rumah, berikut beberapa cara yang mungkin dapat membantu Anda, seperti dilansir dari laman Moderncat, Jumat, 25 November 2022, berikut:

1. Siapkan ruangan khusus

Pertama, Anda bisa menyiapkan ruangan serta fasilitas yang menunjang kehidupan kucing seperti makanan, minuman, kotak pasir serta mainan. Perlu memastikan bahwa ruangan itu hanya diperuntukkan untuknya saja.

Kemudian siapkan beberapa tempat persembunyian yang kecil dan aman seperti rumah kucing atau selimut yang menutupi kursi dan pastikan tempat persembunyian itu mudah kamu akses. Jika sulit terakses, nantinya dapat membuat kucing melepaskan diri dari lingkungan barunya.

Serta buatlah jadwal sesering mungkin di ruangan ini untuk menghabiskan waktu setiap hari bersama kucing untuk membantunya menyesuaikan diri dengan kehadiran Anda. Misalnya dengan mengajaknya membaca buku bacaan,  serta panggil seseorang untuk sekadar berbicara agar kucing mengenali suara kamu serta merasa nyaman.

2. Pancing dengan makanan

Makanan adalah salah satu cara mendapatkan kepercayaan dan kasih sayang kucing. Terutama di saat-saat pertama, dengan sering memberikan kucing makan akan membuat dia merasa bahwa Anda adalah pembawa makanan yang lezat. Setelah kucing liar merasa cukup nyaman untuk makan, mulailah duduk di ruangan tersebut. Namun, jangan mengganggunya selama sedang makan untuk meyakinkan kucing bahwa mereka aman bersama Anda.

3. Hindari kontak mata

Jangan tatap balik kucing liar yang menatap Anda. Kontak mata adalah tindakan agresif terhadap mereka. Jika secara tidak sengaja menatap balik, berkediplah dengan tenang. Biarkan mata terpejam selama beberapa detik atau alihkan pandangan ke arah lain agar kucing merasa bahwa tindakan itu bukan bermaksud mengancamnya.

4. Jangan memaksa untuk kontak fisik

Kucing liar biasanya akan mendatangi Anda dengan sendirinya jika sudah merasa aman. Hal ini bisa didorong dengan memberi makanan. Dengan lakukan cara menaruh sedikit makanan di jari dan minta mereka menjilatnya.

5. Sabar

Hal terpenting dari segala sesuatu adalah sabar, ini juga berlaku saat mengadopsi kucing liar. Hal-hal ini membutuhkan waktu, sehingga Anda harus memberi mereka ruang untuk menyadari bahwa mereka aman di rumah baru mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.