Sukses

Aksi Admin BMKG Baca Berita Prakiraan Cuaca ala Peramal Khodam Jadi Sorotan Online

Admin BMKG bahkan menggunakan latar belakang video yang identik dengan siaran langsung cek khodam di TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - Menjawab keluhan warganet yang mengaku bosan menonton laporan prakiraan cuaca yang begitu-begitu saja, admin akun Instagram Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Timur membalasnya dengan cara di luar kotak. Ia menirukan gaya "peramal khodam" yang belakangan jadi sorotan online.

Nuansanya dibuat kian mencekam karena rekaman itu berlatar belakang gambaran sosok Nyi Roro Kidul. "WILAYAH JATIM YANG BERPOTENSI HUJAN PEKAN INI: Kab. Probolinggo, Kab. Lumajang, Kab. Gresik, Kota Batu, Kab. Malang, Kab. Banyuwangi, Kab. Blitar, Kab. Pasuruan, Kab. Jember, Kab. Mojokerto, Kab. Jombang dan Kab. Kediri," tulisnya di keterangan unggahan, Senin, 24 Juni 2024.

"Jadi gimana? Udah bener gitu belum kak bawain prakicunya? 👹," tandas pihaknya. Tidak butuh waktu lama bagi unggahan pelesetan cek khodam itu mencatat 700-an ribu penayangan pada Jumat sore (28/6/2024), dan diserbu ragam komentar warganet. "Ini baru the real 'orang pintar' 🤣🤣🤣," kata seorang pengguna.

Ada juga yang berkelakar, "Nyai, mohon hujannya di arahkan ke kota kediri, tanaman saya butuh air nyai 😂😂😂." "Request gaya live jualan online min... 🦥," timpal yang lain, sementara pengguna berbeda menulis, "Nampaknya petugas BMKG jg masuk grup WA dg Dewa Bumi, Dewa Hujan dan Dewa Petir."

"Bisa-bisanya gak ketawa😭," imbuh seorang warganet. "Kalau di @stageof.gowa ada admin wibu di @infobmkgjuanda ada perkodaman 🗿," kata yang lain. "Tapi mbak, itu alis mbaknya sedang pasang sebelah, sebelah ya surut, apakah sedang terjadi tsumani?" canda pengguna berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tren Cek Khodam di Live TikTok

Kanal Health Liputan6.com merangkum, Selasa, 25 Juni 2024, belakangan banyak masyarakat menonton siaran langsung TikTok untuk cek khodam. Kegiatan cek khodam di media sosial semakin viral, lantaran banyak kreator konten membuat parodi.

Di live TikTok cek khodam, seorang dukun akan menebak penjaga gaib dari para penanya. Caranya, warganet menuliskan nama lengkap dan dukun akan menyebutkan jenis khodam seperti apa yang mereka miliki. Jika penanya tidak memiliki khodam, dukun akan sebut, "Kosong."

Dalam pandangan Islam, khodam adalah orang yang memberdayakan jin untuk kepentingam pribadinya. "Khodam itu adanya orang yang memberdayakan jin untuk kepentingannya dan itu tidak ada baiknya, tidak ada baiknya orang semacam itu,” kata penceramah kenamaan Indonesia, Prof. Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya, di saluran YouTube-nya.

Meski begitu, ia tidak memungkiri bahwa hal yang disebut khodam itu ada. "Itu (khodam) ada, karena jin ada, tapi walau urusannya dengan jin Islam atau sebagainya, itu tetap saja tidak baik. Akan tetapi, untuk dikatakan syirik, entar dulu, karena Nabi Sulaiman sendiri pernah minta tolong pada jin ifrit," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Akar Kata Khodam

Bagi seorang Nabi atau wali, lanjut Yahya, bisa saja mereka memiliki keistimewaan untuk melakukan itu. Namun, bagi manusia biasa, jika berurusan dengan jin, mereka bisa saja terjerumus. "Kita hawa nafsu nanti," kata dia. "Kita menginginkan sesuatu yang sesuai hawa nafsu kita, dibantu jin dan sebagainya.”

"Jadi, ini tidak ada baiknya, disebutkan dalam Al-Qur'an bahwa akan justru menambah repot pada orang tersebut," papar Buya Yahya. Perukiah kenamaan Indonesia Muhammad Faizar juga telah membahas khodam secara mendalam di kanal YouTube-nya.

Menurutnya, kata khodam diambil dari bahasa Arab "khodama yakhdumu khidmatan" yang artinya pelayan atau pembantu. "Makanya ramai di masyarakat kita bahwasanya jin yang suka membantu manusia itu disebutnya jin khodam," jelas Faizar.

Dalam dunia sihir, ada yang disebut sebagai khodimu sihr. Ini adalah khodam yang membantu dukun melancarkan serangan sihir.  Sementara, istilah jin nasab merujuk pada khodam yang diberikan secara turun temurun. Ini adalah khodam yang dulunya digunakan untuk membela atau mempertahankan keselamatan maupun harga diri orang yang diikuti.

4 dari 4 halaman

Khodam Anies Baswedan

Tren cek khodam juga menyasar Anies Baswedan. Baru-baru ini, ia melakukan Live TikTok, dan jadi sasaran warganet yang bercanda mempertanyakan khodamnya. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ternyata tidak mengerti bagaimana cara mengecek khodam.

Lewat ciuitan di X, dulunya Twitter, Anies kemudian mendapat bantuan untuk mengecek khodamnya, yang ternyata Macan Cisewu. Hewan itu digambarkan berupa ilustrasi Anies memakai kostum macanmenggemaskan. Anies pun bereaksi.

"Terima kasih, @jejenjreng sudah carikan khodam online saya. Terima kasih, @artsyreal_, ilustrasinya bagus sekali. Tapi kalau posisinya begitu, malah saya dong yang jadi khodamnya Macan Cisewu?" ungkap Anies dalam cuitannya pada 21 Juni 2024.

Macan Cisewu bukan hewan spesies tertentu, tapi dikaitkan dengan meme internet yang sempat ramai beberapa waktu lalu. Macan Cisewu adalah sebutan untuk patung harimau berwajah lucu yang sempat berdiri di Komando Rayon Militer (Koramil) 1123 Cisewu, Garut, Jawa Barat.

Bukan terlihat gagah dan berkuasa, ekspresi patung Macan Cisewu malah terlihat lucu. Macan yang jadi simbol Kodam III/Siliwangi itu malah tampak seperti kartun yang tersenyum, alih-alih menyeringai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.