Sukses

Usai Jadi Pengantin Aceh, Beby Tsabina Tampil bak Putri Disney di Resepsi Pernikahan

Beby Tsabina memamerkan gaun pernikahan mewah bak Putri Disney dengan bahan brokat dan potongan kerah square.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris dan model Beby Tsabina baru saja melangsungkan resepsi pernikahannya. Dalam unggahan Instagram pribadinya @bebytsabina pada 25 Juni 2024, Beby membagikan momen tersebut dalam serangkaian foto-foto. Berbeda dari saat akad nikah yang mengusung tradisi Aceh, Beby dan suaminya, Rizky Natakusumah, tampak berjalan bergandengan menggunakan attire ala Barat, berdansa bersama, dan berfoto dengan latar pelaminan yang dihiasi oleh gugusan bunga warna biru yang menarik perhatian mata.

Gaun pernikahan yang dikenakan oleh Beby adalah rancangan dari Monica Ivena. Gaun berwarna salmon pucat tersebut punya potongan yang ramping di pinggang dan bagian rok yang mengembang dan panjang sehingga saat Beby berjalan, gaun tersebut tampak anggun mengikuti langkah kakinya.

Gaun bak Putri Disney ini berpotongan kerah berbentuk square yang menampakkan sempurna leher jenjang Beby. Selain itu, gaun yang dilapisi dengan kain brokat dan payet ini, punya lengan yang terawang sehingga terlihat kontras dengan bagian rok gaun yang tebal dan tertutup puring bagian dalam.

Potongan gaun pada bagian yang menyeret ke lantai adalah bulat dengan ujung kain yang beragam sehingga tidak bulat sempurna seperti telur. Ini menarik sebab menunjukkan bahwa dari atas hingga bawah, gaun Beby konsisten menggunakan motif brokat yang sama.

Selain itu, hiasan yang dipakai Beby bersama dengan gaun ini tampak sederhana. Untuk hiasan kepala, Beby hanya mengenakan bando tipis berukir warna silver yang menarik rambutnya ke belakang secara rapi. 

Beby juga mengenakan sebuah kalung yang punya untaian senada dengan bandonya. Untuk anting, beby memakai sepasang anting bulat yang menempel langsung ke daun telinganya. Hiasan-hiasan sederhana ini melengkapi gaun Beby yang extravagant sehingga tidak terlihat berlebihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bridal Robe Juga Sama Mewahnya

Sesaat sebelum resepsi, pengantin wanita biasanya memakai bridal robe atau jubah pengantin sambil dihias oleh Make Up Artistnya. Bridal robe kebanyakan orang sangatlah sederhana, biasa terbuat dari satin atau bahkan hanya memakai jubah mandi dari hotel.

Berbeda dengan itu, Beby punya bridal robe sendiri yang juga dirancang oleh Monica Ivena. Dalam foto yang dibagikannya, Beby berpose menggunakan bridal robe warna putih dengan potongan ala kimono dan kerah model sabrina yang terbuka.

Jubah pengantin tersebut dilengkapi dengan korset yang dipasang di bagian luar. Uniknya, meski hanya dipakai sesaat, bridal robe Beby tetap punya hiasan bordir motif floral yang abstrak namun tetap indah. 

Pada bagian ujung lengannya, punya potongan super panjang yang sampai menyeret ke lantai, sedangkan potongan bagian badan dibuat slim fit mengikuti bentuk tubuh Beby. Tampak bridal robe tersebut punya belahan di bagian tengahnya yang masih cukup sopan dan tertutup.

3 dari 4 halaman

Buat Prosesi Adat Aceh Sebelum Pernikahan

Menjelang pernikahannya berbagai rangkaian acara telah digelar antara lain pengajian dan siraman, serta tradisi adat Aceh Boh Gaca. Dikutip dari kanal Lifestyle Liputan6.com, hal itu terungkap dalam unggahan terbaru aktris bernama lengkap Cut Putri Tsabina itu di laman Instagramnya Sabtu, 22 Juni 2024. Ia mengunggah ketiga momen tersebut secara hampir bersamaan, setelah sebelumnya sempat mengungkap acara bridal shower serta potret prewedding.

Di antara momen tersebut, yang paling membuat warganet heboh adalah ketika Beby Tsabina mengungkap prosesi adat Aceh Boh Gaca. Hal ini lantaran dekorasinya tampak cantik dan mewah.

Tradisi Boh Gaca adalah tradisi orang Aceh saat seorang anak gadis hendak menikah. Mengutip dari laman Diskominfo Aceh, dalam bahasa indonesia, Boh Gaca berarti memakaikan inai atau henna dan daun pacar yang telah digiling atau dihaluskan pada telapak tangan, jari-jari tangan, dan kaki.

Tradisi Boh Gaca juga menjadi momen meminta dan memberi doa restu agar kelak pernikahan mempelai pengantin berlangsung lancar. Di prosesi tersebut, tampak Beby duduk sendiri di pelaminan dalam nuansa merah muda. Sementara, Beby dan sang ibu memakai busana biru pastel yang terlihat cocok dan senada dengan dekorasinya. 

4 dari 4 halaman

Kenakan Daro Baro di Hari Pernikahan

Berdarah Aceh, tak mengherankan bila prosesi pernikahan Beby dan Rizki dilaksanakan dengan adat Aceh. Perempuan bernama asli Cut Putri Tsabina itu juga mengenakan dara baro, sebutan untuk baju pengantin Aceh berwarna merah terang bersulam benang emas.

 

Mengutip laman Bride Story, baju adat aceh dara baro terdiri dari tiga bagian kelengkapan. Pertama adalah atasan yang disebut sebagai baju kurung. Secara tradisional, busana pengantin perempuan Aceh biasanya menggunakan bahan beludru dan satin.

Tetapi, belakangan ada yang memodifikasinya dengan menggunakan renda, brokat, roberto, dan organza. Baju kurung tersebut merupakan hasil peleburan budaya Melayu, Islam, dan China.

Pengaruh China bisa terlihat dari desain kerahnya yang menyerupai pakaian cheongsam China. Sementara, potongannya yang cenderung longgar dan tidak memperlihatkan bentuk tubuh mengikuti syariat Islam. Sentuhan Melayu terletak pada bagian songketnya yang kaya akan benang perak dan emas.

Bagian kedua adalah celana cekak musang, yakni celana panjang yang berpotongan melebar ke bawah. Mengutip jurnal berjudul Modifikasi Busana Pengantin Adat Aceh Pesisir di Kalangan Perias Pengantin, penggunaan celana dimaksudkan agar wanita Aceh dapat bergerak dengan lincah.

Secara tradisional, baju kurung biasanya berwarna cerah sedangkan celananya berwarna hitam. Tapi pada busana adat modifikasi, warna yang digunakan sama antara baju dan celana, begitu pula dengan sarung songket di luar celana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini