Sukses

Jauh-Jauh ke Thailand, Turis Indonesia Sebut Nuansa Phuket Mirip Lamongan

Setelah viral, ada pula warganet yang berpendapat bahwa suasana Phuket, Thailand mirip dengan Jalur Pantura.

Liputan6.com, Jakarta - Thailand merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang kerap didatangi para wisatawan, termasuk dari Indonesia. Rela jauh-jauh terbang ke Negeri Gajah Putih, seorang turis Indonesia kaget dengan suasana di Phuket. Setiap orang tentu punya kesan tersendiri terhadap tempat yang dikunjungi, tapi reaksi perempuan ini termasuk unik.

Momen itu diunggah akun TikTok @sylvi3009 pada Sabtu, 22 Juni 2024. Pelancong asal Indonesia ini terkejut saat berkunjung ke Phuket, karena menurutnya, suasananya mirip di Lamongan, Jawa Timur. "Kenapa gak ada yang bilang kalau Phuket mirip Lamongan?” tulisnya dalam unggahan tersebut.

Di video itu, pemilik akun terlihat asyik merekam suasana jalanan di salah satu pulau ternama di Thailand ini. Video tersebut menampilkan jalan layang di Phuket yang suasananya disebut hampir mirip dengan Indonesia.

Banyak tiang listrik hingga lampu jalan, sementara sepeda motor hingga mobil sibuk lalu-lalang. Di sekelilingnya, tampak pantai dan pemukiman warga. Tak heran, wisatawan Indonesia ini menyamakannya dengan kota di Tanah Air

Momen terekamnya suasana Phuket di Thailand yang disebut mirip Lamongan ini sontak mengundang komentar warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah dilihat lebih dari satu juta kali.

"Vibes-nya kayak Pantura," komentar seorang warganet. "Thailand itu sama aja kayak Indo,” sahut warganet lain. "Kok mirip pertigaan arepe nang WBL lamongan😂😂😂,” kata warganet yang lain. "Phuket old town bagus? pas ak ksana kok B aja😭 bagusan kota lama semarang😭,” ujar yang lain.

"Tapi phuket sangat bersih bali saja kalah hahahah... transportasi umum ga ada harga nembak ga ada calo2 taksii, semua ikut harga pemerintahnya," tulis warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Destinasi Wajib di Phuket

Phuket adalah pulau terbesar di Thailand yang membentang seluas 576 km persegi. Phuket memang sudah dari dulu terkenal akan keindahannya. Hal itu membuatnya jadi destinasi wajib bagi para pelancong. Bahkan, pesona wisatanya membuat pulau ini masuk dalam daftar destinasi terbaik di dunia versi Travelers' Choice Award 2019.

Kanal Hot Liputan6.com merangkum dari Trip Advisor, 26 Maret 2019, ada beberapa destinasi wisata Phuket yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Patong yang merepresentasi ekosotisnya pulau tersebut. Pantai ini memiliki pasir yang lembut dengan air laut jenih.

Pantai Patong juga bisa dinikmati dengan berbagai olahraga, seperti muay thai dan tinju. Hiburan malam juga ada di Pantai Paton, dengan restoran berjajar di dekat pantai. Pantai ini terutama jadi favorit para wisatawan Eropa.

Phuket Fantasea pun bisa jadi destinasi wajib liburan di Phuket. Destinasi ini berupa taman bermain yang menampilkan berbagai pertunjukan budaya, termasuk pertunjukan gajah khas negara itu.

3 dari 4 halaman

Pasir Putih di Phi Phi Island

Selain pertunjukan budaya, Phuket Fantasea jadi pusat belanja dan pameran. Malam di Phuket akan jadi sangat indah, dengan kembang api selalu dinyalakan setiap malamnya.

Destinasi favorit lainnya adalah Phi Phi Island, yaitu sebuah pantai dengan pasir putih lembut. Dengan air yang terlihat sangat jernih, siapa saja yang melihatnya pasti akan merasa ingin berenang di sana.

Eksotisme pantai ini ialah banyaknya gugusan pulau cantik dan bagus untuk dijadikan latar belakang foto. Destinasi wisata ini sangat populer, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung di hari libur dan akan membuat pantai ini sangat padat.

Namun seperti tujuan wisata lain, turis tetap tidak boleh lengah saat melancong ke Thailand. Belum lama ini di Phuket, seorang penjaga pantai dilaporkan membantu seorang perempuan asing menangkap seorang pria Amerika yang mencuri ponselnya saat ia sedang berenang di Pantai Kata, Phuket, 1 Juni 2024.

Melansir The Thaiger, 5 Juni 2024, perempuan asing tersebut meninggalkan ponselnya di pantai saat ia berenang, sehingga memberi kesempatan pada pria Amerika tersebut untuk mencuri barang tersebut. Video yang memperlihatkan terduga pelaku dan korban yang mengenakan pakaian renang berwarna merah muda sedang bertengkar jadi viral di media sosial.

4 dari 4 halaman

Pencuri Ponsel di Phuket

Perempuan asing itu terlihat berusaha mendapatkan ponselnya kembali, sementara terduga pencuri itu menjauh darinya dan menyangkal tuduhan tersebut. Wisatawan mancanegara (wisman) itu memperhatikan si pencuri memasukkan ponselnya ke dalam saku celana pendek.

Ia kemudian menarik celana pendeknya dalam upaya mengambil barangnnya dan terus meneriakinya karena melakukan tindakan kriminal. "Dia mencuri barang saya! Kamu mencuri ponsel saya!" jeritnya.

Pria Amerika itu tetap diam sampai penjaga pantai Thailand mendekatinya dan mengeluarkan ponsel dari saku celana pendeknya. Penjaga pantai meminta pencuri asing itu duduk dan menunggu polisi di tempat kejadian, dan tersangka tidak berusaha melarikan diri.

Halaman berita Facebook, Phuket Hotnews, melaporkan bahwa si terduga pencuri dibawa ke Kantor Polisi Karon untuk diinterogasi. Polisi melaporkan bahwa wisatawan asing itu tampak mabuk.

Polisi mendakwanya berdasarkan Pasal 378 KUHP karena si pelaku dalam keadaan mabuk dengan mengonsumsi minuman beralkohol atau bahan memabukkan lain dan menimbulkan onar di tempat umum. Hukumannya adalah denda hingga lima ribu baht (sekitar Rp2,2 juta). Petugas melaporkan bahwa mereka tidak mengajukan tuntutan apapun terkait pencurian tersebut karena korban sudah mendapatkan ponselnya kembali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.