Sukses

Sudah Bisa Dipesan, Harga Promo Tiket Kereta Suite Class Compartment Dijual Rp1,95 Juta

PT. KAI luncurkan layanan kereta mewah yakni Kereta Suite Class Compartment, tiket kereta ini dijual seharga Rp1,95 juta dan bisa dipesan mulai dari 10 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT. KAI resmi meluncurkan layanan kereta api mewah Kereta Suite Class Compartment. Sejumlah fasilitas akan dinikmati penumpang yang menjadikannya sebagai daya tarik utama gerbong kereta ini.

Tiket kereta yang disebut setara dengan first class di penerbangan itu dibanderol seharga Rp1.950.000. Harga tersebut merupakan harga promo yang bisa dipesan mulai 10--31 Oktober 2023.

Dalam keterangan unggahan Instagram pada Senin, 9 Oktober 2023, tertulis bahwa kereta ini akan beroperasi di rangkaian KA Bima dan Argo Semeru. 

"Pada KA Bima adalah layanan kereta eksekutif yang melayani rute Gambir-Surabaya Gubeng (pp) via Yogyakarta, dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 17.00 dan dari Surabaya Gubeng pukul 19.20. Kereta Suite Class Compartment ini, mengingatkan akan layanan KA Bima yang dulu pernah ada di era 1960 - 1980-an," tulis keterangan tersebut.

Keterangan itu juga mengungkapkan, "Sementara KA Argo Semeru adalah kereta eksekutif dengan rute Gambir-Surabaya Gubeng (pp), dengan waktu perjalanan pagi hari. Dari Stasiun Gambir jam 06.20 dan dari Stasiun Surabaya Gubeng jam 09.05. Dengan KA ini, pelanggan dapat menikmati pemandangan dari dalam kereta Suite Class Compartment."

Interior kereta yang disebut dengan Bima Reborn itu didesain modern dengan karpet tebal berwarna abu-abu menyambut penumpang yang naik. Setiap kompartemen dilengkapi dengan satu reclining seat yang bisa direbahkan hingga 180 derajat dan juga fitur pijat.

Kompartemen itu juga dilengkapi dengan stop kontak, air mineral, dan layanan hiburan dari tablet yang terpasang. Setiap kompartemen dilengkapi pintu yang bisa dibuka tutup secara otomatis untuk memberi privasi bagi penumpang. Untuk layanan makan, Kereta Suite Class Compartment menyiapkan hidangan pembuka (appetizer), hidangan utama (main course), hidangan penutup (dessert), aneka minuman, dan berbagai layanan mewah lainnya.

 
2 dari 4 halaman

Bukan Untuk Kaum Mendang-Mending

Unggahan tersebut dikomentari dengan antusias oleh warganet. Rata-rata menanggapi harga tiket kereta yang dinilai mahal.

"Bahhh harga promo 1.950k ngga promonya berapa minn 😭😭😭," ujar salah seorang pengguna.

"Harganya lebih mahal dibanding pesawat 😂," ujar pengguna lainnya.

Namun, beberapa warganet beranggapan bahwa harga dari layanan tersebut sepadan dengan fasilitas yang akan didapatkan. Lagipula, kereta itu memiliki target pasar tertentu.

"Buat yg bilang mending naik pesawat aja, kalian ga tau ada bbrp org yg "sultan" tp trauma klo naik pesawat. Bgtu ad alternatif dari kai, ya knp ga? Ga usah mendang mending deh, suite class ini bukan buat kaum mendang mending. Emg market nya buat yg "sultan"," ucap seorang pengguna.

"Yang bilang harganya kemahalan berati targetnya bukan buat kamu. lagian juga jika dibandingkan dengan pesawat dengan harga segini masih murah loh kalau mau dibandingkan dengan kursi kelas bisnis pesawat," ucap pengguna lain.

3 dari 4 halaman

Layanan Kereta Api KLB Nostalgic Culinary

Selain layanan kereta mewah, sebelumnya PT. KAI hadirkan layanan kereta KLB Nostalgic Culinary, layanan ini mengajak para penumpang untuk bernostalgia dengan hadirkan berbagai menu yang dahulu ditawarkan oleh para pedagang di gerbong kereta. Unggahan di akun resmi Restoran Kereta Api Indonesia, yaitu @kulinerkereta pada Sabtu, 30 September 2023, menampilkan video KLB Nostalgic Culinary yang sengaja dihadirkan untuk mengenang masa-masa tersebut.

Layanan tersebut hanya tersedia untuk para penumpang yang menaiki Kereta KLB Nostalgic Culinary pada 29 September 2023 (relasi Gambir-Yogyakarta) dan 30 September 2023 (relasi Yogyakarta-Gambir). Dalam keterangan unggahan tersebut, dijelaskan bahwa menu yang ditawarkan berasal dari menu lokal nusantara.

Sensasi asongan di kereta itu dihadirkan dengan pedagang asongan yang menjual cangcimen (kacang, kuaci, permen). Bahkan ada pula loper koran yang diperankan oleh prama dan prami (pramugara dan pramugari kereta api). 

"PT KAI menghadirkan berbagai sajian menu kuliner khas daerah yang tentunya sangat familiar dengan makanan yang dijual oleh para pedagang asongan di masa lalu," bunyi keterangan itu.

4 dari 4 halaman

Harga Makanan di KLB Nostalgic Culinary

Unggahan tersebut juga menyebutkan bahwa dengan membayar makanan sejumlah Rp7.800, penumpang sudah bisa menikmati berbagai menu Nusantara yang ditawarkan. "Dengan harga spesial 7,800 rupiah seperti nasi pecel khas kroya, nasi jamblang, tempe mendoan, tahu gejrot dan lainnya 🤩," tulis keterangan unggahan tersebut. "Selain menu khas daerah, juga tersedia snack seperti kacang dan permen jahe tidak ketinggalan menu minuman botol."

Keterangan tersebut juga menyebutkan bahwa perjalanan dengan KLB Nostalgic Culinary akan membawa para penumpang ke momen saat naik kereta di masa lalu. "Pastinya perjalanan KLB ini memberikan pengalaman baru dapat merasakan kereta di masa lalu dan menjadi momen kembali ke masa lalu bagi yang pernah merasakan masa itu 🤗."

Berbagai komentar berdatangan dari para warganet, kebanyakan dari mereka berkomentar tentang rasa rindu saat naik kereta pada masa-masa tersebut. "Nostalgiaa.. dulu aku sm almh eyang ke Jkt naik taksaka sering beli keripik 😍," ujar salah seorang pengguna.

"Kangen masa2 ginii ga si???," tambah yang lain.

Video Terkini