Sukses

Pengantin Ungkap Rincian Biaya Pernikahannya, Hanya Rp11 Juta Sudah Termasuk untuk Makanan dan Foto Prewedding

Masalah biaya terkadang jadi persoalan pelik bagi mereka yang ingin menggelar pernikahan. Padahal pernikahan tidak selalu membutuhkan biaya besar.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sepasang kekasih yang sudah menjalin hubungan serius, pernikahan tentu menjadi tujuan akhir untuk menyempurnakan hubungan mereka. Dalam mempersiapkan pernikahan pun bukan perkara yang sederhana karena banyak pasangan yang mengalami konflik-konflik kecil.

Ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk menuju pernikahan. Salah satunya adalah biaya yang umumnya tidak sedikit. Biaya atau bujet yang dikeluarkan umumnya meliputi mahar, biaya resepsi, seserahan, selamatan, sampai biaya untuk tinggal bersama ke depannya.

Tentunya hal tersebut perlu dipikirkan secara matang. Dari banyaknya hal yang perlu disiapkan, biaya pernikahan terkadang jadi persoalan pelik yang kerap menimbulkan prahara. Padahal menggelar pernikahan sakral tidak selalu membutuhkan biaya besar.

Salah satunya diungkapkan oleh akun TikTok @rishafantde, Minggu, 8 Oktober 2023. Ia membagikan beberapa video momen pernikahannya yang menurutnya hanya mengeluarkan bujet terbilang hemat.

"Spill serba-serbi pernikahan + budget," tulis pemilik akun mengawali video unggahannya. Biaya pernikahan yang dikeluarkan wanita bernama Risha ini ternyata hanya Rp11 jutaan. Bahkan menurut pengakuannya, total biaya tersebut sudah termasuk foto prewedding.

Lewat unggahannya tersebut, ia pun membagikan detail rincian biaya yang dikeluarkan. Risha menyebut biaya nikah yang dikeluarkan sebesar Rp1,5 juta. Uang tersebut dipakai untuk mengurus pendaftaran akad nikah, beserta segala persyaratan administrasinya.

"Ngurus KUA all in semua orang rumah yang urus: Rp 1 juta lima ratus (Rp 1,5 juta),” tulis Risha. Selanjutnya, ia dan calon suami juga melangsungkan sesi foto prewedding. Biaya yang dikeluarkan Risha dan calon suaminya untuk sesi pemotretan ini hanya Rp80 ribu. Meski konsepnya simpel, tapi hasil akhirnya patut dipuji.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biaya Paling Banyak untuk Makanan

"Prewed buat undangan di self poto studi: Rp8 puluh ribu (Rp80.000),” terangnya. Setelah itu ada busana pernikahan yang dipakai oleh Risha.

Baju sederhana namun tetap elegan yang serba putih ini ternyata ia beli dari toko online dengan harga Rp355 ribu. Sementara itu, untuk busana pengantin pria, hanya menggunakan baju koko putih dan jas bekas yang masih layak pakai.

Risha menuturkan, bahwa biaya paling banyak dikeluarkan adalah untuk catering atau makanan. Ia membayar sekitar Rp9 juta untuk menyajikan hidangan atau makanan para tamu dan sanak famili dalam acara pernikahan yang sederhana ini.

Terakhir, Risha mengaku tidak menyewa jasa MUA untuk merias dan mendandani wajahnya. Untuk urusan berdandan ini ia lakukan sendiri alias self makeup. Dengan begitu, tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk makeup.

Jika ditotal, biaya yang dikeluarkan Risha dan suaminya adalah sebesar Rp11.855.000. Meski tak menghabiskan banyak biaya, momen pernikahan keduanya terlihat hangat dan penuh kebahagiaan.

Unggahan tentang bujet pernikahan yang hemat ini membuat warganet ramai berkomentar. Beberapa warganet mengapresiasi pilihan yang diambil Risha dan suaminya dengan tidak menghamburkan uang pada momen pernikahannya.

 

3 dari 4 halaman

Bujet Hemat Demi Masa Depan

"Gua percaya mbaknya bukan karena nggak punya uang tapi karena lebih mengutamakan masa depan. Salut!" komentar seorang warganet.

"Semoga calon istriku juga punya pemikiran yang sama kayak gini," tulis warganet yang lain.

"Menginspirasi banget mbaknya. Suatu saat aku juga pengen nikah dengan sederhana kayak gini," ujar warganet lainnya.

"Pengen gini ajaaa kayak to the point ajaa gtt, tapi apalah dayaa ego keluarga yang mengharuskan resepsi dangdut segala macemm😭," tulis warganet lainnya.

"Nikah kua tpi itu lokasi nya dirumah ya kak? itu tnpa resepsi gtu ya? maaf kurang paham mknya nnya gtu 😔,” tanya seorang warganet.

Pemilik akun pun menjawab, "Ini nikahnya di rumah penghulunya karna kua nya lumayan jauh dari rumah."

Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang bujet pernikahan hemat itu sudah dilihat lebih dari 2,2 juta kali dan mendapatkan lebih dari 132 rubu likes dan lebih dari 2.500 komentar.

Menggelar pernikahan impian menjadi keinginan semua calon pengantin, tentu dengan mempertimbangkan faktor biaya. mengkompromikan dana yang akan dikeluarkan sesuai bujet harus dilakukan, sehingga literasi keuangan penting bagi pasangan yang berencana menikah.

 

4 dari 4 halaman

Mempersiapkan Biaya Pernikahan

"Pasangan satu sama lain harus saling terbuka dulu mengenai keuangannya, terutama jika nantinya suami dan istri bekerja," terang Master Financial Planner, Aidil Akbar Madjid saat dihubungi Liputan6.com, Kamis 13 Oktober 2022.

Saling keterbukaan mengenai keuangan juga meliputi siapa yang nanti akan menanggung biaya-biaya. Lalu rencana tempat tinggal hingga biaya pendidikan anak sejak awal hal ini harus diobrolkan karena jangan sampai di kemudian hari persoalan keuangan menimbulkan masalah dalam pernikahan.

Di sisi lain, pembicaraan mengenai biaya pernikahan juga terkait dengan tabungan calon pengantin, biasanya dipersiapkan dalam jangka waktu 1--2 tahun tergantung jenis pesta. Berapa besar pasangan menyisihkan pendapatan juga akan tergantung seberapa besar penyelenggaraan pesta, semakin sederhana maka akan lebih hemat biaya.Aidil mengatakan, pernikahan dengan serangkaian acara adat akan menguras biaya lebih banyak bagi calon pasangan.

Selain itu dalam menggelar pernikahan hampir 70 persen biaya akan terserap untuk catering, sehingga jumlah tamu undangan akan sangat berpengaruh. "Jadi tentukan dulu itu (tema pernikahan dan jumlah undangan), dari sana baru kita hitung biaya lainnya yang bisa ditekan," tutur Aidil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini