Sukses

Cegah Pelecehan Seksual, Atlet Olimpiade Jepang Akan Kenakan Pakaian Anti-Kamera Inframerah

Tingginya angka pria yang mengambil foto atlet wanita yang bertujuan melecehkan seksual di Jepang mendorong produsen pakaian olahraga dan komite Olimpiade Jepang mengantisipasi hal terburuk untuk atlet mereka di Olimpiade 2024 di Paris.

Liputan6.com, Jakarta -- Olimpiade Paris 2024 tinggal sebulan lagi. Masing-masing delegasi negara sudah menyiapkan yang terbaik dari unsur atlet hingga pendukungnya. Tak terkecuali dengan Jepang. Dilaporkan bahwa negara ini akan memberikan atletnya baju olahraga spesial sebagai persiapan dalam Olimpiade.

Dikutip dari The Verge, Kamis, 27 Juni 2024, Le Monde melaporkan bahwa para atlet bola voli, atletik, dan tim Jepang lainnya akan berkompetisi dengan mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan baru yang dapat menyerap cahaya inframerah dengan lebih baik. Mirip dengan teknologi pada pesawat pengintai siluman yang menghindari deteksi dengan membelokkan sinyal radar menjauh dari detektor, pakaian tersebut menyerap dan mencegah cahaya inframerah mencapai kamera dan sensor inframerah.

Pada 2020, para atlet Jepang mengajukan keluhan kepada Komite Olimpiade Jepang setelah menemukan, "Foto diri mereka dibagikan di media sosial dengan keterangan seksual eksplisit," menurut The Japan Times. Sejak itu, Mizuno, Sumitomo Metal Mining, dan Kyodo Printing bersama-sama mengembangkan bahan kain baru yang cukup elastis untuk digunakan dalam seragam atletik sekaligus melindungi atlet dan pelecehan seksual dengan kamera tersebut.

Beberapa perangkat secara tidak sengaja menunjukkan penginderaan inframerah yang digunakan dalam kacamata night vision. Saat digunakan pada manusia, fotografi inframerah dapat memperlihatkan garis-garis tubuh seseorang atau pakaian dalam yang dikenakan di balik lapisan tipis pakaian, seperti yang dikenakan oleh atlet. Dalam eksperimen yang dibagikan oleh Mizuno, cetakan lambang baju yang ada di bawah lapisan baju olahraga dan kain penyerap inframerah hampir seluruhnya tertutup saat difoto dengan kamera inframerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Maraknya Kasus Pengambilan Foto Tanpa Konsen untuk Tujuan Seksual di Jepang

Beberapa lapisan kain anti-inframerah yang menyerap cahaya akan lebih membantu. Tetapi karena para atlet mengkhawatirkan soal panas ekstrem yang diperkirakan terjadi di Olimpiade Paris mendatang, seragam tersebut perlu mencapai keseimbangan antara melindungi dari makhluk merayap yang invasif sekaligus menjaga peserta tetap sejuk dan nyaman.

Meskipun banyak orang memuji Jepang karena tingkat kejahatan dan keamanannya yang relatif rendah, wanita sering kali mengalami sebaliknya. Salah satu masalahnya adalah fotografi non-konsensual.

Dilansir dari Unseen Japan, kasus memotret orang tanpa izin ini meningkat pada tahun 2023 hingga mencapai rekor 5.700 insiden secara nasional, dengan 80 persen dari kejahatan tersebut dilakukan dengan ponsel pintar. Namun, atlet wanita di Jepang menghadapi bentuk pelecehan seksual yang berbeda. Beberapa pria datang ke acara olahraga yang menampilkan atlet wanita, bukan untuk menikmati olahraga tersebut, namun untuk memotret para atlet secara seksual.

Dalam banyak kasus, mereka bahkan secara eksplisit menargetkan anak di bawah umur dengan muncul untuk mengambil foto di pertandingan olahraga anak perempuan tingkat menengah dan menengah atas. Para pelaku kemudian mengunggah foto-foto tersebut secara anonim di media sosial agar dapat dilihat oleh pria lain. Dalam beberapa kasus lain, menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

3 dari 4 halaman

Pemerintah Daerah Bergerak Basmi Foto Atlet Wanita

Para atlet telah berbicara di media tentang bagaimana mereka menganggap fotografi seksual yang merendahkan seperti ini sangat mengganggu. Mantan pesenam Tanaka Rie menceritakan kepada TBS tentang bagaimana dia bisa mendengar suara kamera berbunyi klik saat dia membuka kakinya untuk melakukan handstand di palang sejajar.

"Saya menjadi marah dan panas – emosi seperti itu, Anda tahu? Saya berpikir, 'Saya tidak bersaing di sini untuk diambil fotonya seperti ini.'"

Pada 2023, Jepang mengeluarkan undang-undang baru yang mengatur fotografi non-konsensual. Namun, hal tersebut tidak termasuk pengambilan foto atlet wanita dengan tujuan seksual yang dianggap oleh pemerintah sebagai zona abu-abu dalam hukum.

Sebagai tanggapannya, beberapa pemerintah daerah, seperti Prefektur Fukuoka, telah mengeluarkan peraturan yang menyatakan pengambilan gambar atlet wanita dengan niat seksual sebagai bentuk pelecehan seksual. Tahun lalu, Kyoto mengajukan tuntutan terhadap seorang pegawai negeri berusia 39 tahun karena terus-menerus mengambil foto bagian bawah tubuh atlet wanita serta payudara mereka pada perlombaan Ekiden tingkat nasional.

Pria itu secara eksplisit menargetkan atlet wanita di sekolah menengah dan perguruan tinggi. Pihak berwenang menemukan sekitar 180 gambar di kameranya ketika ditangkap.

4 dari 4 halaman

Kamera Inframerah Sangat Berbahaya Jika Disalahgunakan

Namun, beberapa pria di Jepang secara ilegal mengambil foto atlet wanita dengan niat yang luar biasa. Mereka menggunakan fotografi termal inframerah yang menangkap tanda panas. Kamera menangkap perbedaan panas yang terjadi karena lapisan pakaian. Artinya, jika seragam atletnya cukup tipis, pelaku bisa mengambil foto yang memperlihatkan kontur celana dalamnya.

Laporan awal mengenai bentuk penyerangan ini sudah ada sejak awal dekade ini. Sebuah artikel pada tahun 2020 di President ONLINE mencatat bahwa beberapa prefektur di Jepang telah melarang fotografi inframerah dalam upaya untuk menjaga keselamatan atlet dewasa dan anak-anak.

Pada 2021, mantan pemain bola voli Ootomo Ai mengatakan dia menjadi korban foto inframerah, serta orang-orang yang mencoba mengambil foto di dalam atau dekat kamar mandi wanita. Produsen pakaian olahraga Cramer Japan melaporkan telah menerima pertanyaan tentang fotografi inframerah sejak 2022. Pada saat itu, perusahaan tersebut mengatakan sedang mencari desain untuk membantu melindungi atlet wanita dari serangan jenis baru ini yang akhirnya bisa diluncurkan pada 2024 ini bersamaan dengan Olimpiade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.