Sukses

Google Hack untuk Dapatkan Penerbangan Murah Jadi Viral di TikTok

Seorang travel influencer mengunggah klip, yang jadi viral di TikTok, tentang bagaimana ia menemukan Google hack yang kurang dikenal untuk menemukan penerbangan termurah ke mana pun di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa tidak mau penerbangan murah? Konten seputar tips mendapatkan layanan transportasi udara berbujet minimal sudah acap kali wara-wiri, dan yang terbaru, Google hack untuk mendapat penerbangan murah tengah viral di TikTok.

Menurut news.com.au, dikutip dari NY Post, Selasa, 17 Oktober 2023, seorang travel influencer mengunggah klip tentang bagaimana ia menemukan Google hack yang kurang dikenal untuk menemukan penerbangan termurah ke mana pun di dunia.

"Apakah saya baru saja memecahkan kode cheat atau apakah semua orang mengetahuinya??" influencer Inggris yang menggunakan nama "Around the Atlas" bertanya pada para pengikutnya.

Selanjutnya, ia mengarahkan warganet membuka Google dan mencari "Google Flights." "Saat Anda masuk, ketikkan tujuan keberangkatan Anda," imbuhnya. Dalam kasusnya, ia terbang dari London.

Si influencer kemudian mengarahkan untuk mengetik "anywhere" di tempat yang menanyakan ke mana Anda akan terbang. "Biarkan tanggal keberangkatan dan kepulangan kosong dan klik jelajahi," tambahnya.

Sambil menyorot layar laptopnya, si pengguna TikTok dengan semangat mengungkit sederet destinasi dengan tiket pesawat termurah. "Apakah ada orang lain yang mengetahui hal ini karena saya merasa dunia sedang menjaga betapa gilanya hal ini," katanya.

"Jadi secara harfiah, ini memberi Anda penerbangan dengan harga yang 'konyol' (seperti) 26 pound sterling (sekitar Rp498 ribu) ke Barcelona (dari London) dan 54 pound sterling  (sekitar Rp1 juta) ke Budapest. "Bahkan ada penerbangan jarak jauh ke AS, seperti 336 pound sterling (sekitar Rp6,4 juta) untuk terbang ke New York," sebut dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Pro Kontra

Si travel influencer menekankan bahwa Anda harus terbang di antara tanggal-tanggal tertentu, namun masih terkejut dengan betapa murahnya beberapa penerbangan, khususnya ke tujuan internasional. Ada warganet berkomentar bahwa meski tahu tentang Google Flights, ia tidak tahu tentang "hack terbang ke mana saja."

"Ternyata jika Anda mencari dalam mode incognito, harganya lebih murah lagi," tambah pengguna berbeda. Yang lain berkomentar, "Saya terbang dari London (ke) Köln seharga 10 dolar AS. Waktu terbaik untuk mencari penerbangan murah adalah Selasa atau Rabu sekitar tengah malam. Gunakan juga mode incognito!"

Namun, beberapa orang berpendapat bahwa meski murah, kondisinya tidak selalu nyaman. "Saya sangat senang memesan penerbangan ketika saya mengetahui hal ini. Tapi, itu (waktu penerbangan) adalah saat-saat terburuk (sering kali terbang pada pukul 00.10) dengan banyak transit," tulis seseorang.

Lainnya menyebutkan Skyscanner dan Kayak juga memiliki fitur serupa untuk menemukan penerbangan murah. "Saya menyukai Skyscanner dan telah menggunakannya selama bertahun-tahun, tapi sejak Skyscanner mulai menjalankan iklan dan lain-lain, Anda tidak selalu mendapatkan penerbangan dengan harga terbaik," tulis influencer tersebut.

Google Flights kini juga dapat memberi tahu Anda waktu termurah untuk memesan perjalanan. Menurut "data tren yang dapat diandalkan," fungsi pencarian baru menawarkan informasi tentang apakah harga tiket pesawat terlalu tinggi atau sedang diskon.

 

3 dari 4 halaman

Memanfaatkan Google Flights

"Misalnya, informasi ini dapat memberi tahu Anda bahwa waktu termurah untuk memesan perjalanan serupa biasanya dua bulan sebelum keberangkatan, dan Anda saat ini berada di titik yang tepat," kata Google dalam sebuah blog.

"Atau Anda mungkin mengetahui bahwa harga biasanya turun menjelang penerbangan, jadi Anda memutuskan menunggu sebelum memesan. Apapun yang terjadi, Anda dapat mengambil keputusan itu dengan rasa percaya diri yang lebih besar," imbuhnya.

Wisatawan dapat mengaktifkan pelacakan harga di Google Flights untuk menerima notifikasi otomatis ketika tarif turun secara signifikan pada tujuan dan tanggal yang dipilih. Pengguna akan diberitahu melalui email asalkan mereka mendaftar dengan Google.

Jika tidak terikat pada tanggal tertentu, pengguna dapat mengaktifkan "tanggal berapa pun" untuk menerima email tentang penawaran kapan saja dalam tiga hingga enam bulan ke depan.

Jika melihat lencana "jaminan harga" pada penerbangan tertentu, itu berarti Google yakin tarifnya tidak akan turun. Namun, jika Anda memesan dan penerbangan tersebut dibatalkan, mesin pencarian raksasa akan membayar selisihnya pada Anda.

"Saat Anda memesan salah satu penerbangan, kami akan memantau harganya setiap hari sebelum lepas landas, dan jika harganya turun, kami akan membayar selisihnya melalui Google Pay," jelas blog tersebut. Namun, hingga saat ini, jaminan harga hanyalah bagian dari program percontohan yang tersedia untuk grup penerbangan tertentu di AS.

4 dari 4 halaman

Tips Packing Viral

Tidak hanya tips membeli tiket pesawat, dalam hal penghematan perjalanan, ragam tips packing sudah lebih dulu viral. Di antaranya, Anda disarankan memakai rompi memancing.

Melansir NY Post, 15 Juni 2023, busana ini disebut "menempatkan fungsi di atas mode" dalam tren terbaru, dengan melihat penumpang maskapai yang cerdas menggunakan rompi banyak saku ini untuk membawa barang-barang yang tidak dapat mereka taruh ke dalam tas jinjing.

Dalam klip, pengguna TikTok @cheapholidayexpert dengan hati-hati memasukkan berbagai barang ke dalam banyak saku rompi, termasuk speaker portabel, deodoran, paket kartu, dan bikini. Ia bahkan berhasil memasukkan laptop ke dalam saku yang lebih besar di bagian belakang rompi.

"Setelah menjejalkan celana saya di bantal leher dan menggunakan tas bebas bea, hanya ada sedikit waktu sebelum saya mencapai ketinggian pakaian santai yang memabukkan," candanya dalam judul video. Tips packing dengan memakai rompi memancing adalah variasi dari tips perjalanan udara lain yang telah berhasil.

Strategi sebelumnya termasuk memasukkan pakaian ekstra ke dalam bantal leher perjalanan dan mengenakan beberapa lapis pakaian di atas pesawat, semuanya demi menghindari biaya bagasi tambahan. Pembuat konten TikTok lain telah mencoba tips packing ini dan mengatakan bahwa itu membantu mereka menghindari biaya bagasi tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.