Sukses

Qatar Airways Sabet Gelar Maskapai Terbaik Dunia 2024, Singapore Airlines Geser Garuda Indonesia di Kategori Best Cabin Crew

Skytrax mengumumkan Qatar Airways sebagai maskapai terbaik dunia 2024, menggeser posisi Singapore Airlines di posisi puncak. Sementara, Garuda Indonesia kehilangan mahkota World's Best Cabin Crew.

Liputan6.com, Jakarta - Skytrax Award menobatkan Qatar Airways sebagai maskapai terbaik dunia 2024, menggeser posisi Singapore Airlines yang tahun lalu menjadi pamuncak. Itu menjadi penghargaan ke delapan kalinya yang diraih maskapai yang berbasis di Doha, Qatar tersebut.

"Ini adalah pencapaian luar biasa bagi Qatar Airways untuk memenangkan gelar Maskapai Terbaik Dunia pada tahun 2024, kedelapan kalinya mereka meraih kemenangan," kata CEO Skytrax Edward Plaisted dalam pertemuan yang dihadiri para eksekutif maskapai penerbangan dan awak kabin di rumah bangsawan dekat Bandara Heathrow London.

"Kami mengucapkan selamat kepada Qatar Airways atas keberhasilan ini yang seharusnya menjadi kebanggaan dan kepuasan besar bagi manajemen dan staf maskapai penerbangan."

Melansir CNN, Selasa (25/6/2024), maskapai penerbangan Timur Tengah ini telah membangun reputasi yang kuat selama dekade terakhir. Maskapai itu juga membantu Bandara Internasional Hamad menjadi pusat penerbangan global dan bersaing dengan penantang regionalnya, Dubai dan Abu Dhabi.

Armada Qatar Airways terdiri dari 230 pesawat, meliputi 10 superjumbo A380 yang sangat disukai, hingga Boeing 777-300ER, Boeing 787-8 dan 787-9, Airbus A350-900 dan A350-1000, ditambah sejumlah jet berkapasitas lebih kecil.

"Ini adalah momen yang membanggakan bagi Qatar Airways dan merupakan kehormatan bagi saya untuk berbagi penghargaan ini dengan rekan kerja keras saya," kata Badr Mohammed Al-Meer, CEO maskapai tersebut, dalam pernyataan yang dirilis Skytrax.

"Penghargaan ini merupakan bukti dedikasi kami yang tiada henti dalam memberikan layanan dan inovasi yang tak tertandingi. Kami menantikan lebih banyak kemenangan di masa depan."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Skytrax Sampai Hitung Ulang Suara

Hasil yang didapat para pemenang merupakan hasil pemungutan suara yang dikumpulkan lewat survei terhadap lebih dari 21 juta pelanggan dari 100 negara dan sekitar 350 maskapai penerbangan. Skytrax yang berbasis di Inggris menyebut perolehannya antara kedua maskapai teratas dunia itu terbilang imbang hingga mereka harus menghitung ulang sebelum akhirnya ditetapkan.

Menyusul Qatar Airways dan Singapore Airlines, Emirates membuntuti di peringkat ketiga. Selanjutnya adalah ANA All Nippon Airways dari Jepang di peringkat keempat. Cathay Pasific dari Hong Kong di peringkat kelima. Daftar 20 maskapai terbaik dunia itu didominasi oleh maskapai dari Asia, tanpa perwakilan satu pun dari Amerika Utara.

Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. Qatar Airways

2. Singapore Airlines

3. Emirates

4. ANA All Nippon Airways

5. Cathay Pacific

6. Japan Airlines

7. Turkish Airlines

8. EVA Air

9. Air France

10. Swiss International Air Lines

11. Korean Air

12. Hainan Airlines

13. British Airways

14. Fiji Airways

15. Iberia

16. Vistara

17. Virgin Atlantic

18. Lufthansa

19. Etihad Airways

20. Saudi Arabian Airlines

 

3 dari 4 halaman

Posisi Garuda Indonesia Digeser Singapore Airlines

Maskapai andalan Indonesia, Garuda Indonesia (GIA), ternyata tak bisa mempertahankan gelarnya sebagai World's Best Crew Cabin pada tahun ini. GIA menempati urutan ke-3 dalam kategori itu di bawah ANA All Nippon Airways, melorot dua peringkat dari capaian maskapai pelat merah itu pada 2023. Saat itu, Garuda menerima penghargaan keenam kalinya, setelah sebelumnya diperoleh pada 2014 hingga 2018.

Posisi puncak diraih oleh Singapore Airlines yang diterima oleh VP Senior Tan Pee Check yang menyebutkan capaian itu berkat 'dedikasi dan profesionalisme yang tak tergoyahkan' dari tim penerbangannya. Maskapai negeri singa juga meraih penghargaan Best First Class service dan Best Airline in Asia.

 

 

Berikut daftar lengkap World's Best Cabin Crew 2024:

1. Singapore Airlines

2. ANA All Nippon Airways

3. Garuda Indonesia

4. EVA Air

5. Cathay Pacific Airways

6. Hainan Airlines

7. Japan Airlines

8. Thai Airways

9. Qatar Airways

10. Malaysia Airlines

Sementara itu, ANA meraih penghargaan untuk Layanan Bandara Terbaik Dunia, serta Layanan Staf Maskapai Penerbangan Terbaik di Asia. Saudia dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Paling Berkembang di Dunia, mengalahkan Starlux dari Taiwan dan Play dari Islandia di peringkat kedua dan ketiga.

4 dari 4 halaman

Maskapai Bujet Terbaik Dunia

Dalam hal anggaran penerbangan, AirAsia sekali lagi dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Bertarif Rendah Terbaik di Dunia – mengulangi pencapaian yang diraihnya setiap tahun sejak 2010. Sedangkan, Scoot dari Singapura dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Berbiaya Rendah Jarak Jauh Terbaik di Dunia.

Masih di Asia, Bangkok Airways meraih penghargaan Maskapai Regional Terbaik Dunia selama delapan tahun berturut-turut, sementara Vistara dinobatkan sebagai maskapai penerbangan India/Asia Selatan terbaik dan Fiji Airways adalah Maskapai Penerbangan Terbaik di kawasan Australia/Pasifik.

Ethiopian Airlines dinobatkan sebagai yang terbaik di Afrika, selama enam tahun berturut-turut. Turkish Airlines adalah yang terbaik di Eropa, airBaltic adalah pemenang di Eropa Timur, dan Hainan Airlines adalah yang terbaik di Tiongkok.

Delta Air Lines dinyatakan sebagai Maskapai Penerbangan Terbaik di Amerika Utara, dan juga menerima penghargaan untuk Layanan Staf Maskapai Penerbangan Terbaik untuk wilayah tersebut. Di tengah meningkatnya kesadaran terhadap kuman pasca-Covid, Cathay Pacific dinobatkan sebagai maskapai terbersih di dunia, diikuti ANA, EVA, Qatar, dan Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini