Sukses

Rangkaian Acara Malam Jaya Raya dan Jakarta Light Festival di HUT Jakarta ke-497

Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta selalu menjadi momen yang dinantikan oleh warga sekitar. Sebagai kota dengan pusat kegiatan ekonomi, budaya, dan politik di Indonesia, Jakarta merayakan ulang tahunnya dengan rangkaian acara yang meriah dan penuh hiburan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta selalu menjadi momen yang dinantikan oleh hampir seluruh warga. Sebagai kota dengan pusat kegiatan ekonomi, budaya, dan politik di Indonesia, Jakarta merayakan ulang tahunnya dengan rangkaian acara yang meriah dan penuh hiburan.

Dalam perayaannya yang ke-497, HUT Jakarta tahun ini mengusung tema "Jakarta Kota Global Berjuta Pesona". Mengutip situs resmi Jakarta.go.id pada Sabtu (22/6/2024), tema ini menandakan peralihan status ibu kota negara menuju arah pembangunan baru.

Selama hampir 500 tahun, Jakarta telah melewati berbagai perubahan. Ketangguhan para warganya membuat Kota Jakarta terus berkembang menjadi kota megapolitan yang terus maju hingga saat ini. Di tahun ini, Kota Jakarta juga akan menghadapi perubahan perannya sebagai ibu kota, dan akan mengarah ke kiblat baru, yakni kota global.

Melepaskan status sebagai ibu kota negara, tidak membuat Jakarta kehilangan pesonanya. Kota ini tetap menjadi pusat berbagai aktivitas positif dan menjadi rumah bagi jutaan mimpi warganya. Kini, Jakarta bertransformasi menjadi kota global dengan keunikan dan keragaman budayanya.

Dalam memeriahkan HUT Jakarta ke-497, ada banyak kegiatan-kegiatan seru dan meriah yang tersebar di beberapa tempat. Salah dua acara puncak yang paling ditunggu-tunggu dalam rangkaian perayaan ini adalah "Malam Jaya Raya". Acara ini akan menampilkan berbagai hiburan spektakuler untuk menghidupkan dan memeriahkan malam perayaan HUT Jakarta pada Sabtu (22/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Malam Jaya Raya Monas

Acara puncak ini akan berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat mulai pukul 18.00–23.00 WIB.  Dalam acara Malam Jaya Raya ini, akan ada berbagai macam hiburan dan agenda yang seru. Berikut merupakan lebih lengkapnya:

1. Konser Musik Bertabur Bintang

Malam Jaya Raya akan dimeriahkan dengan konser musik yang menampilkan penyanyi-penyanyi ternama Indonesia. Akan ada Budi Doremi, GIGI, Cakra Khan, Sandhy Sondoro, Siti Badriah, Nella Kharisma, dan Wali yang akan membuat pengunjung bernyanyi bersama.

2. Pertunjukan Kembang Api

Tidak lengkap rasanya merayakan HUT Jakarta tanpa pesta kembang api. Malam Jaya Raya menghadirkan pesta kembang api yang megah di Monas. Ribuan kembang api ditembakkan ke langit malam, menciptakan pemandangan yang memukau dan penuh warna. Gemuruh suara kembang api yang disertai sorak sorai warga menjadikan momen ini memberikan kesan yang tidak akan dilupakan.

3. Karnaval Mobil Hias

Dalam acara puncak ini juga akan menampilkan mobil-mobil yang dihias sedemikian rupa yang dapat menarik pengunjung. Karnaval ini memberikan akan membuat malam puncak HUT Jakarta ke-497 ini menjadi lebih berwarna.

4. Fashion Show

Ada hal yang menarik dari Malam Jaya Raya. Nanti, akan hadir pula peragaan busana dari jajaran pemerintah provinsi kota Jakarta yang bisa disaksikan oleh semua yang hadir. 

5. Video Mapping Monas

Selain perhelatan musik, atraksi yang paling ditunggu dan dapat menyedot banyak penonton adalah pertunjukkan Video Mapping Monas. Dalam pertunjukan ini, nantinya tiap sisi Tugu Monas akan memperlihatkan visual guratan warna-warni yang menarik dan indah.

6. Keluarga Si Doel Anak Sekolahan

Selain pertunjukkan dari penyanyi-penyanyi top Indonesia, akan hadir juga pemain-pemain dari keluarga Si Doel Anak Sekolahan. Pemain yang akan hadir dan turut memeriahkan diantaranya yaitu Suti Karno, Mpok Ipeh, Maryati Tohir, Maudy Koesnaedi, dan Cornelia Agatha.

3 dari 4 halaman

Jakarta Light Festival Kota Tua

Selain Malam Jaya Raya, akan ada juga festival yang akan diselenggarakan di Taman Museum Fatahillah, Kota Tua Jakarta, bernama Jakarta Light Festival. Acara ini akan berlangsung selama dua hari berturut-turut yaitu pada 22–23 Juni 2024 mulai pukul 19.00 WIB. Semua orang bisa mengunjungi acara ini tanpa dipungut biaya apapun.

Jakarta Light Festival akan menampilkan berbagai instalasi cahaya yang artistik dan kreatif. Dari patung-patung bercahaya hingga terowongan lampu yang kerlap-kerlip mempesona. Semua orang yang datang pasti akan takjub melihat keindahannya. Tak hanya itu, di acara Jakarta Light Festival ini juga akan ada pertunjukan video mapping dan kembang api yang meriah.

Selain itu, akan ada juga penampilan spektakuler dari penyanyi-penyanyi ternama Indonesia. Pengunjung akan dibuat bernyanyi dan berjoget bersama dengan penampilan spesial dari Sigit Wardana, Hasband, Rio Ardiwardhana, Annisa Nurfauzi, dan D'Cinnamons.

Bagi yang akan berkunjung ke Kota Tua, Anda bisa menggunakan transportasi umum, salah satunya yaitu KRL Commuter Line. Anda bisa memilih rute KRL dengan tujuan akhir Jakarta Kota. Posisi stasiunnya berada persis di tengah kawasan Kota Tua. Keluar dari stasiun, wisatawan bisa langsung jalan di sekitar Kota Tua.

4 dari 4 halaman

Lokasi Parkir dan Transportasi Saat HUT Jakarta

Mengutip dari Antara, Pemrov Jakarta menyediakan lahan parkir untuk sebanyak 3000 kendaraan saat acara puncak Peringatan HUT Ke-497 Kota Jakarta pada 22 Juni 2024. Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, pengelola juga membuka beberapa kantong parkir khususnya di selatan Area Ancol, Dufan dan Ecopark.

Lalu untuk pintu masuk dan keluar, pihak Ancol memberlakukan akses khusus keluar di beberapa pintu termasuk Pintu Carnaval. "Jadi, pintu karnaval akan kami buka sebagai akses keluar, dan juga pintu timur, dan pintu lainnya," kata dia.

Sementara itu, disarankan memakai transportasi umum saat menghadiri acara HUT DKI Jakarta karena dari KRL hingga MRT akan beroperasi lebih lama dari biasanya yakni pukul 00.00 - 23.59. Penumpang juga akan mendapatkan tarif khusus penggunaan transportasi publik untuk MRT, TransJakarta, dan LRT Jakarta sebesar Rp1 yang berlaku pada 22 dan 23 Juni 2024.

Khusus pada tanggal 23 Juni 2024, MRT juga menambah jadwal operasi karena adanya penyelenggaraan Jakarta International Marathon 2024. MRT beroperasi dari pukul 04.00 --24.00 dengan selang waktu 10 menit. Begitu halnya dengan Bus TransJakarta yang memasang tarif Rp1 dan beroperasi hampir sejak pukul 00-00-- 23.59 pada tanggal 22-23 Juni 2024 terkait HUT Kota Jakarta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini