Sukses

Agenda Hiburan di Ultah ke-497 Jakarta Usai Tak Lagi Jadi Ibu Kota, Pameran Layang-Layang hingga Festival Budaya

HUT Kota Jakarta selalu meriah setiap tahunnya, akan ada acara seperti pameran layang-layang, konser musik, hingga festival budaya serta ajang tepat untuk wisata belanja.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Sabtu, 22 Juni 2024 Kota Jakarta akan memperingati hari jadinya. Tahun ini, Kota Jakarta memasuki usia yang ke-497 tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan HUT Kota Jakarta kali ini akan diwarnai dengan berbagai acara menarik yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

HUT Kota Jakarta selalu meriah setiap tahunnya, akan ada acara seperti pameran layang-layang, konser musik, hingga festival budaya. Momen ini juga bertepatan dengan masa liburan sekolah, sehingga sangat tepat untuk bersama keluarga berlibur dan menikmati serunya rangkaian HUT Kota Jakarta ke-497, berikut agenda hiburan yang bisa Anda ikuti:

1. Jakarta Fair 2024/Pekan Raya Jakarta (PRJ)

Tentunya PRJ memang sudah setiap tahun digelar untuk menyemarakkan HUT Kota Jakarta. Untuk itu ajak keluarga, teman dan kerabat dengan datang ke Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ). 

Anda bisa menikmati berbagai wahana, bazaar kuliner, hingga diskon besar-besaran dari berbagai merek ternama. Gelaran Jakarta Fair 2024 telah digelar sejak 12 Juni hingga 14 Juli 2024 di JiEXPO Kemayoran, Jakarta.

2. Harvesting Ceremony

Mengutip dari laman resmi Pemprov Jakarta, Jumat (21/6/2024), Kota Jakarta juga menggelar Harvesting Ceremony sebagai acara puncak Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Lapangan Banteng. Harvesting Ceremony merupakan salah satu upaya pemerintah pusat bersama Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan, mengembangkan, mempromosikan produk buatan Indonesia.

Acara yang akan dilaksanakan pada malam puncak diantaranya Pameran, Fashion Show, Hiburan, dan Pemberian penghargaan UMKM terbaik. Acara ini berlangsung di Lapangan Banteng 19--21 Juli 2024

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Jakarta Great Sale

Ajang belanja Jakarta Great Sale kembali dihelat. Ada lebih dari 80 pusat perbelanjaan di Jakarta akan memberikan program diskon serentak hingga 70 persen. Untuk Anda yang hobi berbelanja ini saat yang tepat untuk wisata belanja karena banyak penawaran spesial di momen Festival Jakarta Great Sale berlangsung pada 5--10 Juni 2024. 

4. Jakarta Internasional Kite Festival 

Selain itu yang tak kalah seru adalah penyelenggaraan Jakarta International Kite Fest 2024. Nantinya, di sini Anda dan keluarga bisa melihat berbagai bentuk unik layang-layang, hingga lihat layang-layang yang super besar. Jangan sampai terlewatkan, Jakarta International Kite Festival berlokasi di area Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara pada 22 Juni--7 Juli 2024.

5. Jakarta International Marathon (JAKIM) 

Sekarang ini, marathon telah menjadi salah satu kegiatan olahraga paling digemari masyarakat dunia. Jakarta International Marathon jadi momentum paling tepat buat para penggemar olahraga lari untuk menikmati keindahan Jakarta dengan tetap sehat dan bugar. JAKIM akan berlangsung pada Minggu, 23 Juni 2024 dengan melibatkan 15.000 pelari.

 

3 dari 4 halaman

6. Gebyar Seni Budaya Betawi

Kesenian Betawi menjadi identitas yang melekat dengan kebudayaan Jakarta. Saksikan Gebyar Seni Budaya Betawi dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dalam rangka peringatan HUT Ke-497 Jakarta.

Acara ini digelar di Perkampungan Budaya Betawi yang berlokasi di Setu Babakan pada 22--23 Juni 2024. Lewat acara ini Anda bisa mengikuti workshop gratis pengenalan budaya Betawi seperti tari, musik, permainan anak, pantun, kuliner, membatik, dan lainnya.

7. Jakarta Light Festival 

Jangan lewatkan juga untuk datang ke Jakarta Light Festival yang berlangsung pada 22--23 Juni 2024. Akan ada yang berbeda di Taman Fatahillah, Kota Tua, di akhir bulan Juni nanti.

Anda akan terpukau dengan indahnya video mapping yang ditampilkan. Tak hanya itu, instalasi lighting juga akan menambah suasana meriah, sambil Anda dan keluarga menikmati sajian penampilan dari Komunitas Kota Tua. 

8. Malam Jaya Raya 

Acara ini bertajuk Malam Jaya Raya ini akan ada panggung hiburan yang diisi oleh penyanyi kenamaan Indonesia, video mapping, drone show, kembang api, dan masih banyak lagi. Semuanya akan hadir dalam satu momen kemeriahan hari ulang tahun kota Jakarta. Yang lebih menarik, hadir pula peragaan busana dari jajaran pemerintah provinsi kota Jakarta. 

Jamuan Dubes juga akan digabung dengan acara Malam Jaya Raya yang berlangsung di Monas pada 22 Juni 2024. Sejumlah duta besar (Dubes) negara sahabat akan menghadiri malam resepsi peringatan HUT Kota Jakarta Ke-497. 

4 dari 4 halaman

9. Konser Musik Wonders Of Jakarta

Lewat Konser Musik Wonders Of Jakarta, bersama 7000 orang lainnya dalam satu lokasi, Anda bisa menikmati panggung hiburan gratis. Untuk itu, pada 22 Juni 2024 nanti jangan sampai tidak hadir di acara Wonders of Jakarta di Ecopark Ancol. Ajak teman dan keluarga untuk bernyanyi bersama artis kenamaan Indonesia di acara ini.

10. Konser Persembahan HUT ke-497 Kota Jakarta 

Acara ini yang berlangsung pada Sabtu, 22 Juni 2024 ini merupakan bagian dari rangkaian program tiket gratis masuk Ancol. Tidak hanya menonton konser, harga tiket sudah termasuk tiket untuk masuk ke tempat rekreasi yang ada di Ancol seperti Dufan, Sea World, Samudra, dan Jakarta Bird Land. Pembelian tiketnya sendiri dapat dilakukan melalui website resmi Ancol.

11. Festival Sastra Jakarta 

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Festival Sastra Jakarta yang berlangsung pada 2--16 Juni 2024. Acara ini akan diadakan selama dua minggu penuh. Akan ada Workshop Kesusastraan yang bisa Anda hadiri. Talkshow Sastra juga akan menarik untuk diikuti. Selain itu, pameran karya sastra juga akan meramaikan festival ini. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini