Sukses

7 Jajanan Olahan dari Aci yang Cocok Buat Camilan Saat Santai di Sore Hari

Kini berbagai jajanan olahan dari aci makin populer, terutama di kalangan anak muda. Apalagi dengan teknik marketing dorong gerobak atau mangkal bersama kaki lima lain. Makin banyak jajanan aci dari Jawa Barat yang hadir di berbagai kota di Indonesia.

Liputan6.com, Bandung Indonesia emang negara yang terkenal akan beragam kuliner unik dan menarik. Dari satu bahan dasar seperti tepung aci, bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Nggak lupa juga dicampur dengan bahan lain seperti telur atau tahu. Tekstur dan penyajiannya juga macam-macam, ada yang berkuah, kenyal, kering, ataupun diguyur sambal.

Kini berbagai jajanan dari aci makin populer, terutama di kalangan anak muda. Apalagi dengan teknik marketing dorong gerobak atau mangkal bersama kaki lima lain. Makin banyak jajanan olahran dari aci yang wajib dicoba. Kalau gitu, yuk intip jajanan aci apa saja yang wajib dicoba bersama teman-teman.

1. Cimol

Cimol jadi jajanan yang cukup populer. Sesuai namanya, cimol alias aci digemol dibuat dengan teknik pilin hingga bentuknya bundar kecil. Laman Kota Bandung menjelaskan bahwa awalnya cimol hanya disajikan dengan dua bumbu tabur yakni asin dan pedas. Kini, jajanan cimol juga menyajikan bumbu manis, jagung, balado, dan lain sebagainya. Teksturnya yang kenyal dicampur bumbu kesukaan bikin siapa saja suka dengan jajanan satu ini.

2 dari 4 halaman

2. Cilok

Aci dicolok alias cilok jadi salah satu favoritnya banyak orang. Jajanan ini juga udah tersebar di seluruh Indonesia, nggak hanya Bandung atau Jakarta. Tiap pergi jalan-jalan kemungkinan besar kamu akan menjumpai gerobak tukang cilok. Terutama di rest area tol atau depan toko oleh-oleh. Bumbu kacang yang pedas legit dan kecap jadi hal paling identik dari cilok. Udah banyak lho cilok yang disajikan dengan isian seperti lemak sapi atau keju mozarella. Sedap!

3. Cireng

Cireng dari singkatan aci digoreng merupakan jajanan khas kaki lima yang populer dan mudah ditemukan. Berbagai tempat seperti depan sekolah, pasar, dan bahu-bahu jalan terdapat tukang cireng. Biasanya di depan gerobak akan tertempel pilihan isian cireng seperti kornet, bakso, ayam, sosis, atau keju. Selain itu, bentuknya juga berbagai macam seperti tanda love, bintang, bulan sabit, dan lainnya Setelah menentukan pilihan, cireng akan digoreng saat itu juga. Jadi makin enak karena masih hangat. Ditambah dengan bumbu kering pedas, manis, dan gurih.

3 dari 4 halaman

4. Cilung

Laman Ensiklopedi Kuliner PMB LIPI menjelaskan kalau asal muasal terkait cilung ini nggak begitu diketahui. Meski begitu, aci digulung alias cilung jadi jajanan anak sekolah dasar yang populer. Oh iya, cilung juga sering dikenal dengan sebutan papeda di daerah lain. Adonan cilung digoreng bersama dengan telur dan tambahan bumbu bubuk balado sebelum akhirnya digulung dengan lidi. Kadang juga disajikan dengan saus cair.

5. Cimin

Aci mini punya tekstur yang mirip dengan cilok sebelum akhirnya disajikan. Bentuk cimin yang kecil dimasak dengan telur yang dituang ketika menggoreng. Biasanya jajanan satu ini dimasak di atas penggorengan cetak berbentuk bulat. Kemudian, disajikan dengan bumbu bubuk pendamping rasa barbeque, jagung, asin, atau manis.

4 dari 4 halaman

6. Cilor

Satu tusukan aci telur biasanya terdiri dari 3 adonan yang dibentuk bulat. Adonan digoreng di minyak panas dan digulung bersama dengan telur kocok. Jajanan ini banyak dijumpai di sekolah atau bahu jalan. Harganya juga murah dan rasanya jadi favorit banyak anak sekolah.

7. Baso Aci

Baso aci kian populer lantaran sering hadir di sajian seblak. Tapi, baso aci juga bisa dinikmati layaknya jajanan bakso lainnya dengan kuah dan toping bawang seledri, kok. Variasi tambahan yang membedakan baso aci yaitu terdiri dari pilus atau cikur, siomay, batagor kering, pangsit.

Itu dia beragam jajanan yang dibuat dari aci. Mana nih, jajanan yang paling ingin kamu coba kalau main bersama teman?

 

(*)

Video Terkini