Sukses

Mamat Alkatiri Resmi Nikahi Nafha Firah,Tampil Beda Pakai Baju Arab dan Bugis

Komedian Mamat Alkatiri sudah resmi menikah pada Senin, 24 Juni 2024, Mamat telah melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya, Nafha Firah di kampung halaman mempelai wanita di Mamuju, Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Komedian Mamat Alkatiri sudah resmi menikah. Dikabarkan bahwa Mamat pada Senin, 24 Juni 2024 telah melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya, Nafha Firah di kampung halaman mempelai wanita di Mamuju, Sulawesi Barat.

Dari video dan foto yang beredar, pria bernama asli Muhammad Yusram Farid Alkatiri tersebut tampak melakukan akad menggunakan pakaian khas Arab dengan penutup kepala keffiyeh. Mamat memang memiliki darah keturunan Arab dan menyandang nama keluarga 'Alkatiri'.

Saat berlangsungnya akad, tidak tampak sang mempelai wanita. Namun, dari foto pascaakad yang beredar, Nafha hadir menggunakan gaun pernikahan warna putih panjang dengan kerudung berwarna seragam. Nafha juga mengenakan tudung dari kain tile warna putih yang menerawang dan menjuntai hingga ke menyeret lantai serta sebuah tiara.

Dalam foto akad, Mamat terlihat memakai gamis putih panjang yang dilapisi dengan jas warna hitam yang kontras. Ia juga menambahkan sepatu pantofel kulit warna hitam sehingga terlihat serasi. Menariknya, para tamu undangan yang hadiri terlihat kompak megenakan busana gamis serba putih baik itu tamu pria maupun wanita.

Saat resepsi, kedua mempelai tampak mengenakan baju adat Bugis. Dalam Insta Story yang dibagikan oleh Nafha, ia memakai baju kurung dengan payet berwarna hijau olive.

Baju tersebut disambungkan dengan kain khas Bugis yang dikenal sebagai Lipa Sabbe dengan warna dasar hitam dan motif warna hijau.  Selain itu, Nafha juga memakai kerudung segi empat serasi dengan warna bajunya yang dipakai rapi dan dihiasi dengan mahkota pengantin Bugis bernama Saloko Pinang Goyang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mamat Ikut Pakai Baju Adat Bugis

Mahkota adat yang dipakai oleh Nafha tampak lebih sederhana dan modern ketimbang yang biasa dikenakan oleh pengantin Bugis tradisional. Perempuan yang bertemu dengan Mamat via TikTok ini juga menghias wajahnya dengan dandanan yang tidak terlalu menor namun tetap apik.

Di sisi lain, Mamat yang lahir di Ambon dan besar di Fakfak, Papua Barat ikut menggunakan pakaian adat Bugis. Dirinya tampil dengan atasan beskap atau ja tutup warna hitam yang dipadukan dengan kain Lipa Sabbe warna hijau olive yang serasi dengan baju kekasihnya.

Bajunya berhias sebuah selempang dan menyelipkan Badik di bagian perut. Mamat juga memakai kopiah hitam dan gelang tembaga besar sebagai perhiasan.

Meski belum membagikan momen pernikahannya tersebut secara resmi di media sosial, para komika dan teman-temannya sudah lebih dahulu mengucapkan selamat kepada Mamat lewat akun media sosial mereka masing-masing.

"Selamat menikah @MamatAlkatiri bahagia dunia akhirat yaaa 🥰🙏🏽," ucap Arie Kriting di akun X-nya @Arie_Kriting.

3 dari 4 halaman

Mamat Menangis Sambil Peluk Ari

"Sah! @MamatAlkatiri," kata host dan komedian Abdel Achrian.

"Selamat dan maaf ya @MamatAlkatiri tidak bisa hadir. Oh iya Mat, masa di IG ada yang komen: “Bagaimana hukumnya menikahi sandra?”," kata komedian dan aktor Adjis Doaibu lewat akun X-nya.

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Selasa, 25 Juni 2024, salah satu komika yang hadir di acara pernikahan Mamat Alkatiri adalah Arie Kriting. Momen mengharukan pun diperlihatkan Arie saat ia sedang menghampiri pengantin baru itu. Rupanya, Mamat tak bisa menahan tangis sembari memeluk sahabatnya itu.

Di balik momen tangis Mamat selama berpelukan dengan Arie, suami Indah Permatasari turut mengungkapkan perasaan ikut bahagia serta doa terbaik untuk sahabatnya itu. Ucapan selamat juga disampaikan Abdel Achrian dan beberapa komedian ternama termasuk Praz Teguh.

"Dulu dia pikir saya prank dia. Alhamdulillah manusia ini tidak mengikuti perasaan su’udzonnya kepada saya. Dan akhirnya dia menemukan pelabuhan terakhirnya," tulis Arie Kriting sembari berharap, mengutip dari Instagram @arie_kriting.

 

4 dari 4 halaman

Apa Arti Mamat Gunshop di Medsos? Ini Asal Mulanya

Para pengikut dan fans di internet turut memberikan ucapan selamat pada sang komika sambil menyelipkan lelucon soal Mamat yang dituduh sebagai distributor senjata api dengan kedai "Mamat Gunshop". Lelucon tersebut pertama kali muncul di internet dan jadi remarks para fans pada Mamat hingga saat ini.

Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, diketahui istilah tersebut menjadi sorotan setelah calon presiden (capres) nomor 3 Ganjar Pranowo merespons terkait hal tersebut.

Melansir dari beberapa sumber, istilah Mamat Gunshop diduga berawal dari candaan saling ejek antara komedian Mamat Alkatiri, Abdur Arsyad, dan Arie Kriting. Ketiganya merupakan komedian yang sering membuat candaan dan konten bersama di media sosial. Namun perlu diketahui konteks tersebut merupakan candaan dan bukan toko senjata yang nyata.

Sementara itu, viralnya candaan tersebut juga sampai membuat nama "Mamat Gunshop" beredar di Google Maps. Meskipun muncul di Google Maps, toko tersebut hanya fiktif belaka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini