Sukses

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim Beri Ucapan Ultah, Jokowi Balas Apa di Komentar?

Anwar Ibrahim memberi ucapan selamat ulang tahun ke Presiden Jokowi. Warganet yang membaca balasan Jokowi, merasa itu baru pertama kalinya RI 1 memberikan tanggapan melalui media sosialnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun yang ke-63 pada Jumat, 21 Juni 2024. Tak hanya para menterinya yang memberi ucapan selamat, tapi juga Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim.

Orang nomor satu di Negeri Jiran itu ingat hari ulang tahun Jokowi. "Selamat Harlah kepada Presiden Joko Widodo. Terima kasih atas dedikasi Bapak dalam memperkukuh hubungan antara negara kita. Semoga Indonesia terus maju dan sukses! Happy Birthday to Bapak Jokowi. 🇲🇾🇮🇩," tulis Mahathir di Instagram pribadinya @anwaribrahim_my pada Jumat, 21 Juni 2024.

Jokowi pun membalas di kolom komentar, "Terima kasih banyak kepada Perdana Menteri Malaysia Bapak Anwar Ibrahim atas ucapannya, doa terbaik untuk kesehatan dan kesuksesan bapak. Semoga hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia selalu terbangun dan semakin maju. Salam saya untuk Rakyat Malaysia, saudara satu rumpun."

Sebelumnya di Instagram Story Jokowi juga berterima kasih kepada masyarakat yang juga mengucapkan selamat untuknya. "Di momen ini, izinkan saya mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia serta para tokoh, atas perhatiannya yang telah mengirimkan ucapan dan doa. Meski hari ini saya lewati tanpa perayaan khusus, kehangatan dan dukungan semua menjadi sangat berarti. Terima kasih, saya bersyukur atas kebersamaan dan persatuan yang kita bagi bersama," tulisnya. 

Diketahui Presiden Jokowi lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961. Sebelum menjabar presiden selama dua periode, ia juga terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan Ahok sebagai wakilnya pada periode 2012--2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Balasan komentar Presiden Jokowi mendapat perhatian warganet, ada yang mengungkap bahwa ini pertama kalinya ia memberi tanggapan. Selain itu, ada pula warganet yang berterima kasih ke Anwar Ibrahim, karena telah memberikan ucapan selamat.

"Sejauh gue scroll, baru liat pak jokowi komen😍👏🇮🇩🇲🇾," tulis warganet.

"di era presiden jokowi indonesia & malaysia akur dan damai. tidak ada saling claimp yang bikin kisruh suasana," kata warganet.

"Terimakasih Datuk Anwar atas ucapan Ulang Tahun untuk Presiden kami . jaya Selalu Malaysia Indonesia," yang lain menimpali.

"Alhamdulillaah syukur.. mantap terbaik YAB DSAI PMX.. moga hubungan persahabatan Malaysia-Indonisia terus bertambah kukuh.. seterusnya moga YAB DSAI PMX sentiasa sihat ceria sejahtera dalam peliharaan Allaah hendaknya.. Aamien Yaa Rabbal Àalamien," komentar warganet.

"Terimakasih Pak perdana Menteri , bapak Anwar Ibrahim semoga bapak sehat selalu juga," tulis yang lain.

"🇮🇩🇲🇾❤️ MAS -INA SERUMPUN," warganet menambahkan.

3 dari 4 halaman

Indonesia dan Malaysia Miliki Hubungan yang Erat

Mengutip dari Tim News Liputan6.com, 31 Agustus 2024, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menilai bahwa selama ini, Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan yang erat. Dirinya mengatakan, dalam bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi, Malaysia merupakan partner perdagangan terbesar kedua Indonesia, dengan jumlah investasi ke-5 di tahun 2022 di ASEAN.

"Dalam bidang subregional, kedua negara juga aktif bekerja sama di bawah mekanisme Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) dan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP EAGA)," katanya ketika mewakili Pemerintah Indonesia menyampaikan sambutan pada acara 66th National Day of Malaysia, di Jakarta.

Ida pun melihat, bahwa komitmen penguatan hubungan kedua negara pun ditunjukkan lewat kunjungan di tingkat Kepala Negara. Pada Januari 2023, Perdana Menteri Dato’ Seri Haji Anwar bin Ibrahim melakukan kunjungan kerja ke Indonesia.

"Kunjungan ini merupakan pertemuan yang sukses, dan kedua kepala negara menyetujui untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, serta berkomitmen untuk menyelesaikan beberapa masalah perbatasan kedua negara," ujarnya.   

4 dari 4 halaman

Tandatangani Mou

Ida juga menjelaskan, kunjungan Presiden Joko Widodo di Putrajaya pada Juni 2023, jadi momentum penandatanganan beberapa perjanjian dan MoU kerja sama. Penandatanganan kerja sama itu  meliputi perjanjian batas maritim di sebagian segmen, perjanjian di wilayah perbatasan Sabah, Sarawak dan Kalimantan, yakni  Border Crossing Agreement (BCA) dan Border Trade Agreement (BTA), serta kerja sama pengakuan Sertfikasi Halal dan kerja sama promosi investasi.

"Saya percaya bahwa di masa yang penuh dinamika dan tantangan ini, hubungan bilateral Indonesia dan Malaysia tetap kuat dan dengan didukung komitmen bersama untuk lebih meningkatkan kerja sama di berbagai bidang," kata Ida.

Tidak lupa, saat itu Ida pun mengucapkan Selamat Hari Kebangsaan Malaysia ke-66 bagi seluruh Rakyat Malaysia. Dirinya berharap agar di peringatan Hari Kebangsaan Malaysia tahun para Pemimpin Malaysia dan Rakyat Malaysia mendapat pelindungan dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

"Semoga bangsa dan negara Malaysia dapat selalu damai dan sejahtera, serta aman sentosa," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini