Sukses

Jangan Lakukan 6 Hal Ini Ketika Muncul Jerawat Meradang

Ketika jerawat meradang muncul, insting pertama adalah ingin segera menghilangkannya. Namun, seringkali langkah yang diambil dalam upaya mengatasinya justru dapat memperburuk situasi.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat meradang seringkali menjadi sesuatu yang mengganggu. Bukan hanya bagi kulit, tetapi juga berakibat ke menurunnya kepercayaan diri.  Ketika jerawat meradang muncul, insting pertama adalah ingin segera menghilangkannya. Namun, seringkali langkah yang diambil dalam upaya mengatasinya justru dapat memperburuk situasi.

Supaya tidak terjerumus dalam langkah penanganan yang salah, penting untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tindakan yang seharusnya tidak dilakukan. Dengan begitu, perawatan kulit akan lebih efektif dan menghindari datangnya masalah yang lebih serius. 

Inilah 6 hal yang wajib dihindari saat muncul jerawat meradang:

1. Memencet Jerawat

Dilansir dari American Academy of Dermatology, memencet jerawat yang meradang adalah suatu hal yang harus dihindari. Hal ini justru bisa memperburuk keadaan seperti membuat jerawat lebih terlihat dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Belum lagi jika tangan dalam kondisi yang tidak bersih, ini akan meningkatkan risiko infeksi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menyentuh Wajah Sembarangan

Menyentuh wajah dengan tangan kotor dapat menghadirkan bakteri baru ke kulit yang membuatnya semakin rusak. Hal ini memperburuk peradangan dan berisiko membuat jerawat semakin parah. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga tangan tetap bersih dan menghindari sentuhan berlebihan pada wajah. 

3. Mengonsumsi Terlalu Banyak Makanan Berlemak dan Tinggi Gula

Makanan yang tinggi lemak tinggi gula dapat memengaruhi produksi minyak kulit. Hal ini akan merangsang peradangan yang bisa memperburuk kondisi jerawat. Jadi, yang harus dilakukan adalah konsumsi makanan sehat dan gizi seimbang untuk menjaga keseimbangan hormon dan kesehatan kulit.

4. Tidak Menggunting Kuku

 

Kuku yang panjang atau tajam seringkali dapat merusak kulit ketika menyentuh area wajah. Jika kuku terjaga dengan baik, ini akan mengurangi risiko melukai kulit. Khususnya pada jerawat meradang yang berpotensi luka. Selain itu, kuku yang panjang juga mengandung banyak bakteri, di mana hal ini akan membuat kulit wajah ikut kotor dan justru menjadi infeksi pada jerawat.

5. Menggunakan Produk Make Up Berat

Bagi yang sedang mengalami peradangan pada jerawat, alangkah baiknya untuk mengistirahatkan wajah dari make up tebal. Ini karena produk make up berat dapat menyumbat pori-pori yang memperparah jerawat meradang. Sebagai alternatif, coba untuk menggunakan make up ringan yang non-comedogenic atau maksimalkan di bagian mata dan bibir saja.

3 dari 3 halaman

6. Melewatkan Skincare

Penting untuk merawat kulit secara rutin, terutama saat memiliki jerawat meradang. Sayangnya, melewatkan perawatan dapat memperlambat proses penyembuhan serta mengakibatkan kulit kusam. Nah, untuk mengatasinya, coba untuk menggunakan produk yang mengandung Salicylic Acid pada rutinitas skincare. Produk ini bisa membantu mengurangi peradangan, mengontrol produksi minyak, dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Dengan menghindari keenam hal tersebut, kamu dapat meminimalisir risiko peradangan lebih lanjut dan mempercepat proses penyembuhan. Oleh karenanya, penting untuk melakukan perawatan yang tepat dan penuh kesabaran. Hasilnya, jerawat meradang dapat diatasi dan kulit yang sehat dapat kembali dinikmati.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini