Sukses

Pangeran William Tampil Tanpa Kate Middleton di Karpet Merah BAFTA Awards 2024, Mengaku Tak Sempat Nonton Film karena Sibuk Urus Keluarga

Pangeran William sempat menyinggung kondisi Kate Middleton yang saat ini fokus memulihkan diri di rumah sehingga melewatkan BAFTA Awards 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William tampil tanpa Kate Middleton di karpet merah BAFTA Awards 2024 yang berlangsung di Royal Festival Hall, London, Inggris, pada Minggu malam, 18 Februari 2024. Acara itu merupakan acara besar pertama yang dilewatkan Kate karena sedang memulihkan diri seusai menjalani operasi perut, Januari 2024.

Sebagai Presiden Akademi Seni Film dan Televisi Inggris (BAFTA) sejak 2010, William jarang absen menghadiri acara tahunan itu. Ia sempat melewatkannya pada 2021 saat kakeknya, Pangeran Philip, meninggal dunia, dan begitu pula pada 2022 karena jadwal yang padat.

William tampil formal mengenakan setelan jas beludru warna biru gelap dengan kerah dramatis dan kantung putih di dada. Ia memadankannya dengan kemeja yang dikancingkan sampai leher dan dasi kupu-kupu. Menggenapi penampilannya, ia mengenakan sepatu resmi.

 

Mengutip The Sun, Senin (19/2/2024), William sempat melambaikan tangan, menyapa para penggemarnya saat berjalan di karpet merah. Ia terlihat berbincang dengan sejumlah tamu, termasuk mantan Kapten Timnas Inggris David Beckham. 

Kepada wartawan, William mengaku belum sempat menonton film-film yang dinominasikan di BAFTA Awards karena kesibukan mengurus keluarga pasca-operasi istrinya. "Saya melakukan paling sedikit dari yang pernah saya lakukan sebelumnya. Dengan istri saya, ini sudah agak lama (menonton). . . mudah-mudahan kita bisa menyusul. Saya akan membuat daftar saya malam ini," celotehnya.

Meski begitu, William mengaku sebagai penggemar berat Christopher Nolan sehingga akan senang jika Oppenheimer memenangkan penghargaan tersebut. Putra mahkota Inggris itu juga menyebut Kate Middleton sangat sedih melewatkan acara tersebut.

Dia mengatakan kepada Elaine Bedell, kepala eksekutif Southbank Centre, "Dia sangat menyukai BAFTA."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Acara Publik Pertama Usai Harry Diwawancarai Media AS

William juga mengaku belum pernah menonton film Barbie yang juga mendapat nominasi dalam acara penghargaan tersebut lewat Margot Robby dalam kategori Aktris Terbaik. Ia mengatakan ingin menontonnya seraya menyebut ada 'banyak penggemar yang berpendapat' di luar Royal Festival Hall.

Melalui media sosial setelah penghargaan tersebut, ia menulis, "Malam yang luar biasa! Saya merasa terhormat bisa menghadiri perayaan keunggulan film global terbesar di Inggris."

David Tennant akan menjadi tuan rumah acara Southbank Center untuk pertama kalinya. Penghargaan akan diberikan oleh para bintang termasuk David Beckham, Dua Lipa, Hugh Grant dan Idris Elba.

Ini adalah pertama kalinya William terlihat sejak Harry mengumumkan bahwa 'ia mencintai keluarganya' dalam wawancara bersama Good Morning America di Kanada. Di negara itu, ia menghadiri rangkaian peringatan acara Invictus Games 2025 yang akan digelar pada Februari tahun depan bersama Meghan Markle.

Kunjungan selama tiga hari itu diisi dengan pertemuan dengan beragam atlet veteran peran yang mengikuti kamp pelatihan olahraga musim dingin. Di samping itu, pasangan Sussex menghadiri acara gala dinner untuk mengenang soal Invictus Games.

 

3 dari 4 halaman

Isi Wawancara Pangeran Harry

Sebelumnya, Harry segera pulang ke kampung halaman dari Amerika Serikat begitu mendengar kabar Raja Charles III kena kanker.

"Aku langsung naik pesawat untuk menjumpainya sesegera mungkin," kata Pangeran Harry dalam program Good Morning America yang tayang Jumat, 16 Februari 2024, seperti dilansir dari E News.

Suami Meghan Markle ini menambahkan, "Aku sangat sayang keluargaku. Kenyataan bahwa aku bisa berangkat naik pesawat untuk pergi menemui dan menghabiskan waktu dengannya, membuatku sangat bersyukur."

Pangeran Harry bahkan optimistis hubungan keluarga mereka bisa merekat kembali. "Menurutku, sakit atau penyakit apa pun bisa mempersatukan keluarga," ujarnya.

Ketika ditanya soal kondisi sang ayah, Pangeran Harry enggan menjawab. Menurutnya, hal ini privasi bagi keluarganya. "Ini akan kusimpan di antara kami berdua saja," Pangeran Harry menegaskan. 

Raja Charles III sekitar seminggu lalu berterima kasih atas perhatian yang dicurahkan publik untuknya. "Seperti yang diketahui semua orang yang terkena kanker, pemikiran baik seperti itu adalah penghiburan dan dorongan terbesar," tuturnya, seperti dilansir dari kanal Global Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Kondisi Kesehatan Kate Middleton

Sementara itu, pihak Kerajaan Inggris memastikan bahwa operasi perut yang dijalani Kate Middleton pada 16 Januari 2024 di The Loncon Clinic berjalan sukses. Meskipun diagnosisnya dirahasiakan, diagnosisnya diketahui tidak bersifat kanker.

Meski begitu, Istana Kensington menyatakan bahwa Kate harus tinggal di rumah sakit hingga dua minggu untuk merawat kondisi kesehatannya. Setelah 13 hari di The London Clinic, Putri Kate kembali ke Windsor pada Senin, 5 Februari 2024 tempat dia akan melanjutkan pemulihannya.

Dia diperkirakan baru akan kembali menjalankan tugas kerajaan setelah Paskah, kata pihak istana. "Putri Wales menghargai ketertarikan yang dihasilkan oleh pernyataan ini. Dia berharap masyarakat akan memahami keinginannya untuk menjaga sebanyak mungkin keadaan normal bagi anak-anaknya; dan keinginannya agar informasi medis pribadinya tetap bersifat rahasia," kata Istana Kensington dalam pernyataannya.

Pihak kerajaan pun membantah pemberitaan media Spanyol yang menyebut Kate mengalami koma pasca-operasi perut. Mengutip dari laman People, Sabtu (3/2/2024), pemberitaan yang salah itu bermula saat jurnalis Concha Calleja mengklaim di program berita populer Spanyol Fiesta bahwa Putri Kate (42) dalam keadaan koma karena komplikasi, menurut laporan The Times.

"Para dokter harus mengambil keputusan drastis pada saat itu karena komplikasi yang timbul," katanya, menurut The Times.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.