Sukses

Lagu Tulus "INTERAKSI" Akan Diadaptasi Jadi Teater Musikal, Kapan Pentasnya?

Lagu "Interaksi" karya Tulus akan diadaptasi dalam musikal teater dengan alur cerita hubungan kompleks antara remaja yang diambil interpretasinya lewat lagu-lagu yang pernah dirilis sang musisi.

Liputan6.com, Jakarta - Kalau selama ini kita mendengar lagu Tulus dalam bentuk audio, kali ini kelompok teater Jakarta Movin didukung oleh Indonesia Kaya akan mempersembahkan teater musikal bertajuk "INTERAKSI". Mereka mengklain itu sebagai proyek adaptasi drama dari sebuah lagu pertama.

Teater musikal yang akan diselenggarakan pada 16--18 Agustus 2024 di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki tersebut terinspirasi dari lagu-lagu di album Tulus "Manusia" yang dirilis pada 2022. Menggandeng sutradara Nuya Susantono, Kristo Immanuel, dan Pradipta Kartika sebagai penulis naskah, teater ini akan menghadirkan drama yang dekat dengan kehidupan percintaan anak-anak muda saat ini berdasarkan lagu-lagu populer Tulus.

"Kita pada awalnya crossing sama industri film, berawal dengan adaptasi 'Petualangan Sherina' tahun 2017, kemudian dari sana muncul interest dari Koh Ernest buat bikin teatrikal  'Cek Toko Sebelah', Jakarta Movin juga selalu mencari cara-cara baru dan berpikir kali ini jangan adaptasi film lagi deh," sebut Nuya Susantono yang juga CEO dan Co-Founder Jakarta Movin pada acara Konferensi Pers Teater MusikaL "INTERAKSI", Kamis, 27 Juni 2024, di kawasan Jakarta Pusat.

"Nah, bagaimana kalau kita cross industrinya dengan industri musik kan industri musik banyak sekali penikmatnya," sambungnya.

Musikal teater ini akan membawakan konsep jukebox yang akan menghadirkan 23 lagu dari lima album Tulus, seperti Tujuh Belas, Labirin, Sewindu, Cahaya, dan Interaksi yang akan diaransemen sesuai dengan konsep teatrikal yang dibawa. Penasaran bagaimana wujud pertunjukan ini? Anda bisa menyaksikannya sendiri dengan membeli tiket pada tiket.com yang akan mulai dijual pada 28 Juni 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ikut Sertakan Tulus dalam Produksinya

Teater musikal itu nantinya berkisah soal remaja bernama Dio (Alvian Lapian) yang menghadapi tantangan emosional yang menggugah saat mencoba untuk move on dengan menjalin hubungan dengan teman kantornya, Matahari (Rahmania Astrini). Kisah ini terasa semakin kompleks ketika sahabat Dio, Nadia (Maisha Kanna), yang selama ini ia sukai, memutuskan untuk berpacaran dengan musuh masa kecil Dio, Fajar (Nicho Benito).

Nuya berharap pertunjukan ini jadi cerminan nyata dari perjalanan muda-mudi masa kini dalam menerima diri, menemukan harapan, dan menghargai arti hidup melalui lika-liku cinta dan pertemanan yang menggugah jiwa. Sutradara teater lulusan Imperial College of London itu juga menjelaskan alasan lagu "Interaksi" yang dipilih menjadi judul dari drama musikal ini. 

"Sebenarnya ini pilihan Kak Tulus sendiri. Selain itu, lagu "Interaksi" ini secara konteks punya banyak interpretasi dan seluruhnya masuk ke dalam alur cerita kita," sebutnya.

Nuya juga mengatakan bahwa semua produksi teater ini, sejak awal presentasi ide, Tulus juga diikutsertakan. Penyanyi kelahiran Bukittinggi tersebut juga masuk dalam tim sebagai Supervisi Kreatif.

3 dari 4 halaman

Jadwal dan Harga Tiket Musikal Teater

Pertunjukan "INTERAKSI" akan diselenggarakan sebanyak enam kali yang terbagi dalam tiga hari. Jadwalnya, pertunjukan ini akan diadakan pada Jumat, 16 Agustus 2024, pukul 15.00 dan 19.30 WIB, Sabtu, 17 Agustus 2024, pukul 15.00 dan 19.30 WIB, Minggu, 18 Agustus 2024, pukul 15.00 dan 19.30 WIB.

Untuk harga tiket yang tersedia bermacam-macam tergantung dengan kelas tiket yang dipilih. Tiket juga akan dijual dengan harga presale antara 28 Juni--29 Juni 2024. Rincian harga presale dan normal tiket bisa dilihat di bawah ini:

1. Platinum

Presale: Rp975.000

Normal: Rp1.199.000

2. Emas

Presale: Rp675.000

Normal: Rp849.000

3. Perak:

Presale: Rp575.000

Normal: Rp699.000

4. Perunggu

Presale: Rp475.000

Normal: Rp579.000

5. Balkon Depan

Presale: Rp375.000

Normal: Rp449.000

6. Balkon Belakang 

Presale: Rp275.000

Normal: Rp349.000

Nuya mengatakan bahwa target penontonnya tidak dibatasi usia tertentu. Ia merasa tidak ada batasan bagi siapa pun yang menonton karena dijamin kisah ini dan karakter dari cerita ini akan relateable dengan kehidupan sehari-hari.

"Terserah mau nonton bareng siapa aja. Kalau ada HTS-an (Hubungan Tanpa Status), mantan, atau keluarga. Memang secara spirit ini ceritanya sangat Gen Z, tapi tetapi bisa dinikmati semua usia," tutur Nuya.

Namun, Nuya mengingatkan para orangtua bahwa anak-anak di bawah 4 tahun tidak akan diizinkan masuk ke dalam gedung teater karena alasan keamanan. Ia pun meminta para orangtua untuk mempertimbangkan kembali jika ingin membawa anak menonton acara ini.

4 dari 4 halaman

Video Musik Interaksi dari Tulus yang Gambarkan Kompleksitas Hubungan Manusia

Tulus merilis video musik berjudul "Interaksi" pada pertengahan 2023 lalu dan merupakan konsep kreatif dari sang penyanyi yang terpilih untuk diwujudkan dalam bentuk visual.

Dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, proses pembuatan video musik ini melibatkan berbagai talenta, antara lain Claudia Dian, Nasrul Akbar, dan Dere sebagai Tim Kreatif, Davi Linggar sebagai Sutradara dan Penata Kamera, serta Reuben Tourino sebagai Penyunting Gambar.

Dalam pernyataan dari Tim Management Tulus, mereka menjelaskan bahwa video musik "Interaksi" menggambarkan betapa manusia memiliki kemampuan dan kekuatan untuk memilih dalam kehidupan. Namun, ada begitu banyak hal di luar kendali manusia yang juga mempengaruhi interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

"Dalam perjalanan hidup, manusia memiliki mampu dan kuasa untuk bisa memilih. Tetapi, juga begitu banyak hal di luar kendali kita. Video musik "Interaksi" adalah satu gambaran kecil dari miliaran gambar lainnya di dunia. Gambaran ketika manusia tidak selalu bisa memilih untuk bertemu, bertukar rasa, terikat, terpisah dengan apa dan siapa,” kata Tim Management Tulus melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com baru-baru ini

Video musik ini merupakan gambaran kecil dari berbagai situasi dan hubungan antara manusia yang tidak selalu bisa dipilih, seperti bertemu, berinteraksi, terikat, atau terpisah dengan orang dan hal lain di sekitarnya. Video musik "Interaksi" merupakan bagian terbaru dari album "Manusia" yang telah dirilis sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini