Sukses

Tanggapan Sandiaga Uno Soal Anang Hermansyah Jadi Duta Promosi Pulau Jeju Korea Selatan

Menparekraf Sandiaga Uno ikut memberikan tanggapan mengenai terpilihnya Anang jadi Duta Promosi Pulau Jeju di Korea Selatan. Menurutnya itu tidak jadi masalah dan bahkan patut diapresiasi.

Liputan6.com, Jakarta - Anang Hermansyah belum lama ini dikanbarkan ditunjuk sebagai ambassador atau duta promosi Pulau Jeju, Korea Selatan. Anang dipilih sebagai influencer Indonesia yang bisa turut mempromosikan destinasi wisata di negeri ginsang itu. Meski banyak yang memuji, tak sedikit warganet yang mencibir dan mengkritik karena Anang mempromosikan tempat wsiata negara lain.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ikut memberikan tanggapan. Menurutnya, terpilihnya Anang jadi Duta Promosi Pulau Jeju tidak jadi masalah dan bahkan patut diapresiasi.

Sandiaga Uno mengaku tidak keberatan dengan keputusan itu, apalagi Anang juga merupakan pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. "Itu sah-sah saja, tidak masalah. Mas Anang juga seorang enterpreuner dan dia didapuk menjadi duta wisata Pulau Jeju, dan kita punya hubungan baik dengan pariwisata Korea,” ucap pria yang biasa disapa Sandi ini dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin, 24 Juni 2024.

Menurut Sandi, didapuknya Anang bisa merupakan hal yang positif. Tak menutup kemungkinan terpilihnya suami Ashanty itu bisa turut memberikan pengaruh pada kenaikan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

"Apakah ada dampak kunjungan wisman ke Indonesia? Mungkin saja. Saya bisa titipkan ke Mas Anang untuk promosikan destinasi wisata di Indonesia. Saya menanggapinya justru positif. Saat jadi duta pasti ada yang tanya juga negara asal mas Anang, dan dia bisa secara tidak langsung mempromosikan Indonesia," terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Penunjukan Anang Sebagai Duta Promosi

Penunjukan Anang sebagai influencer asal Indonesia ini dilakukan untuk memperluas jangkauannya ke pasar pariwisata Asia Tenggara. Nantinya, Anang akan membuat berbagai konten mengenai restoran halal di Jeju, makanan tradisional Jeju, dan sebagainya.

Dilansir dari The Korean Herald, Pemerintah Korea Selatan menunjuk seorang duta promosi Pulau Jeju dengan tujuan memperluas jangkuannya ke pasar pariwisata Asia Tenggara. Pada Jumat, 21 Juni 2024 mereka resmi mengangkat Anang Hermansyah yang dikategorikan sebagai seorang influencer dengan 6,56 juta pelanggan YouTube dan 4,7 juta pengikut di Instagram.

Pemberian amanat tersebut bahkan diliput salah satu stasiun TV Korea Selatan, dimana Anang, Ashanty beserta kedua anak mereka tampak berfoto bersama dengan Gubernur Jeju, Oh Young Hun di Kantor Pemerintah Jeju.Pada pertemuan tersebut, Gubernur Jeju menyerahkan sertifikat penunjukan duta serta kenang-kenangan kepada Anang Hermansyah dan istrinya.

Anang dan Ashanty dikenal sebagai pasangan yang banyak membuat konten terkait musik dan video yang menampilkan kunjungan mereka ke destinasi wisata di berbagai kota dan negara sambil menyoroti budaya makanan yang beragam dan tradisi lokal yang unik.

3 dari 4 halaman

Kunjungan ke Pulau Jeju

Gubernur Oh menyampaikan harapannya yang besar agar Anang dan keluarganya dapat terus mempromosikan beragam aspek menarik dari Jeju serta menginspirasi lebih banyak wisatawan Indonesia untuk mengunjungi pulau tersebut.

Dalam pernyataannya, Gubernur Oh mengungkapkan keyakinannya bahwa Anang dan keluarganya, dengan pengaruh dan popularitas mereka yang luas, akan mampu menyoroti keindahan alam, budaya unik, dan berbagai pengalaman yang ditawarkan oleh Jeju. Dengan demikian, diharapkan semakin banyak orang Indonesia yang tertarik untuk menjelajahi dan menikmati keajaiban Jeju.

Upaya promosi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan dari Indonesia dan mempererat hubungan budaya antara kedua wilayah. Keluarga Anang Hermansyah menghabiskan dua hari yang penuh pengalaman di Jeju, mulai dari tanggal 21 hingga 22 Juni 2024.

Selama kunjungan mereka, keluarga ini menjalani jadwal yang padat dan beragam, mencakup kunjungan ke restoran-restoran yang ramah bagi Muslim, serta menikmati hidangan khas tradisional Jeju. Selain mencicipi kuliner, mereka juga mendalami pengalaman budaya yang khas dari Jeju, seperti budaya Haenyeo, yaitu para penyelam wanita tradisional yang terkenal.

4 dari 4 halaman

Piknik di Tepi Sungai Han

Semua kegiatan ini diabadikan oleh keluarga Anang dalam bentuk konten menarik yang nantinya akan mereka bagikan melalui akun media sosial mereka. Dengan harapan dapat memberikan gambaran yang autentik dan mendalam mengenai keunikan dan keindahan Jeju kepada para pengikut mereka di Indonesia.

Anang dan Ashanty  sebelumnya sudah menikmati berbagai tempat wisata di Korea Selatan. Dalam liburannya tersebut keduanya turut mengajak kedua buah hatinya yaitu Arsya dan Arsy. Keluarga ini sampai di Negeri Gingseng tersebut pada 14 Juni 2024 dan berada di Korea selama sembilan hari.

Berdekatan dengan momen Iduladha, keluarga Hermansyah memilih untuk merayakamnya di sana. Pada kanal YouTubenya, Anang mengunggah banyak momen seru ketika kulineran dan menikmati momen piknik di Sungai Han.

Melansir kanal Hot Liputan6.com, 20 Juni 2024, mereka terlihat menyiapkan makanan berupa mi yang dibuat melalui fasilitas umum di dekat Sungai Han. Sambil menggelar tikar dan meja, momen piknik itu terlihat menyenangkan. Ashanty mengungkapkan bahwa ini kali kedua keluarganya piknik ke Sungai Han.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.