Sukses

Potret Kekompakan Kartika Sari Dewi dengan Putranya bak Bestie, Paras Cucu Soekarno Curi Perhatian

Baru-baru ini, Kartika Sari Dewi berbagi momen kelulusan putranya, Frederik Kiran Soekarno Seegers, dari sebuah sekolah swasta bergengsi di Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Kartika Sari Dewi Soekarno jadi salah satu figur publik yang rajin berbagai sederet momen di akun media sosial. Di antaranya, ibu berusia 57 tahun ini acap kali memperlihatkan momen kebersamaan dengan putranya, Frederik Kiran Soekarno Seegers.

Seperti baru-baru ini, Kiran diungkap baru saja lulus dari Sevenoaks School, sebuah sekolah coedukasi bergengsi di Kent, Inggris. Kartika menulis unggahan, Senin, 20 Mei 2024, dalam Bahasa Inggris yang artinya, "Kemarin, wisuda Kiran Sekolah Sevenoaks, angkatan 2024. (Kami) sangat berterima kasih kada Dr. Findley yang merupakan housemaster terbaik yang dapat kami harapkan dalam beberapa tahun terakhir dan untuk ibu saya yang terbang dari Tokyo."

Sebelumnya, saudara seayah Megawati Sukarnoputri ini sudah lebih dulu berbagi banyak momen dengan putranya. Di salah satu fotonya, mereka tampak merayakan Idulfitri, dengan Kartika berkabaya putih, sementara putranya tampil necis dengan kemeja biru muda berpadu jas berwarna gelap.

"Mohon Maaf lahir dan batin #eidmubarak #today," tulisnya sebagai keterangan unggahan.

Kendati tinggal di Inggris, Kartika sepertinya tidak ingin putranya tidak tahu akar keluarga mereka. Karena itu, ia mengajak Kiran "menyapa" kakeknya, Soekarno, di De Nieuwe Kerk, Amsterdam, Belanda. "Hello Papa, Museum outing with Kiran @denieuwekerk #goodfriday," ungkapnya di keterangan unggahan yang dibagikan pada 29 Maret 2024.

Di momen itu, ibu anak tersebut tampak berdiri bersisian dan tersenyum ke arah kamera. Sementara Kartika tampil cukup mencolok dengan sentuhan oranye dalam busananya, Kiran memilih warna-warna netral berpadu celana jins.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadiri Berbagi Momen Bersama

Di kesempatan berbeda, Kartika dan putranya tampak makan di luar, sesuatu yang cukup sering mereka lakukan, merujuk sejumlah unggahan Instagram-nya. Di foto bersebelahan, ia tampil menawan memakai kemeja satin putih yang memberi kesan elegan, namun tidak terlalu mencolok.

Di sampingnya, remaja berusia 17 tahun itu dengan cermat memperlihatkan gaya busana bertumpuk monotone biru berpadu celana panjang cream yang kalem. Merujuk unggahan keterangan, mereka makan di CLAP London, sebuah restoran Jepang di ibu kota Inggris.

Keduanya juga tampak menghadiri acara formal bersama. Salah satunya bertempat di Paris, membuat ibu-anak ini kompak dalam ansambel berpalet warna netral. Kartika tampil berbalut gaun panjang hitam tanpa lengan, sementara Kiran tampil rapi dengan setelan jas berwarna serasi, kemeja putih, dan dasi kupu-kupu.

Tatanan serupa, minus dasi kupu-kupu, juga diperlihatkan Kiran saat Kartika berbagi momen Natal tahun lalu. Berbeda dari putranya, ia memakai gaun merah, warna yang identik dengan perayaan itu, dipadankan stocking hitam dan pointed toe heels mencolok.

3 dari 4 halaman

Liburan ke Jepang

Kartika dan Kiran juga menghabiskan waktu di Jepang, negara tempat tinggal Dewi Soekarno. Selayaknya pelancong, mereka menyambangi sejumlah destinasi wisata populer di Negeri Sakura.

Salah satunya, keduanya berbagi momen saat berjalan-jalan di Hokokuji Bamboo Forest. Sementara Kiran nyaman dengan warna-warna tidak mencolok pada busananya, ibunya memberi sedikit sentuhan yang "menghidupkan," melalui syal oranye berpadu busana serba hitamnya.

Di setiap foto berama Kiran, ada saja warganet yang memuji paras cucu Soekarno itu. "Makin gede makin ganteng ya. Baik juga selalu temenin ibunya," ungkap salah satu warganet. "Kompak banget kalian. Ibunya cantik, anaknya ganteng," puji yang lain.

"Alis sama matanya Kiran kayak mirip Soekarno. Mirip Bu Kartika juga biar vibesnya bule," menurut seorang pengguna. "Gemes banget liat kalian ke mana-mana bareng. Mumpung masih bisa kencan sama anak sendiri ya bu, nanti kalo udah punya pacar mah tinggal senyum-senyum aja," ungkap akun Instagram lain.

4 dari 4 halaman

Anak Semata Wayang

Mereka memang hanya memiliki satu sama lain, karena suami Kartika, Frits Frederik Seegers, telah mengembuskan napas terakhir pada 3 Februari 2021 di Bali. Kabar kepergiannya disampaikan Triawan Munaf melalui akun Instagram pribadi. Mantan Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terlihat mengunggah potret Kartika bersama suami dan putra mereka.

"Turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Bapak Frits Frederik Seegers, suami tercinta dari Karina Kartika Soekarno, ayah tercinta dari Kiran Seegers, malam ini di Bali," tulisnya. Triawan turut memanjatkan doa untuk almarhum agar diberikan tempat yang mulia di sisi Pencipta, dimaafkan segala kekhilafannya, dan dilipatgandakan semua amal kebaikannya sampai akhir hayatnya di dunia.

"Semoga Karina dan Kiran diberi kekuatan dan keikhlasan untuk menerima cobaan ini. Aamiin," tutupnya.

Kartika Soekarno, yang merupakan putri Presiden Sukarno dengan Ratna Sari Dewi Soekarno, menikah dengan Presiden Citibank Eropa, Frits Frederik Seegers, dari Belanda pada 2 Desember 2005. Pernikahan mereka dikaruniai seorang putra, Frederik Kiran Soekarno Seeger.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini