Sukses

Cara Mengobati Batuk Kering Berkepanjangan Agar Lekas Sembuh, Bisa dengan Bantuan Medis Maupun Secara Alami

Biar lebih paham seputar penyebab dan cara mengatasi batuk kering yang terjadi secara berkepanjangan ini, yuk baca dulu informasi berikut.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh bisa dilakukan dengan beberapa metode, seperti dengan obat, perawatan medis, hingga secara alami sekalipun. Mengalami batuk kering berkepanjangan tentu saja sangat membuat tubuh jadi kurang nyaman. Bahkan, masalah ini juga bisa berpotensi mengganggu kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

Batuk sendiri sebenarnya merupakan bentuk reaksi terhadap masuknya benda asing ke dalam tubuh. Ini bisa dirasakan oleh semua orang, termasuk pada orang tua dan tak luput pula batuk kering anak. Walau begitu, bagaimana jadinya jika batuk yang dirasakan berlangsung dalam waktu yang lama? Pasti hal tersebut akan membawa kekhawatiran dan bikin siapapun jadi overthinking, bukan?

Perlu diketahui bahwa batuk kering yang berlangsung terus-menerus dapat menjadi sinyal bahwa kondisi tubuh sedang tidak baik-baik saja. Oleh karena itu, kamu perlu mengambil tindakan secepatnya agar permasalahan kesehatan ini bisa segera diatasi. Biar lebih paham seputar penyebab dan cara mengatasi batuk kering yang terjadi secara berkepanjangan ini, yuk baca dulu informasi berikut. 

Penyebab Batuk Kering Berkepanjangan

Batuk kering berkepanjangan bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah karena faktor lingkungan, seperti maraknya polusi udara, debu-debu yang berterbangan, atau adanya jamur yang bikin tempat tinggal jadi lebih lembap. Selain itu, beberapa orang juga bisa mengalami batuk karena terlalu sensitif terhadap cuaca yang kering atau lembap.

Penyebab batuk kering berkepanjangan juga bisa terjadi sebagai salah satu gejala penyakit tubuh lainnya. Di antaranya seperti asma, GERD, bronkitis kronis, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), dan lainnya. Oleh karena itulah, ketika mengalami gangguan batuk yang terus-menerus, ada baiknya untuk segera berkunjung ke dokter agar mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

Batuk kering lama itu kenapa bisa terjadi, ya? Selain karena faktor lingkungan dan penyakit, batuk kering yang berlangsung lama ternyata dapat terjadi sebagai reaksi terhadap suatu alergi. Misalnya saja, alergi pada serbuk sari bunga, kacang-kacangan, ataupun lainnya. Jadi, sebelum mencoba untuk mengobati permasalahan kesehatan ini, pastikan dulu jika kamu mengetahui apa yang menyebabkannya.

Cara Mengobati Batuk Kering Berkepanjangan

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengobati batuk kering yang berkepanjangan. Langkah-langkah ini umumnya melibatkan penggunaan obat-obatan, tindakan medis, hingga pemanfaatan bahan alami atau herbal. Penasaran kan apa saja itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Konsumsi Banyak Air Putih

Perbanyak minum air putih bisa jadi salah satu cara mengobati batuk kering yang efektif. Minum banyak air, terutama yang bersuhu hangat, nyatanya dapat merangsang produksi air liur yang lebih banyak. Sehingga, tenggorokan jadi lebih nyaman dan batuk kering berkepanjangan akan bisa berkurang.

Ketika kamu mengalami batuk kering yang berkepanjangan, cobalah untuk minum air putih lebih banyak dibanding biasanya. Pasalnya, cairan yang masuk ke dalam tubuh ini nantinya dapat membantu menjaga suhu tubuh serta mendukung lubrikasi pada saluran tenggorokan. 

Obat batuk kering berkepanjangan secara alami ini tentunya dapat kamu coba setiap hari. Tapi, jangan lupa juga untuk perbanyak istirahat dan perhatikan makanan yang disantap setiap harinya.

2. Manfaatkan Kunyit

Meredakan batuk kering dengan bahan alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan kunyit. Di dalam bahan rempah ini terdapat kandungan curcumin yang punya ragam manfaat baik buat tubuh. Bukan cuma bagus untuk kesehatan lambung dan darah saja, melainkan kunyit juga bisa bermanfaat untuk mengatasi batuk kering tak kunjung sembuh.

Kunyit sendiri diketahui bersifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Ketiga hal inilah yang dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi batuk kering yang berkepanjangan. Nah, efektivitas dari kunyit pun juga bisa bertambah jika kamu mengkombinasikannya bersama dengan lada hitam atau blackpepper. Oleh karena itu, cobalah untuk menambahkan satu sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, seperti air putih hangat. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, hingga batuk kering yang diderita bisa segera mereda.

3. Antihistamin dan Dekongestan

Cara mengobati batuk kering tak kunjung sembuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi antihistamin dan dekongestan. Dua obat ini bekerja untuk mengatasi batuk kering berkepanjangan akibat alergi dan postnasal drip. Namun, karena cukup keras, penggunaan antihistamin dan dekongestan harus disertai dengan resep dari dokter.

Antihistamin umumnya bekerja dengan menghambat dan mengurangi efek pelepasan zat histamin, yang menyebabkan batuk kering, mata berair dan hidung tersumbat. Sementara itu, dekongestan dapat membantu mengatasi obat kering, gatal tenggorokan, serta flu jika dikombinasikan dengan obat lainnya.

4. Obat batuk mentol

Mungkin buat kamu yang pernah mengalami batuk kering berkepanjangan, obat batuk mentol sering dijadikan sebagai solusi utama untuk mengatasinya. Yup, cara mengobati batuk kering seperti ini memang terbilang efektif untuk dilakukan. 

Kandungan mentol yang ada di dalam obat batuk dikenal memiliki sifat pelega dan pendingin. Jadi, ketika masuk ke dalam tubuh, mentol tersebut akan mampu mengurangi iritasi pada saluran pernapasan, yang seringkali menjadi pemicu utama batuk kering berkepanjangan. Mentol yang terdapat pada obat batuk juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat membantu melawan infeksi pada saluran pernapasan dan mengurangi batuk kering dan gatal yang sangat mengganggu. 

Menariknya lagi, karena obat batuk mentol ini dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Jadi, ketika batuk kering anak mulai terjadi, jangan lupa sediakan obat ini sebagai penanganan pertamanya.

5. Lakukan Perawatan Medis

Cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh bisa dilakukan dengan perawatan medis. Langkah ini bisa kamu tempuh jika sudah melakukan berbagai metode penyembuhan, namun batuk kering tetap masih menggerogoti tubuh. Dengan mengambil cara ini, kamu pun akan bisa mengetahui penyebab pasti dari batuk kering berkepanjangan beserta penanganan seperti apa yang dibutuhkan.

Ketika melakukan perawatan medis, biasanya akan ada beberapa tindakan yang diambil. Misalnya saja seperti melakukan rontgen dada, CT-scan, tes darah dan kulit, dan echocardiogram.

6. Ubah Posisi Tidur

Batuk kering dan gatal faktanya bisa pula diakibatkan oleh posisi tidur yang salah. Yup, jika kamu merasa mengalami batuk terus-menerus di malam hari karena salah posisi tidur, cobalah untuk memperbaikinya mulai sekarang. Hal ini bisa dilakukan dengan memakai bantal yang lebih tinggi pada saat tidur. 

Diketahui, bahwa tidur dengan posisi tersebut dapat membantu mengalirkan lendir dari hidung dan tenggorokan. Sehingga, masalah batuk serta flu bisa teratasi dan kamu pun dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Selain itu, posisi seperti ini juga dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan (GERD) yang dapat memicu batuk. Jadi, tak perlu lagi kamu memakai obat batuk kering berkepanjangan untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

7. Obati Batuk dengan Madu

Selain dengan menggunakan obat-obatan serta perawatan medis, cara mengobati batuk kering bisa pula dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya, kamu dapat menggunakan madu yang berkhasiat baik buat kesehatan tubuh. Di balik rasanya yang manis, madu menyimpan serangkaian manfaat untuk mengatasi batuk kering berkepanjangan.

Hal ini memungkinkan lantaran madu memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan sehingga dapat mengurangi iritasi. Bahan alami ini juga dipercaya dapat mengatasi dan mengurangi batuk di malam hari, jika diminum dengan takaran yang tepat. Tetapi, ingat ya bahwa penggunaan madu sebagai obat batuk kering tidak bisa ditujukan kepada bayi. Melainkan, madu bisa digunakan buat orang dewasa dan anak-anak di atas usia 1 tahun.

8. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara tradisional yang efektif untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan, sekaligus meredakan batuk kering yang sudah lama diderita. Untuk mengatasi batuk kering dan gatal, campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan berkumurlah beberapa kali sehari. Hal ini membantu membersihkan lendir dan mengurangi ketidaknyamanan pada tenggorokan.

9. Gunakan Penyaring Udara

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab batuk kering berkepanjangan juga bisa berasal dari lingkungan, tak terlepas pula karena udara yang kotor serta berpolusi. Oleh karena itulah, kamu bisa mencoba memasak penyaring udara di dalam rumah, agar kualitasnya bisa lebih baik dan tak memicu masalah kesehatan tubuh. Jika ruangan tertentu di rumahmu ada yang memakai karpet, maka jangan pernah malas untuk membersihkannya. 

Mengatasi masalah ini tanpa perlu obat batuk kering berkepanjangan juga dapat diupayakan dengan pemakaian air humidifier. Jika kamu mengalami batuk karena udara yang terlalu kering, cara ini dapat dipertimbangkan untuk dilakukan. Penggunaan humidifier dinilai dapat membuat  ruangan terasa dingin dan lembab sekaligus membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.

10. Atasi Masalah Gerd Dulu

Nyatanya, mengatasi batuk tak melulu dilakukan dengan minum obat batuk kering berkepanjangan. Ini kembali lagi kepada akar permasalahan yang menyebabkan batuk tersebut. Jika kamu memiliki masalah kesehatan lainnya seperti gerd, disarankan untuk mengatasi hal tersebut dulu biar batuk kering tak menjadi semakin berkepanjangan.

Lantas, bagaimana cara untuk mengobati gerd ini? Sebenarnya permasalahan asam lambung ini bisa diatasi dengan penerapan pola hidup yang lebih sehat. Misalnya saja, kamu rajin berolahraga, mulai memerhatikan menu santapan sehari-hari, tidak telat atau melewatkan waktu makan, mencukupi waktu istirahat, tidak memaksakan diri ketika tubuh lelah, serta menghindari rokok dan minuman beralkohol. Percayalah, ketika gerd sudah teratasi, pasti masalah batuk yang terus-menerus ini juga turut menghilang dan tubuh pun terbebas dari rasa tak nyaman yang diberikan.

Itulah sederet cara mengobati batuk kering yang tak kunjung sembuh. Mengatasi batuk kering yang berkepanjangan pada dasarnya memang membutuhkan pendekatan holistik yang mencakup perubahan gaya hidup, konsumsi makanan bergizi, dan perawatan medis yang tepat. 

Selain itu, kamu pun juga perlu sesekali melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan untuk mendapatkan diagnosa yang akurat dan penanganan yang sesuai. Dengan perawatan yang tepat, kamu pun dapat mempercepat proses penyembuhan dan kembali menikmati kesehatan yang optimal. Yuk, jadikan kesehatan tubuh jadi yang utama dan nomor satu. Sehingga, kualitas hidup bisa meningkat dan kamu pun jadi lebih bahagia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.