Sukses

Diplomat Success Challenge Musim ke-15 Perkuat Ekosistem Kewirausahaan agar Bisnis Berkelanjutan dengan Hibah Rp2,5 Miliar

Ekosistem kewirausahaan, salah satunya dapat menjadi support system bagi para enterpreneur membangun bisnis berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta - Memulai bisnis tidaklah mudah, tapi era informasi yang serba terbuka dan kesempatan mendapat ilmu baru bisa membuat berbagai tantangan dapat terlewati. Ekosistem kewirausahaan, salah satunya dapat menjadi support system bagi para enterpreneur membangun bisnis berkelanjutan.

Seperti itulah Diplomat Success Challenge (DSC), yang kembali hadir untuk semakin memperkuat ekosistem kewirausahaan di Indonesia dengan memberikan support system bagi entrepreneur dalam membangun bisnis berkelanjutan. Melalui berbagai program inovatif dan kolaboratif, DSC hadir membantu entrepeneur muda menciptakan kesuksesan bersama dan  menemukan solusi bisnis berdampak bagi masyarakat Indonesia.

Di penyelenggaraan tahun ke-15 ini, DSC kembali menyiapkan hibah modal usaha dengan total hibah sebesar Rp 2,5 miliar untuk para entrepreneur. Semakin berfokus pada wirausaha yang peduli terhadap isu-isu lingkungan, sosial, tata kelola yang berkelanjutan, DSC Season 15 berorientasi dalam mendukung pengembangan keterampilan, strategi bisnis efektif, serta memberikan jaringan bisnis kepada peserta.

Sebagai ekosistem kewirausahaan, DSC menjadi support system antar-stakeholder yang ingin saling bersinergi dan berjejaring. Mereka bisa memanfaatkan peluang yang lebih besar melalui praktik bisnis berbasis Environment, Social & Governance (ESG).

Founding Father dan Ketua Dekom DSC, Surjanto Yasaputera mengatakan, prinsip keberlanjutan dalam ESG ingin memperluas makna bahwa kesuksesan bisnis bukan hanya tentang profit saja. "Tapi juga menekankan bagaimana pelaku usaha dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat luas yang akhirnya dapat meraih kesuksesan bersama," ungkap Surjanto dalam acara kick-off sekaligus peluncuran resmi DSC musim ke-15 di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 20 Juni 2024. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berkolaborasi Kembali dengan APINDO

Di tahun-tahun sebelumnya program DSC sempat menghadirkan program kolaboratif yang melahirkan banyak inovasi, memberikan dampak dan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Tak berhenti di sana, DSC Musim ke-15 terus melakukan penyempurnaan dan peningkatan program kolaboratif dengan memperluas jaringan mitra strategis.

Di musim ke-15 ini, DSC bakal mengedepankan program activation bersama para komunitas entrepreneur sebagai upaya jangkauan lebih luas. Di samping itu, DSC Musim ke-15 juga akan berkolaborasi kembali dengan APINDO dalam menyiapkan showcase event untuk para entrepreneur Indonesia.

Kewirausahaan kolaboratif ini akan terus berkembang, memberikan manfaat yang lebih besar dan membangun ekosistem yang semakin kuat. Di 2024 ini, DSC juga memberikan perhatian terhadap isu blue economy, pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan pelestarian ekosistem laut.

Melalui komitmen tersebut, entrepreneur diharapkan mampu memanfaatkan potensi laut secara inklusif sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Momen awal dibukanya pendaftaran kali ini pun merupakan penegasan DSC sebagai pionir ekosistem kewirausahaan di Indonesia yang tetap konsisten dan persisten menciptakan entrepreneur yang berkarakter. 

3 dari 4 halaman

Modal Sebagai Wirausahawan Sukses

"Wirausahawan muda sukses harus mempunyai DNA 3P, yaitu Paham, Piawai, dan Persona. Sejak awal program DSC diadakan, ketiga elemen itulah yang menjadi prioritas dalam penilaian peserta," kata Helmy Yahya, Dewan Komisioner DSC di kesempatan yang sama.

DSC Musim ke-15 pun akan hadir dengan rangkaian program yang kaya dengan sinergi dan kolaborasi banyak pihak untuk menghadirkan program yang bermanfaat dan berdampak nyata bagi para entrepeneur. Jajaran coach yang merupakan praktisi berpengalaman dan kompeten akan mengisi rangkaian DSC Season 15 untuk memberikan mentorship dan pendampingan kepada para peserta.

Mereka adalah M. Jupaka (Serial-preneur), Andanu Prasetyo (CEO of Maka Group, Founder Toko Kopi Tuku), Nilamsari (Founder & Bisdev Director PT Sari Kreasi Boga, Tbk.), dan Arif Budiman (CEO PT Agrindo) sebagai incubator master. Selain jajaran coach di atas, juga akan turut berpartisipasi para tokoh entrepreneur inspiratif yang akan memberikan ilmu, motivasi dan berbagi pengalaman di bidang kewirausahaan.

Mereka akan berbagi di sesi Seleksi Nasional dan Bootcamp serta kesempatan berjejaring, berkolaborasi. Sesi ini akan memperluas pengetahuan bisnis melalui komunitas alumni Diplomat Success Challenge, yakni Diplomat Entrepreneur Network (DEN). 

 

4 dari 4 halaman

Keuntungan Mengikuti DSC Musim ke-15

Dewan Komisioner DSC Season 14, Antarina S.F Amir mengatakan, bahwa keuntungan mengikuti DSC adalah wirausahawan bisa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang kewirausahaan yang berkelanjutan. "Mereka akan dapat pelatihan, pendampingan oleh para coach, dan pengalaman praktis dari kesuksesan wirausahawan lain," kata dia.

Antusiasme masyarakat dalam program DSC terus meningkat setiap tahunnya. DSC pun optimis bisa menjangkau lebih luas calon peserta program maupun masyarakat melalui literasi kewirausahaan yang diberikan DSC.

"Dimulainya program DSC selalu mendapat respon yang positif karena ekosistem DSC memberi dampak nyata untuk membantu para entrepreneur mengembangkan bisnis mereka” sambung Program Initiator DSC, Edric Chandra.

DSC Musik ke-15 pun mengundang para wirausahawan muda Indonesia untuk siap wujudkan visi bisnis dan #BersamaMeraihSukses. Anda bisa mendaftarkan diri dan ide bisnisnya sebelum 22 September 2024. Seluruh syarat dan  ketentuan, detail dan alur kompetisi, sekaligus platform untuk mendaftarkan diri ke DSC Season 15 sudah dapat diakses melalui situs resminya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini