Sukses

Adik Raja Charles III Putri Anne Dilarikan ke Rumah Sakit, Batal Ikut Sambut Kaisar Jepang

Putri Anne menjadi anggota senior Kerajaan Inggris yang paling aktif, bahkan dibandingkan Raja Charles III, namun kini ia harus rehat setelah cedera.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tak mengenakkan kembali datang dari Kerajaan Inggris. Adik Raja Charles III, Putri Anne dilarikan ke rumah sakit pada Minggu malam, 23 Juni 2024.

Mengutip The Sun, Senin (24/6/2024), Putri Kerajaan Inggris itu dilaporkan mengalami 'cedera ringan dan gegar otak' di rumahnya di Glouchestershire, Gatcombe Park, Inggris. Saat kejadian, anak-anaknya, Zara Tindall dan Peter Philips, serta suaminya, Wakil Laksamana Sir Laurence, berada di rumah perkebunan itu.

Disebutkan pula bahwa Anne sedang berjalan-jalan di sekitar perkebunan dengan kuda di sekitarnya. Penyebab pasti dari luka-luka yang dialaminya belum dapat dipastikan. Kemungkinan, luka-luka itu berasal dari tandukan kepala kuda atau tendangan kaki kuda.

Layanan darurat bergegas ke tempat kejadian dan memberikan perawatan medis kepada Anne sebelum membawanya ke Rumah Sakit Southmead di Bristol. Istana Buckingham menyatakan Putri Anne masih di rumah sakit untuk observasi.

Istana Buckingham mengatakan, "Yang Mulia menerima perawatan ahli yang tepat. Tidak ada rincian lebih lanjut yang dibagikan pada tahap ini. Yang Mulia akan tetap berada di Rumah Sakit Southmead kecuali atau sampai tim medisnya menyarankan sebaliknya."

"Atas saran dokter, agenda Yang Mulia untuk seminggu ke depan akan ditunda." Karena itu, agenda kerja Anne pada minggu ini dibatalkan, termasuk menyambut Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako yang melawat ke Inggris.

"Yang Mulia menyampaikan permintaan maafnya kepada siapa pun yang mungkin merasa tidak nyaman atau kecewa karenanya. Kunjungan Kenegaraan Jepang akan berjalan sesuai rencana, meskipun sayangnya Yang Mulia tidak dapat menghadiri jamuan kenegaraan besok."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkiraan Waktu Pulih

Selain tak bisa menghadiri jamuan kenegaraan, Putri Anne juga dipastikan tidak akan bisa terbang ke Kanada untuk menjalani tur yang direncanakan. Sang putri diperkirakan akan pulih sepenuhnya dan kembali ke rumah akhir pekan ini.

Raja Charles, Ratu Camilla, saudara laki-laki Anne Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward serta keponakannya Pangeran William sudah diberitahu kemarin malam. Sang putri terakhir kali terlihat di publik menikmati Ladies Day di Royal Ascot pada Kamis pekan lalu.

Dalam acara itu, Pangeran William juga hadir dengan mengenakan setelan wajib pakaian pagi berwarna hitam. Ia juga mengenakan top hat yang bisa dibuka saat duduk atau makan. William hadir tanpa ditemani Kate Middleton yang masih menjalani pengobatan kanker.

Meski begitu, mertuanya, Carole dan Michael Middleton ikut hadir di hari kedua. Carole mengenakan gaun bermotif bunga biru bersama aksesori topinya dan sepasang anting dari Emily Mortimer Jewellery. Sementara itu, Michael mengenakan setelan pagi berwarna hitam abu-abu, dasi bermotif, dan topi hitam.

3 dari 4 halaman

Panggilan Putri Anne untuk Raja Charles

Seperti kebanyakan kakak-adik lainnya, Raja Charles III (75) dan Putri Anne (73) dari Kerajaan Inggris sesekali juga bercanda. Dalam film dokumenter BBC baru berjudul "Charles III: The Coronation Year", pemirsa dapat menyaksikan gambaran "di balik layar" tentang tahun pertama Charles sebagai raja baru Inggris setelah Ratu Elizabeth II meninggal.

Sebut saja klip yang diunggah di X alias Twitter pada saat penobatan 6 Mei 2023, ketika itu Putri Anne menyambangi ruangan tempat Charles berada. "Halo, Old Bean," sapa Putri Anne kepada kakak laki-lakinya, seperti dilansir Independent, Sabtu, 30 Desember 2023.

Raja Charles III menanggapinya dengan tertawa lalu mencium tangan saudara perempuan satu-satunya itu. Old Bean secara harfiah berarti kacang tua. Sementara itu, Cambridge Dictionary mengartikannya sapaan ramah bagi pria. Setelah klip tersebut diunggah BBC, warganet membanjirinya dengan komentar.

"HRH Putri Anne keren sekali. Dia punya caranya sendiri dan itu sangat berkomitmen serta terlihat dalam semua yang dia lakukan," ungkap seorang warganet.

Seorang lainnya menulis, "Suka dengan betapa dekatnya mereka."

4 dari 4 halaman

Kate Middleton Terus Jalani Pengobatan

Kate Middleton dan Pangeran William semakin ingin menjaga privasi keluarganya lebih ketat, terutama saat Putri Wales melanjutkan pengobatan kanker. Kate hampir tidak pernah muncul di depan publik selama enam bulan sejak pulih dari operasi perutnya pada Januari lalu dan mengungkapkan diagnosa kankernya pada Maret.

Dilansir People, Kamis, 20 Juni 2024, ketika itu, Kate menggambarkannya sebagai "kejutan besar" dan mengatakan bahwa ia dan suaminya, Pangeran William (41), telah melakukan segala cara untuk memproses hal tersebut.

"Seperti yang bisa Anda bayangkan , ini membutuhkan waktu. Saya memerlukan waktu untuk pulih dari operasi besar untuk memulai perawatan saya," kata Kate saat mengumumkan berita tersebut.

Kate juga menambahkan bahwa dirinya perlu waktu untuk menjelaskan kondisi tersebut kepada ketiga anak mereka, Pangeran George (10), Putri Charlotte (9) dan Pangeran Louis (6).

Dia menambahkan, "Kami berharap Anda memahami bahwa, sebagai sebuah keluarga, kami sekarang memerlukan waktu, ruang, dan privasi sementara saya menyelesaikan perawatan saya. Pekerjaan saya selalu memberikan saya rasa gembira yang mendalam, dan saya berharap dapat kembali lagi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini