Sukses

Beby Tsabina Gelar Siraman hingga Prosesi Adat Aceh Boh Gaca Sebelum Menikah, Warganet Salfok Dekorasinya

Di lini masa rangkaian acara adat dan siraman Beby Tsabina mengundang rasa penasaran warganet, terutama karena aktris 21 tahun itu berasal dari Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Beby Tsabina sebentar lagi akan diperistri oleh Rizki Natakusumah. Berbagai rangkaian acara jelang pernikahannya telah digelar antara lain pengajian dan siraman, serta tradisi adat Aceh Boh Gaca. 

Hal itu terungkap dalam unggahan terbaru aktris bernama lengkap Cut Putri Tsabina itu di laman Instagramnya @bebytsabina pada Sabtu (22/6/2024). Ia mengunggah ketiga momen tersebut secara hampir bersamaan, setelah sebelumnya sempat mengungkap acara baby shower serta potret prewedding.

Tapi di antara momen tersebut, yang paling membuat warganet heboh adalah ketika Beby Tsabina mengungkap prosesi adat Aceh Boh Gaca. Hal ini lantaran dekorasinya tampak cantik dan mewah.

Tradisi Boh Gaca adalah tradisi orang Aceh saat seorang anak gadis hendak menikah. Mengutip dari laman Diskominfo Aceh, dalam bahasa indonesia Boh Gaca memiliki arti memakai inai atau henna dan daun kacar yang telah digiling atau dihaluskan pada telapak tangan, jari-jari tangan dan kaki.

Tradisi Boh Gaca juga menjadi momen meminta dan memberi doa restu agar kelak pernikahan mempelai pengantin berlangsung lancar. Di prosesi tersebut, tampak Beby duduk sendiri di pelaminan dalam nuansa merah muda.

Sementara Beby dan sang ibu memakai busana biru pastel yang terlihat cocok dan senada dengan dekorasinya. Biasanya untuk prosesi adat Aceh ini, dekorasi cenderung menyala dengan warna seperi oranye dan merah menyala.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dekorasi di Prosesi Boh Gaca Curi Perhatian Warganet

Warganet pun ramai berkomentar. Ada yang menyebut bahwa pilihan warna Beby Tsabina untuk prosesi tersebut adalah warna carat.

"Ini warna carat," ujar seorang warganet di sebuah unggahan ulang prosesi yang dilakukan oleh Beby, oleh akun @its.unvorgive di TikTok pada Jumat, 21 Juni 2024.

"Wkwkwk bener lagi," balas pembuat konten.

"Bajunya dekornya sumpah ini yang paling gong apalagi ntar nikahannya secantik apa," tulis warganet lain.

"Seleranya Beby Tsabina sama keluarganya udah nggak bisa diragukan lagi, selalu bagus," kata yang lain.

"Adat Aceh banget tapi perpaduan warnanya anak muda banget. Suka!!" balas warganet.

"Perpaduan warnanya cakep banget," sambung warganet. 

"Beby Tsabina selera warnanya gong banget sih," ungkap yang lain.

"Perpaduan blue dan pink emang ga diragukan lagi, btw warna kesukaannya bukan?" tanya yang lain.

"Pertama kali liat warna ini di acara nikahan kek manis banget," seru yang lain. 

 

 

3 dari 4 halaman

Beby Tsabina Sungkem dengan Orangtua

Mengutip dari laman Showbiz Liputan6.com, Sabtu (22/6/2024), di momen pengajian Beby Tsabina. Dalam kesempatan ini, Beby Tsabina mengenakan gamis putih yang dihiasi payet berwarna champagne. Penampilannya disempurnakan dengan selendang berbagan lace yang dikenakan di kepalanya.

Setelah pengajian, aktris kelahiran Aceh itu pun sungkem dengan ayah dan ibunya untuk meminta maaf dan memohon doa restu. Ini merupakan salah satu momen mengharukan yang penuh dengan air mata.  

Ayah Beby bahkan sempat terlihat mengusap air yang menetes di pipinya saat melihat sang putri tercinta memeluk ibunya. Momen ini pun viral di media sosial. Diberitakan sebelumnya, keduanya telah melakukan acara pertunangan tepat saat Hari Kartini, Minggu, 21 April 2024.

Dengan disaksikan keluarga dan kerabat dekat, momen lamaran Beby Tsabina dan Rizki Natakusumah digelar khidmat di kediaman sang aktris, di kawasan Bintaro. Dekorasi indah menyerupai sebuah taman dengan rangkaian bunga bernuansa pastel dipilih menjadi latar belakang yang menghiasi prosesi tunangan itu. Pihak keluarga Beby pun langsung menyambut hangat kedatangan rombongan keluarga Rizki. 

4 dari 4 halaman

Prosesi Pengajian

Warganet pun ikut bahagia melihat Beby yang tak lama lagi akan berstatus sebagai seorang istri. "MasyaAllah kehidupan kak baby tsabina paket lengkap sekali Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad,” kata salah satu warganet.

"Allahuma solli alla sayyidina muhammad yaallah beby tsabina panutan wkwk,” tambah yang lainnya.

Sementara itu, Beby Tsabina pun sempat melakukan bridal shower bersama para sahabatnya. Acara penuh kebahagiaan ini dilakukan pada Jumat, 21 Juni 2024 kemarin. 

"Bridal Shower surprise from my girls! 👰🏻‍♀️🌷📸 : @difakhri @difakhriphotography," tulisnya di Instagram. 

Sebelumnya, pemain film ini juga sempat membagikan beberapa potret hasil prewedding dirinya dan calon suami.  Pemotretan yang digelar di Pandeglang, Banten ini seolah mengusung konsep bak drama Korea.

Keduanya tampil serasi dengan busana bernuansa putih. Terlebih, Beby Tsabina tampak begitu anggun dengan gaun putihnya lengkap dengan veil yang menghias di kepala.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini