Sukses

Warna Bibir Menghitam Sering Mengganggu Penampilan, Ini Cara Mengatasinya agar Kembali Merona

Jangan biarkan warna bibir menghitam bikin nggak percaya diri, begini tips mengatasinya yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Warna bibir menghitam memang bukan masalah yang bisa dianggap sepele. Biar bagaimana pun juga, bibir menjadi bagian wajah yang sering jadi pusat perhatian ketika bertemu dengan orang lain. Jika tampak gelap, maka keseluruhan penampilan pun bisa terlihat pucat dan kurang maksimal.

Menggunakan lipstik memang bisa jadi cara untuk menyamarkannya, tapi hal ini juga nggak bisa berjalan dengan sempurna. Bibir yang hitam membuat warna lipstik jadi nggak bisa blend secara alami. Jadi, apa yang harus dilakukan ya?

Beberapa perawatan rutin ini bisa jadi alternatif untuk mengatasi bibir hitam yang mengganggu penampilan. Saatnya coba satu per satu yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Apa yang Menyebabkan Warna Bibir Menghitam?

Dikutip dari Medical News Today, warna bibir yang tampak menghitam bisa disebabkan karena produksi melanin di atas jumlah normal. Buat yang belum tahu, melanin adalah pigmen alami yang memberikan warna pada kulit, nggak terkecuali di area bibir.

Jika kadar melanin sedikit, kulit cenderung lebih terang, bahkan di area bibir sekalipun. Warna bibir meningkat jadi lebih gekap karena adanya peningkatan produksi melanin yang mempengaruhi perubahan warna kulit jadi menghitam.

Namun selain itu, ada juga faktor lain yang bisa memicu warna bibir menghitam yang mungkin belum banyak diketahui. Cari tahu lebih lanjut!

1. Terkena Paparan Sinar Matahari

Sama seperti bagian kulit lainnya, bibir yang sering terpapar sinar matahari juga bisa memicu peningkatan produksi melanin di dalamnya. Melanin ini sendiri sebenarnya meiliki dampak baik, yaitu melindungi kulit dari kerusakan yang bisa disebabkan oleh sinar UV.

Sayangnya, produksi melanin yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai kerusakan kulit. Salah satunya adalah kulit bibir yang jadi tampak lebih gelap sehingga penampilan pun tampak pucat. 

2. Perubahan Hormon Saat Hamil

Ternyata bibir hitam juga bisa dialami oleh perempuan saat sedang hamil. Hal ini disebabkan karena perubahan kondisi hormon yang umumnya terjadi selama masa awal kehamilan.

Berbagai perubahan tersebut kemudian memicu beberapa area tubuh jadi lebih gelap. Bagi ibu hamil, biasanya area bibir, puting, dahi, pipi, hidung, hingga muncul bercak lain berwarna gelap.

3. Penggunaan Produk Lipstik yang Kurang Tepat

Lipstik memang bisa membuat penampilan lebih cantik berkat warna-warni yang ada di dalamnya. Tapi, ternyata beberapa jenis lipstik mengandung bahan kimia yang efeknya bisa membuat warna bibir menghitam jika digunakan secara rutin. Jadi, pastikan selalu cek kembali produk lipstik yang dipakai, hindari bahan yang sifatnya berbahaya ya!

4. Kondisi Kering dan Pecah-pecah

Waspada dengan kondisi bibir yang mudah kering, karena bisa jadi penyebab tampilan bibir tampak lebih hitam. Saat kelembapannya minim, terlebih di cuaca panas, bibir bisa mengalami pecah-pecah. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan warna bibir tampak menghitam secara perlahan.

5. Anemia

Tahukah kamu kalau anemia ternyata juga bisa menjadi penyebab warna bibir tampak gelap dan pucat? Anemia merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan hemoglobin, zat yang membawa oksigen dan gizi di dalam darah. Zat ini juga yang memberikan warna merah pada darah. Jika kekurangan hemoglobin, efeknya bisa membawa perubahan pada warna kulit yang lebih menghitam, termasuk bibir.

6. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat dapat memberikan efek warna bibir yang terlihat lebih gelap. Namun, jika mengalami masalah ini tak perlu khawatir. Biasanya warna bibir akan kembali normal saat menghentikan konsumsi obat tersebut. Jadi, bibir menghitam sifatnya tidak permanen.

3 dari 12 halaman

Cara Mengatasi Warna Bibir Menghitam dengan Mudah

Bukan rahasia lagi kalau bibir yang terlihat lebih gelap memang bisa mengganggu rasa percaya diri. Nah, berikut ini beberapa cara mengatasi warna bibir hitam dengan mudah yang bisa dilakukan sehari-hari. Apa saja?

1. Eksfoliasi Bibir Secara Rutin

Bibir yang terlihat menghitam juga bisa disebabkan karena menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit. Hal ini membuat regenerasi sel kulit baru jadi tidak maksimal. Oleh karena itu, disarankan untuk menghilangkan sel kulit mati secara rutin di area bibir dengan cara eksfoliasi.

Lakukan eksfoliasi bibir secara rutin 2 kali dalam seminggu. Kamu bisa menggunakan produk khusus lip exfoliator, atau memanfaatkan bahan alami seperti gula. Rutinitas ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Jadi, bibir bisa terlihat lebih merah merona.

4 dari 12 halaman

2. Jaga Kelembapan Bibir

Bibir yang kering menjadi salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan kondisinya pecah-pecah, lalu perlahan menghitam. Jadi, jangan sepelekan jika kamu mengalami masalah bibir kering. Yuk, mulai jaga kelembapan alaminya!

Kamu bisa memanfaatkan lip balm berkualitas dengan formula yang dapat menjaga kelembapan alami bibir. Biar hasilnya lebih maksimal, pilih yang mengandung bahan alami dan aman untuk kesehatan kulit agar tidak menimbulkan efek samping yang nggak diharapkan.

5 dari 12 halaman

3. Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari mungkin sudah jadi hal yang nggak pernah dilewatkan saat akan beraktivitas di luar rumah. Namun, sudahkah kamu melindungi area bibir juga? Paparan sinar matahari juga jadi salah satu faktor yang membuat warnanya terlihat hitam.

Jadi, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen khusus untuk bibir sebelum beraktivitas di luar rumah, bahkan saat cuaca mendung sekalipun. Produk yang satu ini dapat membantu melindungi bibir dari efek sinar UV yang bisa menggelapkan warna bibir cantikmu. Pilih tabir surya berbentuk lip balm dengan SPF 30 atau lebih demi memberikan perlindungan yang dibutuhkan.

6 dari 12 halaman

4. Hentikan Kebiasaan Menjilat Bibir

Sebagian orang mungkin punya kebiasaan menjilat dan menggigit bibir, misalnya saat sedang fokus mengerjakan sesuatu atau di momen-momen yang bikin grogi. Tapi, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Tahu nggak sih kalau menjilat dan menggigit bibir jadi salah satu hal yang bisa membuat bibir tampak menghitam?

Saat menjilat atau menggigit bibir, otomatis air liur akan mengenai area tersebut. FYI saja kalau air liur ini mengandung kuman dan bakteri yang bisa membuat bibir kering, pecah-pecah, gatal hingga iritasi yang menyebabkan perubahan warna jadi lebih gelap. So, hentikan kebiasaan ini segera ya!

7 dari 12 halaman

5. Batasi Konsumsi Kafein

Minum berkafein seperti kopi atau teh memang bisa jadi mood booster dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kopi dapat membantu kamu tetap fokus saat bekerja, sementara teh memberikan efek relaksasi. Namun, tahu nggak sih kalau konsumsi minuman kafein berlebihan bisa menyebabkan warna bibir menghitam?

Ya, hal ini karena minuman berkafein mengandung zat diuretik yang bisa membuat kamu terus-menerus buang air kecil. Jika tubuh kekurangan cairan, efeknya bisa membuat kulit kering, termasuk warna bibir yang terlihat lebih hitam. Batasi asupan kafein jika ingin mencegah masalah tersebut.

8 dari 12 halaman

6. Lip Massage dengan Minyak Almond

Salah satu perawatan rutin yang bisa dilakukan di rumah adalah lip massage atau pijat bibir. Rutinitas yang satu ini dapat membantu sirkulasi darah lebih lancar di area bibir sehingga membantunya jadi tampak lebih merah merona.

Gunakan minyak almond yang memiliki kandungan untuk menjaga kelembapan bibir secara maksimal. Dengan begitu, bibir pun terhindar dari kondisi kering dan dehidrasi, sekaligus meminimalisir perubahan warna bibir yang menghitam.

9 dari 12 halaman

7. Pilih Produk Bibir yang Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan produk lipstik yang kurang tepat bisa menyebabkan bibir tampak menghitam karena kandungan bahan kimia kerasnya. Jadi, pastikan setiap produk bibir yang kamu pakai memang aman dan dapat membantu menjaga kesehatan area tubuh yang satu ini.

Hindari beberapa bahan dalam lipstik yang bisa memicu alergi dan menyebabkan warna bibir menghitam, misalnya kamper, minyak kayu putih, peppermint, parfum, hingga asam salisilat. Jika dipakai terus-menerus, efeknya bisa menyebabkan bibir tampak lebih gelap dari yang seharusnya.

10 dari 12 halaman

8. Manfaatkan Masker Kunyit

Ingin warna bibir yang menghitam bisa kembali merona cantik? Coba saja aplikasikan masker bibir dari bahan-bahan alami. Salah satu yang bisa dicoba adalah masker kunyit yang dapat membantu mencerahkan warna alami bibir.

Campurkan 1 sendok bubuk kunyit dengan minyak kelapa secukupnya. Gunakan pada area bibir selama 15 menit lalu bilas sampai bersih. Namun, penggunaan masker ini sebaiknya perlu ekstra hati-hati karena kunyit bisa meninggalkan efek kekuningan pada kulit.

11 dari 12 halaman

9. Gunakan Masker Bibir dari Madu

Jika kunyit terlalu merepotkan, kamu bisa mencoba aplikasikan masker bibir dari madu yang nggak kalah praktis. Kandungan nutrisi di dalam madu dikenal efektif mengatasi bibir pecah-pecah serta membuat kulit sekitar bibir lebih lembap dan lembut, sekaligus mencegah warna bibir menghitam.

Untuk merasakan sendiri manfaat madu, gampang banget. Aplikasikan madu murni di bibir setiap pagi dan malam sebelum tidur. Nggak perlu takut dengan efek sampingnya, selama madu yang digunakan alami dan berkualitas, maka hasilnya juga mengesankan.

12 dari 12 halaman

10. Jangan Lupa Perhatikan Asupan Air Putih

Hal yang perlu diingat adalah perhatikan selalu konsumsi air putih harian jika ingin mengatasi warna bibir menghitam. Memangnya apa hubungannya? Perlu diingat, tubuh yang dehidrasi bisa menyebabkan kulit jadi kering, mudah pecah-pecah, yang juga memicu area bibir tampak menghitam.

Mulai sekarang, perhatikan asupan air putih harian untuk menjaga kesehatan kulit tubuh secara menyeluruh, nggak terkecuali area bibir. Penuhi kebutuhan air putih ideal 8 gelas per hari agar kulit tetap sehat dan glowing.

Warna bibir menghitam memang bisa jadi permasalahan yang mengganggu penampilan sekaligus bikin minder. Tapi, nggak perlu cemas berlebihan. Perawatan yang tepat bisa membantu mewujudkan bibir sehat yang cantik merona. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini