Sukses

Sandiaga Uno Sudah Ajukan Cuti Kampanye, Masih Tunggu Persetujuan Jokowi

Sandiaga Uno mengajukan surat cuti kampanye untuk delapan minggu ke depan kepada Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku sudah menyerahkan surat izin cuti kampanye kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada minggu ini. Kini, ia menunggu restu dari Jokowi.

"Karena difasilitasinya sehari dalam seminggu, saya sudah mengajukan cuti dalam delapan minggu ke depan. Jadi, kita taat aturan, kita sesuai dengan prosedur, dan kita hargai fasilitasi dari cuti ini yang akan digunakan sebaik-baiknya," ujar Sandiaga usai The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin, 27 November 2023.

Sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) 2024, Sandiaga mendorong agar masa kampanye berjalan damai, sejuk, inspiratif, dan mencerahkan. Pihaknya menyatakan akan membawa sejumlah usulan untuk dirumuskan dalam materi kampanye pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Fokus-fokus kita ada di ekonomi, terutama tiga keinginan masyarakat yaitu kebutuhan pokok yang dirasakan membebani dan apa gagasan dari paslon Ganjar Mahfud; kedua bagaimana membuka lapangan kerja, khususnya untuk Gen Z dan generasi milenial dengan kewirausahaan sosial dan UMKM; ketiga peningkatan kesejahteraan ekonomi rakyat; dan pemerintah yang bersih dan bebas korupsi," sambung Sandi. 

Sebelumnya, KPU telah menetapkan masa kampanye Pemilu serta Pilpres mulai 28 November 2023 besok hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Masa kampanye pemilu 2024 dimulai besok usai KPU  menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Berdasarkan pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Cuti Kampanye Pejabat

Mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, dalam Pilpres 2024, setidaknya tiga pejabat bertarung dalam pemilihan tersebut, yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Menkopolhukam Mahfud Md. Lantas bagaimana aturan cuti pejabat yang ingin melakukan kampanye Capres-Cawapres, Pilkada, Pilpres saat Pemilu?

Aturan cuti pejabat yang ingin melakukan kampanye tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 9 Tahun 2004 Tentang Kampanye Pemilihan Umum oleh Pejabat Negara 

"Pasal 14 Pelaksanaan cuti Presiden dan Wakil Presiden dalam rangka Kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, dilakukan sesuai kesepakatan antara Presiden dan Wakil Presiden," dikutip dari PP tersebut.

Pasal 16

Jadwal Kampanye Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang dilakukan oleh Presiden dan Wakil Presiden disampaikan Sekretaris Negara kepada KPU paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum mulainya masa kampanye.

Pasal 17(1)

Menteri yang telah ditetapkan secara resmi oleh KPU sebagai calon Presiden atau calon Wakil Presiden dinyatakan non-aktif sebagai Menteri.(2) Status non aktif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan Presiden. (3) Presiden mengambil alih tugas para Menteri yang non aktif, dan dapat menetapkan Menteri Ad Interim bagi Menteri yang non aktif 

3 dari 4 halaman

Jadwal Kampanye Anies Baswedan

Calon Presiden RI Anies Baswedan akan berkampanye di Jakarta pada hari pertama masa kampanye atau pada Selasa 28 November 2023.

"Nah, yang tadi soal itu, rencananya milihnya di Jakarta," kata Anies di Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (26/11/2023) seperti dilansir Antara.

Walaupun demikian, Anies belum mau menyebut titik lokasi kampanye di daerah mana. "Nanti kami kabari persisnya di mana," kata mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Di sisi lain, Anies mengatakan bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan akan berkampanye di Jawa Barat pada pekan perdana masa kampanye. "Kami akan kampanye di banyak tempat," katanya. 

Sebelum masa kampanye, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Deklarasi Pemilu Damai yang dihadiri seluruh peserta pemilu di depan Kantor KPU RI pada Senin, 27 November 2023. Tiga pasangan capres-cawapres resmi menandatangani naskah deklarasi Pemilu Damai di KPU. Sebelum diteken, naskah deklarasi Pemilu Damai 2024 itu dibacakan terlebih dahulu. Pembacaan naskah dipimpin Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Naskah itu berisi tiga poin yang mesti ditaati para peserta Pemilu 2024, mulai dari pemilu yang diharapkan berjalan adil, damai, tanpa politik uang, hingga pelaksanaannya sesuai dengan aturan undang-undang.

"Peserta pemilu, satu, mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil. Dua, melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang," kata Hasyim.

"Tiga, melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," lanjut dia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Kampanye Prabowo dan Ganjar Pranowo

Sementara, paslon nomor dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming akan fokus berkampanye untuk hari pertama di sekitar jabodetabek. "Kita kick off di sekitar Jabodetabek,” ujar Prabowo kepada wartawan, dikutip dari kanal Pemilu Liputan6.com, Senin,. 27 November 2023.

Meski belum jelas lokasi pastinya, tetapi Prabowo memastikan dirinya akan membagi tugas dengan Gibran selaku wakil untuk agenda kampanye-kampanye kedepannya“Kita mulai bagi tugas, yang muda bergerak kemana-mana haha,” kata Prabowo.

Sementara, paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah mempersiapkan rencana kampanye dari wilayah timur dan barat Indonesia hingga bertemu di titik tengah Indonesia. Ganjar mengungkapkan soal rencana kampanye tersebut sudah siap dan akan dimulai esok hari.“Sudah siap semuanya dan kita memulai besok," ujar Ganjar kepada wartawan saat menghadiri Rakornas Sentra Penegakkan Hukum Terpadu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin, 27 November 2023.

Dia pun menyebut dua kota yang akan menjadi titik awal mula rangkaian kampanye nasional adalah di Papua dan Aceh. "Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh," tukas Ganjar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini