Sukses

Cara Numbuhin Rambut Cepat, Perawatan yang Baik dan Pola Hidup Sehat Jadi Kuncinya

Cara numbuhin rambut cepat dan tepat haruslah diupayakan dari diri sendiri. Hal ini bisa dimulai dengan merawat rambut yang benar dan menjalankan pola hidup yang lebih baik serta sehat.

Liputan6.com, Jakarta Cara numbuhin rambut cepat seperti apa yang bisa diterapkan apabila mengalami masalah kebotakan? Mungkin hal ini sering dipertanyakan oleh banyak orang, terutama yang sudah berkutat dengan masalah rambut rontok berlebihan sejak lama. Perlu diketahui bahwa cara numbuhin rambut cepat dan tepat haruslah diupayakan dari diri sendiri. Hal ini bisa dimulai dengan merawat rambut yang benar dan menjalankan pola hidup yang lebih baik serta sehat.

Sebagai informasi, kebotakan sendiri memang sering dikaitkan dengan masalah rambut rontok yang banyak. Sebab, rambut yang terlalu sering berguguran bisa banget menyebabkan kebotakan di area-area tertentu di kepala. Lalu, kenapa rambut rontok banyak? Ada banyak alasan mengapa masalah rambut ini bisa terjadi. Mulai dari sering melakukan kebiasaan jelek yang bisa merusak rambut, tidak memberikan perawatan yang maksimal pada rambut, faktor gen, karena penyakit dan tindakan medis tertentu, dan seterusnya. 

Untuk kebotakan akibat faktor gen sendiri mungkin akan sulit diatasi, namun bila kamu ingin mencoba cara numbuhin rambut cepat akibat pola hidup yang kurang baik, maka ada banyak tips yang bisa ditempuh. Misalnya saja, kamu bisa menumbuhkan rambut dengan alami seperti rajin olahraga, beristirahat yang cukup, memilih makanan untuk rambut rontok, hingga menggunakan bahan-bahan alami yang berkhasiat. Selain itu, penggunaan produk perawatan rambut pun bisa diterapkan biar rambut sehatmu cepat sembuh dan bikin penampilan jadi lebih maksimal.

Nah, bagi yang penasaran bagaimana cara menumbuhkan rambut dan tepat, intip saja langsung informasi lebih lengkapnya berikut ini. Apa saja, ya?

1. Perbanyak Asupan Nutrisi yang Seimbang

Tahukah kamu bahwa memulai cara numbuhin rambut cepat yang tepat bisa dilakukan dengan memperbanyak asupan nutrisi yang seimbang. Kondisi rambut yang baik nyatanya tidak hanya dipengaruhi oleh perawatan eksternal seperti sampo dan kondisioner, tetapi juga sangat bergantung pada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang tepat, pertumbuhan dan kesehatan rambut akan bisa tetap terjaga.

Untuk cara numbuhin rambut cepat seperti ini, maka kamu wajib memilih makanan untuk rambut rontok yang bergizi. Pilihlah makanan untuk rambut rontok yang mengandung vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, B Kompleks, C, E, Zinc, dan Zat Besi. Lalu, pilih juga makanan yang dilengkapi dengan asam lemak esensial, seperti omega-3 dan omega-6 yang dapt ditemukan pada kacang-kacangan hingga ikan berlemak. Menumbuhkan rambut dengan alami menggunakan tips seperti ini pastinya bukan hanya bisa mengubah rambutmu jadi lebih sehat dan kuat, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

2. Perbanyak Asupan Protein

Jika ingin rambut tetap kuat, bebas rontok, dan terhindar dari kebotakan, maka kamu wajib memperbanyak asupan protein. Nutrisi penting ini nyatanya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara numbuhin rambut cepat dalam 1 minggu. 

Ya, makanan untuk rambut rontok yang tinggi akan protein sendiri memiliki peranan yang penting dalam mendukung pertumbuhan dan kesehatan rambut. Selain itu, protein juga dapat mencegah agar rambut tidak rontok dan memperbaiki kerusakan rambut akibat pemakaian alat-alat pemanas. Untuk menerapkan cara numbuhin rambut cepat, kamu bisa langsung saja memilih makanan yang kaya akan protein seperti ikan salmon, udang, telur, dan daging tanpa lemak. Bisa pula dengan rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung protein di dalamnya.

3. Konsumsi Vitamin B5 dan Biotin

Bagaimana cara menumbuhkan rambut yang selanjutnya? Jawabannya adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin B5 dan Biotin atau vitamin B7, yang dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan rambut. Vitamin B5 bisa dimanfaatkan sebagai cara numbuhin rambut cepat karena salah satu khasiat utamanya yaitu memperkuat rambut dan kerontokan. Selain itu, vitamin B5 juga mampu bikin kulit kepala jadi lebih sehat dan lembap.

Sama seperti vitamin B5, Biotin atau B7 juga memiliki ragam khasiat untuk menumbuhkan rambut dengan alami. Rutin mengonsumsi Biotin ternyata dapat membuat rambut lebih minim mengalami kerontokan, membuatnya lebih lebat, bantu jaga kilau alaminya, memperbaiki struktur rambut, hingga mencegah kerusakan yang menyebalkan. 

4. Jaga Kebersihan Kulit Kepala dengan Rutin Keramas

Agar rambut tidak rontok dan bisa cepat tumbuh, maka menjaga kebersihan kulit kepala pun jadi hal yang wajib diperhatikan. Tahukah kamu bahwa rambut yang bersih dan sehat normalnya bisa tumbuh sepanjang 2,45 mm atau 0,1 inci dalam seminggunya. Namun, apa jadinya bila kebersihan kulit kepala tak dijaga? Apakah menumbuhkan rambut dalam 1 minggu masih memungkinkan? Tentu saja tidak.

Bagaimana cara menumbuhkan rambut yang benar pastinya melibatkan kebersihan dan kesehatan kulit kepala. Dengan keramas yang rutin menggunakan sampo untuk rambut rontok, kamu tidak hanya membersihkan rambut tetapi juga kulit kepala. Membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak berlebih, dan residu produk perawatan rambut tentunya dapat mencegah penyumbatan folikel rambut. Nah, folikel yang bersih dan tidak tersumbat ini akan lebih mampu mendukung pertumbuhan rambut baru yang lebih kuat.

Perlu kamu ketahui juga bahwa produk sampo untuk rambut rontok tertentu juga mengandung bahan-bahan yang menutrisi kulit kepala, seperti vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit kepala. Misalnya, shampo dengan kandungan biotin, keratin, dan niacin dapat memperkuat folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

5. Gunakan Kondisioner Sehabis Keramas

Bagaimana cara menumbuhkan rambut dengan cepat selanjutnya? Jawabannya adalah dengan menggunakan kondisioner. Sehabis keramas dengan sampo untuk rambut rontok, kamu bisa lanjut ke pemakaian kondisioner sebagai salah satu cara menumbuhkan rambut dalam 1 minggu. Pasalnya, produk perawatan yang satu ini memiliki ragam manfaat untuk mendukung tumbuhnya rambut sehat dan kuat.

Kondisioner dirancang untuk memberikan kelembapan dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Kandungan bahan-bahan seperti protein, vitamin, dan minyak alami dalam kondisioner membantu menjaga kelembutan dan kekuatan rambut. Rambut yang cukup lembap dan ternutrisi cenderung lebih kuat dan tidak mudah patah, yang merupakan faktor penting dalam proses pertumbuhan rambut panjang.

6. Rutin Mengaplikasikan Vitamin Rambut 

Bagaimana cara menumbuhkan rambut yang baik? Tentunya penggunaan vitamin untuk rambut jadi hal yang penting. Vitamin untuk rambut sendiri memiliki banyak kegunaan dalam membantu menumbuhkan rambut dengan cepat. Misalnya saja seperti berperan penting dalam menciptakan folikel rambut baru dan memperbaiki folikel yang rusak.

Selain itu, vitamin rambut pun dapat menguatkan folikel rambut agar rambut tidak rontok. Penggunaan produk rambut ini, terutama ketika memakai alat-alat styling, juga bisa pula melindungi rambut dari suhu panas yang berlebih. Dengan berbagai manfaat baiknya, tentu membuat vitamin rambut wajib dimasukkan ke dalam rangkaian perawatan sehari-hari.

7. Lakukan Eksfoliasi Kulit Kepala

Cara cepat menumbuhkan rambut kepala berikutnya adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi. Tindakan menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari kulit kepala ini dapat dilakukan dengan menggunakan produk khusus atau bahan alami. Sama seperti eksfoliasi pada wajah dan tubuh, eksfoliasi kulit kepala juga memiliki sejumlah manfaat penting, terutama dalam mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. 

Perlu diketahui bahwa kulit kepala yang kotor dapat menjadi salah satu alasan kenapa rambut rontok banyak. Sadar tidak sadar, ternyata penggunaan produk perawatan tertentu hingga penumpukan sebum bisa membuat pori-pori kepala tersumbat dan akhirnya membuat pertumbuhan rambut jadi kurang baik. Untuk itulah, kotoran tersebut harus rutin dibersihkan dengan cara eksfoliasi. 

Untuk menumbuhkan rambut dalam 1 minggu dengan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit kepala secara rutin 1-2 kali dalam seminggu. Gunakan produk-produk atau bahan-bahan yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi rambut kamu.

8. Tidur yang Teratur

Menumbuhkan rambut dengan alami bisa pula dilakukan dengan tidur yang teratur. Selain memberikan waktu istirahat yang dibutuhkan tubuh, tidur yang cukup dan berkualitas juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut. Salah satu manfaat tidur yang teratur adalah perbaikan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk membawa oksigen dan nutrisi ke folikel rambut. Dengan suplai darah yang memadai, folikel rambut akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain itu, tidur yang cukup juga membantu menurunkan tingkat stress dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Ketika hormon-hormon ini seimbang, pertumbuhan rambut dapat berlangsung dengan normal dan cenderung lebih kuat serta membuatnya agar rambut tidak rontok. Untuk cara cepat menumbuhkan rambut kepala ini, setidaknya kamu membutuhkan waktu istirahat selama 7-8 jam sehari. Selain itu, usahakan untuk tidak begadang dan tidur terlalu larut malam.

9. Jangan Stress

Salah satu alasan kenapa rambut rontok banyak dan sulit untuk tumbuh adalah karena stress yang menumpuk. Stress memang bagian dari kehidupan yang sulit untuk dihindari. Namun, mengelolanya dengan baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan rambut. 

Dengan mengurangi stres, kamu dapat memperpanjang fase pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan. Hasilnya, rambut baru dapat tumbuh lebih tebal dan lebih sehat. Selain itu, mengelola stress dengan bijak juga mampu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, sehingga menyediakan lingkungan yang lebih baik bagi folikel rambut untuk tumbuh dan berkembang.

Cara cepat menumbuhkan rambut kepala seperti ini juga gampang dicoba. Kamu hanya butuh meluangkan waktu untuk menenangkan dan menyenangkan diri sendiri. Mau itu meditasi di rumah, jalan-jalan ke destinasi favorit, hingga belanja sesuatu yang disuka bisa jadi bentuk healing untuk meredakan stress. Jika bisa mengatur level stress dengan baik, menumbuhkan rambut dalam 1 minggu pun tentu saja bisa diwujudkan. 

10. Gunakan Minyak Alami dan Pijat Ringan Kulit Kepala

Cara cepat menumbuhkan rambut kepala yang terakhir adalah dengan mengandalkan minyak alami dan memijat kepala dengan ringan. Menumbuhkan rambut dengan alami menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak jojoba yang kaya akan vitamin dan asam lemak esensial nyatanya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut biar lebih sehat dan kuat. 

Selain itu, minyak alami seperti minyak argan dan minyak almond diketahui juga sangat efektif dalam melapisi dan melindungi rambut dari kerusakan. Apabila ingin menutrisi dan melembapkan rambut, kamu bisa banget menggunakan minyak almond yang kaya akan vitamin A, D, E, dan B6, serta asam amino dan folat.

Untuk menggunakan berbagai minyak tersebut, kamu bisa langsung oleskan saja ke permukaan kulit kepala. Kemudian pijat perlahan di semua sisi biar peredaran darah lebih lancar dan bikin kulit kepala serta rambut jadi lebih sehat.

Nah, itu tadi sejumlah tips menumbuhkan rambut dengan cepat yang bisa kamu coba. Dengan menerapkan berbagai cara tersebut dan disertai dengan ketekunan, pasti rambutmu akan bisa tumbuh lebih sehat, kuat, berkilau, dan bebas dari bermacam kerusakan. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.