Sukses

Barcelona Bakal Kurasi Oleh-Oleh agar Tak Merusak Citra Kota di Mata Turis

Dewan Kota Barcelona sedang mempertimbangkan untuk melarang pemajangan dan penjualan suvenir yang sensitif. Suvenir yang menjadi oleh-oleh itu mencakup produk yang mengandung konten "homofobik atau seksis".

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona berencana melarang suvenir yang menyinggung dan tidak peka di mata publik, seperti produk terindikasi "homofobik atau seksis". Hal ini dilakukan untuk menjaga citra Barcelona di mata para turis. 

Mengutip laman Euronews, Minggu, 23 Juni 2024, dari pembuka botol hingga gelas dan oleh-oleh norak yang selama ini mudah ditemukan di tempat-tempat wisata di Barcelona mulai akan dikurasi. Suvenir itu termasuk 'penis dengan tulisan Barcelona dan kaos dengan pesan seksis, homofobia, atau yang tidak pantas'.

Anggota dewan setempat, Jordi Coronas menyebut suvenir yang dipajang di jalan-jalan Ciutat Vella, lingkungan tertua di kota Barcelona memberi citra buruk. Karena itu, awal pekan lalu, Coronas dan anggota dewan lainnya mengusulkan agar suvenir yang djual di Barcelona diatur. 

"[Mereka] meremehkan jalan-jalan yang paling banyak dikunjungi di Barcelona," kata Coronas. "Jalan-jalan tersebut berantakan dan merusak citra Barcelona sebagai tujuan wisata."

Mosi yang diajukan oleh partai pro-kemerdekaan Esquerra disetujui oleh komisi ekonomi dewan kota, sehingga memungkinkan mereka untuk mempertimbangkan pelarangan oleh-oleh yang bersifat "ofensif". Itu terjadi hanya seminggu sebelum perayaan Pride yang digelar kelompok LGBTQ dimulai di kota itu.

Wakil Wali Kota Barcelona bidang ekonomi, Jordi Valls, dilaporkan mendukung inisiatif itu. Ia berjanji pemerintah kota akan mencari cara untuk membatasi tampilan dan penjualan suvenir yang tak artistik serta merusak imej kota ramai turis tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Kolaborasi Seniman Lokal Buat Suvenir

Namun, Valls memperingatkan bahwa aturan konkret akan sulit diterapkan karena saat ini belum ada peraturan yang mengatur "kriteria mengenai konten atau kualitas estetika suvenir." Coronas pun menganjurkan "solusi imajinatif" untuk mengatasi kesulitan dalam menerapkan larangan tersebut.

Di samping itu, pemerintah kota didorong untuk mempertimbangkan kerja sama dengan seniman lokal untuk menciptakan suvenir yang unik dan berkelas.  Pemerintah kota juga dapat memberikan panduan kepada para penjual suvenir untuk memastikan bahwa produk yang dijual sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh kota ini.

Dengan pengaturan itu, diharapkan para turis di Barcelona bisa membawa pulang kenangan yang positif dan mempromosikan citra Barcelona sebagai tujuan wisata yang ramah dan inklusif.

Masih terkait pariwisata, Barcelona sebelumnya menaikkan pajak wisatanya mulai 1 April 2024. Kota di Spanyol ini pertama kali memberlakukan pajak wisata tambahan pada 2012 dengan tujuan pariwisata yang lebih berkualitas.

3 dari 4 halaman

Barcelona Spanyol Naikkan Pajak Wisata

 

Laman Euronews melaporkan, Selasa, 26 Maret 2024, berbagai tempat di  Barcelona sudah menambahkan biaya tambahan selain pajak turis di seluruh wilayah sejak 2012. Pada 2022, pemerintah kota sempat mengumumkan bahwa biaya tersebut akan dinaikkan dalam dua tahun ke depan.

Biaya tambahan bervariasi tergantung pada jenis akomodasi pengunjung dan hanya dikenakan pada penginapan wisata resmi. Barcelona merupakan kota yang paling banyak dikunjungi di Spanyol dan terus berjuang melawan sesaknya kunjungan turis hingga menaikkan pajak turis.

Pengunjung Barcelona perlu membayar pajak wisata regional serta biaya tambahan di seluruh kota. Besaran pajak regional bervariasi, tergantung pada jenis akomodasi Anda menginap.

Sebelum naik, pajak wisata untuk tamu hotel bintang empat sebesar 1,70 Euro (sekitar Rp30 ribu). Sementara, tamu akomodasi sewa seperti Airbnb dikenai pajak 2,25 euro (Rp40 ribu). 

Penumpang kapal pesiar yang menghabiskan waktu kurang dari 12 jam di kota membayar 3 Euro (sekitar Rp51 ribu) ke wilayah tersebut. Sementara, turis yang menghabiskan lebih dari 12 jam harus membayar 2 Euro (setara Rp34 ribu).

4 dari 4 halaman

Pajak Kota yang Berlaku

Pajak kota yang berlaku untuk masa menginap maksimal tujuh malam terus meningkat. Pada April 2023, harganya naik dari 1,75 Euro (Rp30 ribu) menjadi 2,75 Euro (Rp50 ribu) untuk semua jenis penginapan. 

Dengan kenaikan pajak wisata yang berlaku sejak 1 April 2024, pengunjung Barcelona harus membayar 3,25 Euro (setara Rp60 ribu). Itu berarti tamu di akomodasi bintang lima akan membayar total pajak sebesar 6,75 Euro per malam (setara Rp119 ribu) sampai 47,25 euro (setara Rp850 ribu) per orang untuk tinggal seminggu.

Adapun tamu akomodasi sewa Airbnb harus membayar 5,50 euro per malam (setara Rp90 ribu) atau 38,50 euro (setara Rp650 ribu) untuk menginap selama seminggu. Wisatawan harian kapal pesiar akan membayar 6,25 Euro (setara Rp100 ribu).

Pihak berwenang Barcelona mengungkapkan kenaikan pajak wisatawan bertujuan untuk menarik pariwisata 'berkualitas' dibandingkan jumlah pengunjung yang besar. Kota tersebut dikunjungi rata-rata 32 juta pengunjung per tahun, banyak di antaranya datang menggunakan kapal pesiar.

Pada tahun 2022, ibu kota Catalan meluncurkan langkah-langkah baru untuk mengurangi gangguan dari tur berpemandu termasuk pembatasan kebisingan dan sistem satu arah. Kenaikan pajak turis, yang dibagi antara Generalitat de Catalunya dan Dewan Kota, pun akan meningkatkan anggaran kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.