Sukses

12 Cara Numbuhin Rambut Cepat dan Alami, Dijamin Lebat Tak Pakai Ribet!

Cara numbuhin rambut cepat menjadi langkah yang kerap dilakukan oleh banyak orang, terutama perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Cara numbuhin rambut cepat menjadi langkah yang kerap dilakukan oleh banyak orang, terutama perempuan. Langkah tersebut digunakan untuk mengatasi kerusakan pada kulit kepala yang kerap menjadi permasalahan serius.

Tak jarang, sebagian perempuan pun mengeluhkan pertumbuhan rambut yang cenderung lambat karena faktor-faktor tertentu seperti menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan yang salah, kurang asupan nutrisi dalam tubuh, dan pola hidup yang tak sehat.

Jika kamu mengalami permasalahan yang serupa dan bingung bagaimana cara numbuhin rambut cepat, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut yang sehat, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa memulainya dengan memastikan pola makan yang seimbang dan kaya akan nutrisi terlebih dahulu. So, berikut ini bahan-bahan alami untuk memastikan cara numbuhin rambut cepat bisa berhasil!

1. Lidah Buaya

Siapa sih yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini? Pasti dari kalian sering dengar kalau lidah buaya memiliki banyak khasiat, terutama untuk kecantikan.

Dengan kandungan enzim proteolitik, lidah buaya bisa jadi salah satu cara numbuhin rambut cepat, karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati dari kulit kepala sehingga rambut dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Di samping itu, kandungan nutrisi dan enzimnya pun dapat merangsang folikel rambut. 

Nah, selain itu, lidah buaya juga dapat menyeimbangkan pH kulit kepala karena adanya kandungan zat-zat alami, seperti enzim, mineral, dan vitamin di dalamnya. Manfaat yang diberikan lidah buaya tak hanya mempertahankan keutuhan tiap helai rambut saja, tetapi juga bikin rambut tumbuh dengan sehat, lembut, dan berkilau.

2. Kemiri

Candlenut atau yang biasa kita kenal dengan kemiri memang lebih sering dipakai ibu-ibu untuk bumbu dapur atau bahan masakan. Meski begitu, nyatanya kemiri juga bisa kamu gunakan sebagai cara numbuhin rambut cepat, lho.

Dengan kandungan zat asam di dalamnya, minyak yang dihasilkan kemiri dapat membantu pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat, lebat, dan lebih kuat. Selain itu, minyak kemiri juga mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk Omega-3, Omega-6, dan Vitamin E, yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan rambut.

Kandungan Vitamin E dalam minyak kemiri dapat membantu melindungi rambut dari paparan sinar UV dan polusi udara yang bikin rambut jadi kering dan rusak.

3. Minyak Kelapa

Sama seperti minyak kemiri, kandungan asam lemak dalam minyak kelapa dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Minyak yang berasal dari biji buah kelapa ini juga mengandung asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat yang punya sifat antimikroba, antijamur, antibakteri, dan antivirus.

Jadi, kalau rutin mengoleskan minyak kelapa ke rambut, maka rambutmu tak hanya tumbuh sehat dan cepat, tetapi juga terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

4. Minyak Camellia

Bahan alami ini berasal dari ekstrak biji bunga camellia. Di dunia kecantikan, minyak camellia bisa kamu gunakan sebagai cara numbuhin rambut cepat.

Minyak ini juga memiliki beragam manfaat yang dapat melembapkan, menguatkan, serta merangsang pertumbuhan rambut yang sehat dan lebat. Minyak camellia mengandung kaya akan kandungan Asam Oleat (Omega 9) hingga 80%, antioksidan polifenol, vitamin A, D, C, & E (Tokoferol) sehingga sangat baik untuk pertumbuhan rambut.

Dengan rutin mengoles dan memijat minyak camellia ke kulit kepala, maka dapat meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Ketika sirkulasi darah lancar, rambutmu dapat tumbuh dengan baik, cepat, dan lebat.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang telah lama dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut. Bahan alami ini bisa jadi salah satu cara numbuhin rambut cepat karena kaya akan kandungan yang baik untuk kulit kepala.

Vitamin E, asam lemak, dan antioksidan yang terkandung dapat membantu menguatkan akar rambut, meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, dan menjaga kelembapan kulit kepala. Untuk menumbuhkan rambut dengan cepat dan sehat, kamu bisa rutin menggunakan minyak zaitun.

Caranya, oleskan minyak zaitun ke kulit kepala dan tiap helai rambut secara teratur, kemudian membiarkannya meresap sebelum dibilas dengan air bersih.

6. Seledri

Sudah tahu kalau seledri kaya akan kandungan zat yang baik untuk menumbuhkan rambut dengan cepat? Yup, kandungan vitamin A, vitamin C, mineral, antioksidan, dan beta-karoten yang terkandung di dalamnya dapat membantu memelihara kulit kepala yang sehat dan membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat.

Di samping itu, seledri juga memiliki kandungan silikon yang diyakini dapat memperkuat rambut. Jadi, ketika kamu rajin mengonsumsi seledri atau menggunakannya sebagai masker, dapat membantu mendukung pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

7. Konsumsi Omega 3 dan 6

Omega 3 dan 6 punya segudang manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambutmu. Kandungan ini sebenarnya merupakan salah satu jenis asam esensial yang dapat membantu menjaga kulit kepala agar lebih sehat serta memperkuat batang rambut.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega 3 dan 6, seperti ikan, tahu, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan produk susu, dapat membantu pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan sehat.

8. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang kuat, terutama katekin, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan kerusakan.

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga rambutmu bisa tumbuh dengan lebat dan sehat. Jadi, minum teh hijau secara teratur dapat menjadi tambahan yang baik untuk mendukung pertumbuhan rambut yang cepat dan kuat.

9. Cuka Apel

Mungkin banyak yang sudah familiar sama bahan yang satu ini untuk perawatan wajah hingga penurunan berat badan. Namun, kamu tahu nggak sih kalau cuka apel yang super duper ‘ajaib’ dan serba bisa ini juga berguna untuk cara numbuhin rambut cepat? Cuka apel atau apple cider vinegar bisa kamu gunakan sebagai pengganti sampo, lho!

Kandungan Vitamin B, C, dan mineral dapat membantu menutrisi yang cukup pada kulit kepala, sehingga mendukung pertumbuhan rambut dengan cepat, serta dapat mencegah masalah-masalah pada rambut, seperti kerontokan yang parah dan ketombe.

10. Minyak Jarak

Minyak jarak dikenal karena memiliki berbagai manfaat untuk rambut, termasuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini karena minyak jarak mengandung asam lemak dan vitamin yang baik untuk kesehatan rambut. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan ke kulit kepala dan rambut, biarkan selama beberapa jam atau semalaman sebelum dicuci bersih.

11. Ginseng

Ginseng mengandung sejumlah senyawa yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, termasuk ginsenosides, polisakarida, dan asam amino. Ginsenosides, khususnya, telah terbukti mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang dapat membantu menyehatkan folikel rambut dan pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Polisakarida dalam ginseng juga dapat menghidrasi kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Penting untuk memilih produk perawatan rambut yang mengandung ekstrak ginseng berkualitas tinggi untuk mendapatkan manfaat terbaik.

12. Kayu Manis

Antioksidan dalam kayu manis dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan, sementara sifat antiinflamasi dapat membantu mengurangi peradangan di kulit kepala yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut.

Selain itu, sifat antimikroba kayu manis juga dapat membantu mengontrol pertumbuhan jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan masalah kulit kepala. Jadi, bisa disimpulkan kalau kayu manis juga bisa jadi salah satu cara numbuhin rambut cepat dan alami.

Nah, jadi itu dia 12 cara numbuhin rambut cepat dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain menggunakan bahan-bahan di atas, kamu juga harus menjaga kebersihan kulit kepala dengan rutin mencuci rambut.

Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan masalah rambut yang dihadapi.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini