Sukses

Fun & Fact Sambal Terasi: Asal, Manfaat, Cita Rasa hingga Rekomendasi Menu Makanan

Sekarang kamu bisa merasakan kelezatan sambal terasi kapan saja tanpa perlu repot ngulek sendiri dengan ABC Sambal Nusantara varian Sambal Terasi lho

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia dikenal dengan budaya makannya yang cukup unik. Bagi mereka, rasanya kurang afdol jika tidak menambahkan sambal ke dalam piring berisi nasi dan lauk pauk. Berdasarkan berbagai survei dan pemberitaan, sambal terasi selalu menjadi sambal terfavorit karena dinilai mempunyai cita rasa yang unik sehingga cocok untuk menjadi pelengkap di segala jenis makanan. 

Salah satu sambal enak dan menggugah selera adalah sambal terasi dari ABC, yaitu ABC Sambal Nusantara Terasi yang merupakan salah satu sambal terasi favorit dari sebagian besar kalangan. Enaknya kalau sekarang, kamu bisa merasakan kelezatan sambal terasi kapan saja tanpa perlu repot ngulek sendiri dengan ABC Sambal Nusantara varian Sambal Terasi lho! Hal Ini karena ABC Sambal Nusantara Terasi merupakan kreasi sambal terasi ala rumahan dalam kemasan pertama di Indonesia.

ABC Sambal Nusantara Terasi dibuat dengan 100% bahan pilihan asli Indonesia*, seperti terasi segar, cabai rawit merah, dan bawang merah. Ketiga bahan tersebut diolah melalui beberapa proses. Salah satunya dengan cara penggilingan tradisional sehingga menghasilkan cita rasa dan aroma yang terbaik.

ABC Sambal Nusantara Terasi ini memiliki cita rasa yang sangat otentik sehingga cocok untuk dihidangkan dengan berbagai macam menu andalan rumah. Sebagai pelengkap dalam makanan, sambal diyakini dapat meningkatkan selera makan karena mengandung cabai yang dapat merangsang produksi hormon endorphin, yang mampu membangkitkan rasa nikmat dan bahagia saat momen bersantap ria. Sehingga, nafsu makan pun bisa bertambah. Perpaduan antara terasi yang gurih dengan cabai merah yang pedas menjadikan sambal terasi memiliki cita rasa yang khas.

Menariknya, gak hanya Sambal Terasi saja yang dibuat dalam kemasan sachet, ABC Sambal Nusantara memiliki 4 varian sambal lain yang rasa dan aromanya otentik. Seperti Sambal Geprek, Sambal Hijau, Sambal Rendang, dan Sambal Teri. Kelima varian ABC Sambal Nusantara terinspirasi dari kekayaan kuliner Indonesia yang dapat membuat masakan sehari-hari keluarga menjadi lebih nikmat!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Asal Usul Sambal Terasi

Berdasarkan sejarah, terasi sudah ada sejak jaman kerajaan Singhapura, sebuah kerajaan yang bertahta di wilayah Temasek. Pada saat itu, raja dari Tiongkok datang menuju Cirebon yang terkenal dengan komoditas unggulannya, yakni udang rebon. Melihat adanya peluang, tercetuslah ide untuk mengolah udang menjadi terasi. Terasi diyakini memiliki nilai jual tinggi dan banyak diminati oleh masyarakat. Sejak saat itu, terasi banyak dijadikan sebagai bumbu di berbagai macam masakan, termasuk sambal terasi sebagai panganan khas Sunda.

Seiring perkembangannya, bukan hanya terasi Cirebon yang terkenal, hampir semua kota-kota pantai di Indonesia punya terasi yang enak. Dari bangka, belitung, rembang, tuban, madura, hingga lombok.

2. Manfaat Sambal Terasi

Melansir Klikdokter, sambal terasi kaya akan kandungan protein, vitamin D dan B, serta mengandung sedikit lemak jenuh. Terasi juga mengandung beberapa zat baik, seperti antioksidan astaxanthin, selenium, fosfor, vitamin B12, dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk mencegah jenis penyakit tertentu. Selain rasanya yang enak, ternyata sambal terasi juga menyehatkan ya!

Terasi juga tergolong rendah kalori dan tinggi protein, ini bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet penurunan berat badan. Terasi memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan penelitian mengatakan bahwa terasi dapat membantu melindungi gigi dari pembusukan. Terasi yang dibuat dari udang mengandung sejumlah besar selenium yang memainkan peran kunci dalam mencegah jenis kanker tertentu.

Untuk membuat sambal terasi ala rumahan, ini ada salah satu resep menarik bisa bisa kamu coba langsung.

Bahan-bahan: 

  • 5 buah Cabai Merah Keriting
  • 2 buah Cabai Rawit Putih
  • 1 siung Bawang Putih
  • 2 siung Bawang Merah
  • 1/2 buah Tomat Merah
  • 1/4 sdt Terasi Udang
  • 1/2 sdt Garam
  • 1 sdt Gula Pasir

Cara Membuat:

  1. Kupas bawang merah dan putih
  2. Buang tangkai cabai 
  3. Cuci bersih semua bahan, lalu potong-potong dengan ukuran besar
  4. Panaskan minyak, kemudian goreng cabai, bawang, dan tomat sekitar 2 menit
  5. Setelah semua bahan matang, ulek cabai dan bawang bersama garam, kemudian gula dan terasi
  6. Terakhir, masukan tomat, ulek sampai rata
  7. Sambal terasi siap dinikmati

Resep sambal terasi di atas cocok untuk menemani hidangan ikan bakar dan menu favorit kamu yang seperti Ayam Penyet, Ikan Goreng, Daging Gepuk, hingga Tahu dan Tempe  Nah, agar menyajikan sambal terasi lebih praktis dan mudah dibawa ketika bepergian, ABC Sambal Nusantara Terasi dapat menjadi alternatif yang dapat melengkapi menu makanmu karena rasanya yang nikmat dan otentik ala rumahan.

Selain Sambal Nusantara Terasi, kamu juga bisa cobain varian lain dari produk Sambal Nusantara lainnya. Ada 5 varian yang bisa kamu coba, yaitu ABC Sambal Nusantara Geprek, ABC Sambal Nusantara Rendang, ABC Sambal Nusantara Teri, ABC Sambal Nusantara Hijau, dan yang paling favorit yaitu ABC Sambal Nusantara Terasi. 

Untuk menemani menu makan dan menjawab rasa penasaranmu, kamu bisa dapetkan ABC Sambal Nusantara Terasi di toko-toko terdekat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.