Sukses

Konsep Unik Pembagian Suvenir Pernikahan, Banyak Jenisnya dan Dipajang di Papan Seperti Hadiah Lotre

Yang membuatnya beda dari acara pernikahan lainnya adalah cara tamu undangan mendapatkan suvenir. Di pernikahan ini mereka mengambil suvenir dengan sistem undian atau lotre cabutan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai konsep pesta pernikahan, mulai dari yang paling sederhana sampai yang sangat mewah. Ada juga orang yang mengkonsep pesta pernikahannya seunik mungkin. Dari mulai desain panggung yang ada celah 'underpass', pakaian nyeleneh untuk akad, desain pelaminan, sampai memilih suvenir yang antimainstream.

Konsep unik itu juga dilakukan pada pesta pernikahan yang tengah viral baru-baru ini. Dilansir dari akun TikTok @mbegidak2, Minggu, 16 Juni 2024, pemilik akun ini membagikan video yang memperlihatkan momen tidak biasa pada pesta pernikahan sepasang pengantin.

Dalam video tersebut, pemilik akun yang menjadi tamu undangan dalam hajatan tersebut awalnya terlihat seperti tamu undangan pada umumnya. Ia menghampiri pelaminan untuk bersalaman bersama pengantin, berfoto, dan mengabadikan beberapa momen lewat rekaman video.

Tahap selanjutnya yang membuatnya beda dari acara pernikahan lainnya adalah cara para tamu undangan mendapatkan suvenir. Jika biasanya suvenir dibagikan di meja tamu undangan, di pernikahan ini mereka mengambil suvenir dengan sistem undian atau lotre cabutan. Persis seperti di tukang mainan anak di Sekolah Dasar (SD).

Bagi mereka yang bersekolah di era 80an dan 90-an rasanya sudah akran dengan lotre seperti ini. "Ke kondangan dapat suvenir. Ke kondangan dapat KOLAS (lotret)," tulis pemilik akun. Setiap tamu undangan akan dapat nomor untuk mengambil suvenir ketika sampai di lokasi.

Setelah itu mereka akan menukarkan nomor tersebut dan mencocokkannya dengan papan cabutan seperti yang diperlihatkan dalam video. Masing-masing nomor ternyata punya suvenir yang berbeda-beda.

Ada yang mendapat gantungan kunci, payung, perabotan rumah hingga alat elektronik seperti hair dryer. Tak hanya satu, ada yang mendapat dua sampai tiga suvenir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengajak Tamu Undangan Bernostalgia

Melihat momen pernikahan yang unik ini, warganet pun meramaikan dengan menuliskan berbagai reaksinya di kolom komentar. Salah satunya menyebut kalau suvenir menggunakan kolas atau lotre cabutan ini seperti mengajak para tamu undangan bernostalgia ke masa kecil.

"Ya Allah, kata "kolas" (lotre) yang sudah lama tak kudengar," komentar seorang warganet.

"Kolas itu artinya undian. Kalo jaman saya kecil beli permen kolas, di permennya ada nomer hadiahnya. hadiahnya bisa mobil-mobilan yang kecil, jajanan, atau balon," terang warganet lain.

"Inspiratif. Aku juga pas nikahan pengen bikin kayak gini dan ayam warna-warni,” ujar yang lain.

"Bagus nih ada alesan buat nolak ibuk ibuk yg kalo minta souvenir 2-3 🤣,” timpal warganet lainnya.

"deskjob baru di kawinan..jaga stand sovenir 😂,” kata warganet yang lain.

Beberapa waktu lalu juga pernah viral tamu undangan mendapatkan suvenir unik viral di media sosial. Dalam video yang diunggah pemilik akun TikTok @iilmafitri, terlihat saat seorang tamu undangan menghadiri pesta pernikahan kerabatnya mendapatkan sebuah suvenir berupa bibit tanaman.

 

3 dari 4 halaman

Bibit Tanaman Jadi Suvenir Pernikahan

"Kartu pengambilan suvenir pernikahan. NB: tukarkan kartu ini saat hendak meninggalkan tempat acara. The Wedding Novi & Hanif" itulah yang tertulis pada kartu ini," tulis keterangan unggahan pada Senin, 27 November 2023.

Tidak ada keterangan soal pasangan yang memberikan suvenir ramah lingkungan tersebut, tapi dalam video singkat ini seorang wanita memperlihatkan momen dirinya mendapatkan kartu untuk mengambil bibit tanaman. Dalam video itu juga terlihat beberapa tamu undangan pernikahan sedang mengantre untuk menukarkan kartu suvenir dengan bibit tanaman yang sudah disiapkan oleh pasangan pengantin.

Bukan berada di bawah tenda pernikahan, tempat pengambilan suvenir terletak di luar. Ada banyak bibit tanaman yang berjajar di tempat pengambilan suvenir ini, yang salah satunya seperti bibit pohon jambu. Para tamu undangan sepertinya dibebaskan untuk mengambil jenis bibit tanaman yang akan dibawa pulang.

Seorang pria berbaju batiktampak menjaga tempat pengambilan suvenir ini. Ia bertugas mengambilkan bibit tanaman untuk para tamu undangan.

"Para tamu silahkan ambil suvenir," tulis sebuah keterangan dalam video tersebut. Video itu pun viral dan menuai banyak komentar warganet. Tak sedikit yang menyebut, pasangan pengantin ini kreatif dan merupakan sosok pecinta alam sejati.

4 dari 4 halaman

Kondangan Rasa Pesta Rakyat

Konsep pernikahan unik lainnya pernah dibagikan dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @kamikisah_. Dalam video tersebut, dekorasi yang digunakan bukan hanya sekadar bunga, tapi juga berupa buah dan sayuran segar.

"Kondangan rasa pasar rakyat check," tulis pemilik akun pada keterangan unggahan, pada Senin, 26 September 2022. Tampak dalam video, resepsi pernikahan yang diadakan di salah satu gedung di Surabaya, Jawa Timur ini mirip pasar rakyat. Ada berbagai sayur dan buah yang ditata rapi berpadu dengan dekorasi yang ada.

Dekorasi buah dan sayur diletakkan mengelilingi bunga yang ada di meja dan di panggung pelaminan. Ada buah-buahan seperti jeruk, anggur, nanas, serta sayuran seperti tomat, lobak, kacang panjang dan wortel berjejer rapi.

Menariknya, semua sayur dan buah-buahan yang tersedia bebas diambil oleh para tamu undangan tanpa terkecuali. Bahkan pengisi acara juga ikut memilih dan membungkusnya."Tinggal angkut, kapan lagi belanja nggak bayar ya kan," tulis pemilik akun dalam unggahannya tersebut.

Tidak hanya ibu-ibu, bapak-bapak yang menghadiri resepsi pun tampak antusias memilih sayur dan buah. Mereka memasukkannya ke dalam keranjang untuk dibawa pulang. Semua tamu tampak bahagia setelah mengambil sayur dan buah yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.