Sukses

Pangeran William Menulis Pesan Sedih di Hari Ulang Tahun ke-42 Kate Middleton

Salah satu legenda olahraga rugby, JPR Williams meninggal dunia bertepatan dengan ulang tahun Kate Middleton pada Selasa (9/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan ulang tahun Kate Middleton yang ke-42, Pangeran William justru menuliskan pesan sedih. Tepat pada Selasa (9/1/2024), pewaris takhta Inggris itu juga mengenang mendiang legenda olahraga rugbi, JPR Williams.

Mengutip laman Hello Magazine, Pangeran William menulis, "Tidak ada orang seperti dia di lapangan rugby. @WelshRugbyUnion yang hebat, pikiran saya tertuju pada keluarga dan teman-teman JPR Williams. W."

Calon Raja Inggris yang merupakan pelindung Persatuan Rugby Welsh, juga menulis pesan yang sama dalam bahasa Welsh. Pesannya yang berbahasa Wales jika diterjemahkan berbunyi, "Dia adalah karakter unik di lapangan rugbi. Salah satu pemain terhebat di @WelshRugbyUnion, pikiran saya tertuju pada keluarga dan teman JPR Williams. W."

JPR Williams, mantan bek sayap London Welsh, Bridgend dan Barbarians, meninggal pada usia 74 tahun. Pernyataan dari keluarga Williams menyatakan, "JPR meninggal dengan damai hari ini di Rumah Sakit Universitas Wales dikelilingi oleh istri tercinta dan empat anaknya, setelah sakit sebentar, dengan berani melawan meningitis bakterial. Keluarga meminta privasi di masa sulit ini."

Diketahui, legenda olahraga ini memenangkan tiga Grand Slam Lima Negara yakni pada 1971, 1976, dan dua tahun kemudian. JPR Williams menjauh dari rugbi internasional pada 1981, tetapi kadang-kadang terus bermain rugbi sebelum pensiun pada 2003.

Akun resmi X untuk Welsh Rugby Union merilis pesan berikut, "Dunia rugby telah kehilangan salah satu pemain terhebat sepanjang masa... Presiden WRU Terry Cobner memimpin penghormatan kepada JPR Williams #RIP #JPRWilliams." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Ulang Tahun dari Raja Charles III

Pangeran Wales telah dikaitkan dengan WRU sejak 2007, ketika ia menjadi wakil pelindung kerajaan. Hampir satu dekade kemudian, neneknya, mendiang Ratu Elizabeth II, menyerahkan peran pelindung kepadanya.​

Mengutip dari laman People, Putri Wales yang menghabiskan hari ulang tahunnya secara pribadi, menerima pesan ulang tahun khusus dari Raja Charles dan Ratu Camilla sejak hari Senin. Halaman X/Twitter resmi keluarga kerajaan Inggris mengunggah penghormatan manis yang menampilkan foto Putri Kate.

Diambil oleh Chris Jackson dari Getty Images, gambar tersebut menunjukkan dia, bersama Charles dan Camilla dalam momen di balik layar penobatan tahun lalu dan disertai dengan pesan sederhana, "Mengucapkan selamat ulang tahun kepada Putri Wales hari ini!"

Tahun lalu, Raja Charles III (75) dan Ratu Camilla (76), merayakan Putri Kate dengan mengucapkan selamat ulang tahun di media sosial dengan pilihan foto bijaksana lainnya. Mereka mengambil foto Kate saat kunjungan pertamanya ke Wales bersama Pangeran William setelah mereka dinobatkan sebagai Pangeran dan Putri Wales pada 2022.

3 dari 4 halaman

Westminster Abbey Membunyikan Lonceng

Dalam foto tersebut, Kate tersenyum saat menerima karangan bunga dari Charlotte Bunting yang berusia 2 tahun, yang mengenakan kostum tradisional Welsh. Putri Kate juga menerima ucapan selamat dari kelompok militer dan badan amal di mana dia menjadi pelindungnya.

Westminster Abbey di London yang menjadi lokasi Putri Kate menikahi Pangeran William pada April 2011 akan membunyikan lonceng mereka untuk menghormati ulang tahun anggota kerajaan. Meskipun Westminster Abbey dikenal sering membunyikan loncengnya untuk merayakan ulang tahun sejumlah anggota senior keluarga kerajaan, tradisi tersebut telah berubah di tengah masalah keuangan terkait pandemi Covid-19.

Sebelum 2020, lonceng tersebut menandai ulang tahun 12 bangsawan. Ratu Elizabeth, Pangeran Philip dan keempat anak mereka – yang saat itu menjabat sebagai Raja Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward – semuanya menerima penghargaan tersebut, begitu pula istri Charles, Camilla. Pangeran William, Kate, dan ketiga anak mereka melengkapi daftarnya.

Pada 2024, lonceng ulang tahun empat bangsawan paling senior akan berbunyi. Pertama untuk Putri Kate pada 9 Januari, kemudian Pangeran William pada 21 Juni, Ratu Camilla pada 17 Juli, dan Raja Charles pada 14 November.

4 dari 4 halaman

Kegiatan Saat Kate Ulang Tahun

Lonceng juga akan berbunyi pada 15 Juni saat Trooping the Colour, yaitu perayaan ulang tahun publik Raja serta acara kerajaan lainnya seperti ulang tahun penobatan pada tanggal 6 Mei. Adapun Pangeran William dan Putri Kate sering menyisihkan akhir pekan di awal tahun untuk menghibur keluarga dan teman-teman mereka selama beberapa hari bersamaan dengan ulang tahun Kate.

Daftar tamu sebelumnya termasuk orangtua Kate, Carole dan Michael Middleton, teman seumur hidup William Tom van Straubenzee dan istrinya Lucy Lanigan-O'Keeffe, James Meade dan istrinya Laura, tetangga dan sahabat lama Sophie Snuggs dan suaminya Robert.

Pada 2021, Kate disuguhi pesta teh ulang tahun yang diselenggarakan oleh suami dan anak-anaknya di Anmer Hall, rumah pedesaan keluarga di Norfolk. Untungnya, Pangeran William tahu persis cara membuat secangkir teh yang sempurna.

"Pada akhirnya, dia sedang berlatih untuk menjadi ratu masa depan, tapi sejujurnya Anda tidak akan pernah mengetahuinya," kata sumber yang dekat dengan Kate sebelumnya kepada People.

Ia menyambung, "Jika kamu pergi ke rumahnya, kamu mendapatkan secangkir teh, dan sering kali William yang membuatkannya. Ini adalah rumah yang indah dan ramah, bukan istana yang mewah dan pengap."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini