Sukses

Kate Middleton dan Pangeran William Dikabarkan Survei Sekolah Baru untuk Pangeran George, Biayanya Rp927,3 Juta per Tahun

Pangeran George juga dikabarkan sempat ikut ibunya, Kate Middleton, yang melakukan survei sekolah baru berbeda pada akhir tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Meski sedang memulihkan diri setelah menjalani operasi perut pada Januari 2024, berita tentang Kate Middleton tetap muncul. Ia dan Pangeran William dilaporkan sedang melakukan survei calon sekolah baru untuk anak sulung mereka, Pangeran George.

Mereka dikabarkan mengunjungi Sekolah Independen St. Edward. Menurut Richard Eden dari Daily Mail, sekolah di Oxfordshire berbiaya 47 ribu pound sterling, sekitar Rp927,3 juta per tahun itu 'menarik perhatian Pangeran William dan Kate', berdasarkan laporan dalam kolom mingguannya pada Sabtu, 17 Februari 2024.

Dia menuliskan, "'Mereka baru saja melihatnya,' kata seorang kakek Teddies kepada saya."

Sekolah itu memiliki cukup banyak alumni yang tenar, di antaranya aktris Hollywood Florence Pugh dan Emilia Clarke serta legenda RAF Douglas Bader. Dikutip dari Hello Magazine, Minggu, 18 Februari 2024, sekolah tersebut memiliki beragam fasilitas mewah.

Ada banyak fokus pada seni dalam kurikulumnya. Calon sekolah baru George dilengkapi teater canggih yang disebut 'The Olivier Hall' yang 'menggemakan Teater Sheldonian Oxford yang terkenal', menurut situs resminya. Desainer yang merancang ruang teater itu bahkan dianugerahi RIBA South Award pada 2022 oleh The Royal Institute of Bitish Architects.

Tapi, itu bukan sekolah pertama yang dilaporkan dikunjungi oleh Pangeran dan Putri Wales. Pada Desember 2023, pasangan kerajaan itu dilaporkan sedang melihat-lihat Marlborough College, bekas sekolah Kate, dengan Pangeran George di belakangnya. Dua adik Kate, Pippa dan James Middleton, juga alumni sekolah tersebut. Begitu pula dengan sepupu Pangeran William, Putri Eugenie.

 

2 dari 4 halaman

Pangeran George Jalani Ujian Sekolah

Belum dapat dipastikan di mana bocah berusia 10 tahun itu akan bersekolah pada September 2024. Tak menutup kemungkinan juga bila ia akan akan mengikuti jejak ayah dan pamannya, Pangeran Harry, bersekolah di Eton College. Namun, dapat dikatakan bahwa proses penerimaan bukan untuk mereka yang berhati lemah.

George baru-baru ini menjalani ujian ISEB yang mirip dengan 11+. Materinya meliputi bahasa Inggris, matematika, verbal, dan penalaran non-verbal. Hasilnya kemudian dikirim ke sekolah berasrama terbaik di negara tersebut. Setelah itu, tergantung hasilnya, dia bisa jadi diundang kembali untuk ujian lebih lanjut dan wawancara untuk sekolah tertentu.

Berbicara tentang jenis wawancara yang akan dihadapi George, James Mitchell, salah satu pendiri Think Tutors menjelaskan, "Kadang-kadang wawancara ini bisa sangat lugas, namun dapat dipandang sebagai semacam ujian stres dalam kaitannya dengan kinerja Anda di bawah tekanan. Anda tidak tahu pertanyaan apa yang akan mereka ajukan padamu."

Dengan menggunakan wawancara Eton sebagai contoh, dia menambahkan, "Mereka akan membuat Anda nyaman, Anda akan mendapat pertanyaan rutin, 'Apa yang Anda sukai tentang sekolah? Mengapa Eton?' dan hal-hal seperti itu. Mereka ingin siswa mampu memberikan jawaban yang jujur ​​dan organik."

3 dari 4 halaman

Sekolah Pangeran George Saat Ini

George saat ini bersekolah di Lambrook School, dekat Ascott, setelah keluarganya pindah ke lingkungan Istana Windsor. Sebelumnya, ia bersekolah di Thomas’s Battersea Prep School London.

Dikutip dari laman The Sun, Kamis, 8 September 2022, Kate dan William terekam kamera mengantarkan ketiga anak mereka di hari pertama sekolah pada Rabu, 7 September 2022. Kelimanya terlihat gembira dengan senyum lebar di setiap wajah.

Mereka diketahui datang untuk menjalani 'settling in afternoon' - semacam masa orientasi - yang digelar untuk menyambut siswa baru dan keluarga mereka sebelum tahun ajaran baru dimulai. Agenda berlangsung selama 90 menit. Keluarga Cambridge itu disambut langsung oleh kepala sekolah Jonathan Perry.

Kepala sekolah sempat menanyai apakah mereka bersemangat memulai sekolah, yang langsung dijawab ketiga anak itu dengan 'ya'. Pangeran William juga menambahkan, "Mereka menantikannya. Mereka punya banyak pertanyaan."

Istri kepala sekolah, Jenny, ikut menyambut keluarga kerajaan itu. Ia mengucapkan selamat datang kepada semuanya. "Dengan seluruh rombongan," sahut William.

4 dari 4 halaman

Pertimbangkan Sekolah Berasrama

Lambrook School diketahui mengenakan biaya 7.000 pound sterling per semester (sekitar Rp120 juta). Dengan biaya sebesar itu, fasilitas yang disediakan sekolah juga tak main-main. Terdapat lapangan golf sembilan lubang di sekolah yang terletak di hutan seluas 52 hektare tersebut.

Sekolah ketiga anak William dan Kate itu berjarak sekitar sembilan menit dengan berkendara dari rumah baru mereka di Adelaide Cottage. Seorang sumber menyebut anak-anak itu 'sangat bersemangat memulai sekolah baru bersama, dan kupikir ayah dan ibunya juga.'

Dilansir dari New Idea, Selasa, 27 Juli 2021, pasangan Wales juga sempat mempertimbangkan konsep asrama yang lebih fleksibel untuk George. Dengan begitu, calon pewaris takhta Kerajaan Inggris tersebut bisa membagi waktu antara sekolah dan rumah.

Sekolah di asrama diyakini bukan menjadi satu-satunya jejak langkah yang akan diikuti Pangeran George dan adiknya Louis nanti. Menurut pengamat kerajaan, Carmen Sandi, kedua putra pasangan Duke dan Duchess of Cambridge itu diprediksi akan melaksanakan tugas militer Inggris.