Sukses

Sambut Libur Sekolah, Biaya Naik Kereta Api Wisata Didiskon hingga 15 Persen

PT KAI juga menyewakan kereta api untuk kamu yang ingin jalan-jalan bersama dengan rombongan. Pada periode libur sekolah ini, juga ada diskon hingga 15 persen yang bisa dimanfaatkan untuk merasakan sensasi carter kereta yang eksklusif

Liputan6.com, Jakarta - Libur sekolah merupakan salah satu waktu yang kerap diisi untuk liburan bersama anggota keluarga. Di antara sekian banyak moda transportasi, kereta api termasuk jadi favorit lantaran nyaman dan waktu perjalanan yang lebih terprediksi.

Selain gerbong kereta reguler, PT KAI juga menyewakan rangkaian kereta api wisata (KAI) wisata untuk penumpang umum. Gerbong kereta api yang disewakan juga tidak melulu sama dengan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

Dalam rilis yang diterima tim Lifestyle Liputan6.com, Selasa, 25 Juni 2024, KAI Wisata memberikan diskon hingga 15 persen untuk biaya carter Kereta Wisata selama libur panjang sekolah. Promo berlaku untuk Kereta Wisata Tipe Tematik. seperti Tipe Sumatera, Tipe Bali, Tipe Nusantara, Tipe Jawa dan Tipe Toraja, Kereta Tipe Priority & Tipe Imperial, serta Kereta Panoramic. 

"Melalui diskon spesial ini, kami ingin mengajak para pelanggan, komunitas sekolah, dan masyarakat umum untuk berlibur menggunakan Kereta Wisata bersama dengan orang-orang terdekat maupun keluarga," sebut Hendy Helmy, Direktur Utama PT KAI Wisata.

Selain diskon, para penumpang kereta carter juga akan dibagikan bantal leher sebagai merchandise. Promo berlaku untuk pemesana pada 20 Juni--21 Juli 2024 dengan waktu pemberangkatan hingga 31 Juli 2024. Pemesanan bisa dilakukan H-7 hari keberangkatan.

KAI Wisata juga memberikan layanan ekslusif kepada penumpang Kereta Wisata (Pola Carter), di antaranya penumpang dapat menggunakan ruang tunggu VIP, mendapatkan sajian makanan/minuman, mendapatkan free wifi, dan dapat menggunakan fasilitas minibar serta menikmati karaoke sepanjang perjalanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KAI Wisata Juga Sediakan Diskon untuk Penumpang Tanpa Rombongan

Selain rombongan, KAI Wisata juga menyediakan skema lain untuk mengakomodasi penumpang individu yang ingin menikmati fasilitas kereta wisata. Jenis kereta yang digunakan dalam skema ini adalah Kereta Panoramic dan Kereta Priority.

KAI Wisata juga tetap memberlakukan diskon 15 persen untuk penumpang yang memilih pola FIT atau Free Independent Traveller. Program tersebut juga masih masuk ke dalam "Schooliday Kereta Wisata". Bedanya, Anda harus ikut dengan tanggal yang ditentukan.

Adapun detail programnya adalah sebagai berikut:

  • Schooliday Collecting Stamp Challenge, berlangsung pada 21-23 Juni 2024, pada KA Papandayan Panoramic (Garut-Gambir), KA Pangandaran Panoramic (Gambir-Banjar), KA Argo Wilis Panoramic (Surabaya Gubeng – Bandung) dan KA Bogowonto Priority (Lempuyangan – Pasar Senen)
  • Schooliday Bagi-Bagi Es Krim bekerja sama dengan Paletas Wey, pada 28 Juni 2024, pada KA Pangandaran Panoramic (Gambir -Bandung) dan KA Papandayan Panoramic (Bandung-Gambir)
  • Special Trip: Despicable Me 4 On Panoramic Train bekerja sama dengan XXI, pada 1--3 Juli 2024, KA Pangandaran Panoramic (Gambir-Bandung) dan KA Papandayan Panoramic (Bandung-Gambir) 

 

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Kereta Wisata Tematik

 

Dikutip dari laman web resmi kaiwisata.id, berdiri sejak 2009, KAI Wisata menyajikan layanan yang meliputi paket-paket wisata menggunakan kereta api sebagai transportasi utama didukung dengan angkutan lanjutan, serta layanan penunjangnya seperti ticketing domestik dan internasional. Selain menyewakan gerbong, KAI Wisata juga menyediakan paket tur wisata yang bisa dipesan oleh masyarakat. Biro perjalanan dari KAI Wisata bahkan juga menawarkan paket wisata hingga ke luar negeri. 

Ada delapan jenis kereta api wisata tematik. Gerbong yang disediakan disesuaikan dengan tema yang sama dengan namanya. Fasilitas dan harga yang ditawarkan pun berbeda-beda. Berikut delapan Kereta Wisata yang bisa dicarter untuk liburan.

1. Kereta Wisata Nusantara

Kereta api jenis ini memiliki desain interior dan segala pernak-perniknya yang menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok pulau di nusantara. Punya kapasitas hingga 19 orang, kereta api ini juga menyediakan balkon, kamar tidur untuk dua orang dewasa, mini bar, dan toilet.

2. Kereta Wisata Bali

Kereta Wisata dengan tema Bali ini punya kapasitas hingga 20 orang, ruangan utama yang bisa dipakai untuk karaoke, toilet, ruangan VVIP, dan mini bar.

3. Kereta Wisata Toraja

Kereta api ini punya ciri khas motif Toraja yang unik membalut desain interiornya. Dengan kapasitas tempat duduk 22 orang, kereta ini juga punya ruang utama yang bisa dipakai karaoke, ruang VVIP, toilet, ruang bagasi, dan mini bar.

 

4 dari 4 halaman

4. Kereta Wisata Jawa

 

 

Kereta wisata satu ini cukup istimewa. Dengan interior khas budaya Jawa, Kereta Wisata Jawa berkapasitas hingga 20 tempat duduk. Kereta ini menyediakan kamar tidur, ruang utama dengan hiburan karaoke, ruang serbaguna, ruang bagasi, toilet, dan mini bar.

5. Kereta Wisata Sumatera

Kereta Wisata Sumater sangat cocok untuk perjalanan bisnis karena bisa memuat hingga 22 orang dan menyediakan ruang meeting yang cukup besar. Kereta ini juga punya ruang serbaguna, ruang utama dilengkapi dengan karaoke, mini bar, dan toilet.

6. Kereta Wisata Imperial

Kereta jenis ini bisa memuat hingga 22 orang dan menyediakan tv layar lebar serta tempat istirahat kaki dan lengan. Di sini juga ada mini bar, toilet, dan bagasi yang bisa muat hingga 20 kg.

7. Kereta Wisata Priority

Kereta jenis ini adalah yang paling besar kapasitasnya karena bisa memuat hingga 30 orang dalam satu gerbong. Menyediakan hiburan film, kereta ini juga punya layar sentuh yang bisa memainkan multimedia, karaoke, mini bar, dan toilet.

8. Kereta Wisata Retro

Jenis kereta ini adalah Kereta Wisata yang paling baru yang diluncurkan oleh KAI Wisata. Punya kapasitas 20 orang dengan tv layar lebar dan sistem karaoke, kereta ini dihiasi dengan interion klasik yang mewah dan nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini