Sukses

Mikroplastik Pertama Kalinya Ditemukan di Penis Manusia, Gunakan Pasien Disfungsi Ereksi Sebagai Sampel Penelitian

Para ilmuwan untuk pertama kalinya menemukan mikroplastik di penis manusia. Tujuh jenis mikroplastik berbeda ditemukan dalam empat dari lima sampel jaringan penis pria yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, kontaminasi mikroplastik telah menjadi perhatian global. Ukuran dan massanya yang kecil dan mudah dibawa terbang oleh angin, menimbulkan kekhawatiran masuknya partikel tersebut ke dalam tubuh manusia.

Hal itu ternyata menjadi kenyataan. Mengutip CNN pada Kamis (20/6/2024), para ilmuwan pertama kalinya menemukan mikroplastik di penis manusia.

Tujuh jenis mikroplastik berbeda ditemukan dalam empat dari lima sampel jaringan penis pria yang berbeda. Sampel tersebut menjadi bagian dari penelitian yang diterbitkan dalam IJIR: Your Sexual Medicine Journal pada Rabu, 19 Juni 2024.

Mikroplastik adalah partikel plastik yang berukuran kurang dari 0,2 inci (5 milimeter) hingga 1/25.000 inci (1 mikrometer), sedangkan nanoplastik berukuran lebih kecil lagi yang harus diukur dalam sepermiliar meter. Mereka terbentuk ketika plastik yang lebih besar terurai, baik melalui degradasi kimiawi atau pengikisan fisik menjadi potongan-potongan kecil.

Beberapa partikel sangat kecil tersebut dapat menyerang sel dan jaringan individu di organ-organ utama, kata para ahli. Sudah banyak juga temuan yang membuktikan bahwa partikel-partikel tersebut semakin banyak terdapat di tubuh kita.

Penulis utama studi sekaligus seorang ahli urologi reproduksi yang melakukan penelitian saat bekerja di University of Miami, Ranjith Ramasamy, mengatakan kepada CNN bahwa dia menggunakan penelitian sebelumnya yang menemukan bukti mikroplastik di jantung manusia sebagai dasar penelitiannya. Ramasamy mengaku tidak terkejut menemukan mikroplastik di penis, karena ini adalah "organ yang sangat vaskular" seperti jantung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

7 Jenis Mikroplastik Berbeda Terdeteksi

Sampel penelitian tersebut diambil dari peserta yang telah didiagnosis menderita disfungsi ereksi (DE) dan berada di rumah sakit untuk menjalani operasi implan penis guna mengatasi kondisi tersebut. Operasi dilakukan di University of Miami antara Agustus--September 2023.

Sampel tersebut kemudian dianalisis menggunakan pencitraan kimia, dan menunjukkan bahwa empat dari lima pria tersebut memiliki mikroplastik di jaringan penis mereka. Tujuh jenis mikroplastik berbeda terdeteksi, dengan polietilen tereftalat (PET) dan polipropilen (PP) yang paling umum, menurut penelitian tersebut.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki kemungkinan kaitannya dengan kondisi seperti DE, kata Ramasamy. "Kita perlu mengidentifikasi apakah mikroplastik terkait dengan DE dan apakah ada tingkat di luarnya yang dapat menyebabkan patologi dan jenis mikroplastik apa yang bersifat patologis," katanya.

Mengenai dampak yang lebih luas dari temuan ini, Ramasamy berharap penelitian ini akan "menciptakan lebih banyak kesadaran tentang keberadaan benda asing di dalam organ tubuh manusia dan mendorong lebih banyak penelitian seputar topik ini."

3 dari 4 halaman

Hati-hati Konsumsi Air dan Makanan dari Wadah Plastik

Sebelum ditemukannya mikroplastik di penis manusia, penelitian sebelumnya menemukan bahwa satu liter air kemasan mengandung rata-rata 240 ribu partikel plastik. "Saya pikir kita perlu berhati-hati dalam mengonsumsi air dan makanan dari botol dan wadah plastik dan mencoba membatasi penggunaannya sampai penelitian lebih lanjut dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat yang dapat menyebabkan patologi," kata Ramasamy.

Ahli toksikologi, Matthew J. Campen, mengatakan kepada CNN bahwa ini adalah "studi menarik yang menegaskan keberadaan plastik di mana-mana di dalam tubuh." "Saat kami mencoba memahami potensi dampak plastik terhadap kesehatan, hal ini juga berkaitan dengan kertas," kata Campen, seorang profesor ilmu farmasi di Universitas New Mexico di Albuquerque, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

Plastik pada umumnya tidak bereaksi dengan sel dan bahan kimia tubuh kita. Namun, secara fisik dapat mengganggu banyak proses yang dilakukan tubuh kita untuk fungsi normalnya, termasuk fungsi yang berkaitan dengan ereksi dan produksi sperma.

4 dari 4 halaman

Langkah-langkah Menghindari Paparan Mikroplastik

Campen ikut menulis penelitian yang diterbitkan pada Mei 2024 dan menemukan bahwa testis manusia mengandung mikroplastik dan nanoplastik tiga kali lebih tinggi daripada testis hewan dan plasenta manusia. Penelitian tersebut menguji 23 testis yang diawetkan dari mayat laki-laki berusia 16–88 tahun pada saat kematiannya. Kemudian ia bandingkan kadar 12 jenis plastik berbeda di testis tersebut dengan plastik yang ditemukan di 47 testis anjing.

"Tingkat pecahan mikroplastik dan jenis plastik di testis manusia tiga kali lebih besar dibandingkan yang ditemukan pada anjing, dan anjing memakan tanah," kata Campen pada saat penelitian tersebut dipublikasikan. "Jadi ini benar-benar memberikan perspektif tentang apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita sendiri."

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi paparan terhadap mikroplastik. Direktur Pediatri Lingkungan di NYU Langone Health, Dr. Leonardo Trasande, mengatakan bahwa salah satu langkahnya adalah mengurangi jejak plastik kita, yaitu dengan menggunakan wadah baja tahan karat dan kaca jika memungkinkan.

"Hindari memanaskan makanan atau minuman dalam plastik, termasuk susu formula dan ASI perah, dan jangan memasukkan plastik ke dalam mesin pencuci piring, karena panas dapat menyebabkan bahan kimia terlepas," kata Trasande.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini