Sukses

Almira Yudhoyono Pidato di Acara PBB, Pakai Kebaya dan Dipuji Bahasa Inggrisnya Lancar Seperti AHY

Almira Yudhoyono mengenakan kebaya warna biru dan memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris. Video tersebut sontak mengundang berbagai respons dari warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Video lama putri tunggal Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Almira Tunggadewi Yudhoyono atau Almira Yudhoyono kembali viral dan banyak dibahas warganet. Videoi yang awalnya beredar pada Januari 2024 itu menunjukkan prestasi Almira di dunia pendidikan.

Almira dapat sorotan usai menjadi delegasi Indonesia yang mewakili Peru dalam konferensi Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia pada awal tahun ini. Dalam konferensi tersebut, peserta dari berbagai negara melakukan simulasi sidang konferensi PBB.

Para peserta juga diminta berperan sebagai perwakilan suatu negara untuk menyelesaikan isu internasional yang ada di beberapa dewan resmi PBB. Dalam hal ini Almira berperan sebagai perwakilan Peru. Momen putri Annisa Pohan di acara AYIMUN itu dibagikan oleh akun Instagram @internationalmun, 26 Juni 2024.

Pada video tersebut, Almira mengenakan kebaya warna biru dan memperkenalkan diri dan berpidato menggunakan bahasa Inggris. Video tersebut sontak mengundang berbagai respons dari warganet. Banyak yang memuji kemampuan bahasa Inggris gadis berusia 15 tahun tersebut.

Ada yang menganggapnya fasih berbahasa Inggris seperti ayahnya. Mewarisi kecantikan ibundanya, sosok Almira tentunya juga terkait dengan AHY yang kini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional.

"Definisi menggunakan previlese dengan baik, jadi kalau nanti besar Almira jadi pejabat enggak heran," komentar seorang warganet.

"Ini baru the real menggunakan previlese dengan baik, bapaknya juga karier panjang enggak akselerasi," ujar warganet yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mewarisi Kecerdasan AHY dan Kecantikan Annisa Pohan

"Definisi buah jatuh nggak jauh dari Pohonn bapak ibunya, ganteng, cantik, cerdas, anaknya pun perfect, tinggi, cantik, cerdas, Almira Tunggadewi Yudhoyono," tulis warganet lainnya.

"Kaesang minimal belajar dulu sama cucunya sby," sahut yang lain.

"Bahasa Inggrisnya oke bgt gak terbata-bata, lancar persis kyk mas AHY,” timpal warganet lannya.

Beberapa waktu lalu, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berkunjung ke Amerika Serikat dalam forum Bank Dunia. Dalam kesempatan tersebut, mantan anggota TNI itu berdiskusi tentang agenda utama yang berkaitan dengan pendaftaran tanah (land registration).

Sebuah video beredar memperlihatkan bagaimana fasihnya AHY saat diskusi dan berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Bahkan saat itu ia menjelaskannya tanpa teks yang membuat banyak warganet kagum. Tak hanya pengucapannya yang jelas, ia juga berbicara dengan lancar tanpa terbata-bata.

Jadi untuk memberikan kepastian hukum sejak 2017 Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerapkan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang diarahkan untuk memajukan keadilan dan kemakmuran untuk semua," ucapnya menggunakan bahasa Inggris seperti yang dikutip dari akun TikTok @pemburubuzzer01, Kamis, 23 Mei 2024.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Bahasa Inggris AHY

Usai AHY berbicara, para pengunjung yang terlihat serius menyimak perkataan ayah satu anak itu langsung bertepuk tangan. Diskusi tersebut juga terlihat dihadiri oleh sang istri Annisa Pohan.

Aksi AHY itu pun membuat publik kagum akan kemampuannya dan penasaran dengan riwayat pendidikan AHY yang ternyata sangat bagus. "Bahasa inggris nya tanpa teks," komentar seorang warganet.

"Dinasti SBY...salam hormat mas AHY.. bangga saya sebagai warga Indonesia..Anda cerdas dan pintar," sahut warganet lain.

Dilansir dari situs resmi Demokrat AHY merupakan cucu dari Letjen TNI Purn. Sarwo Edhie Wibowo. Ia merupakan kelahiran 10 Agustus 1978 di Bandung dan tumbuh besar sebagai anak seorang panglima TNI.

AHY tumbuh besar di berbagai wilayah berbeda karena mengikuti perjalanan tugas sang ayah dan diketahui pernah tinggal di Bandung, Timor Timur, hingga Amerika Serikat (AS). AHY pernah menempuh pendidikan di SD Wijaya Kusuma Jakarta pada 1984 hingga 1991. Ia kemudian melanjutkan pendidikan SMP-nya di SMPN 5 Bandung pada tahun 1991 hingga 1993.

 

4 dari 4 halaman

Jalur Pendidikan AHY

Namun, tidak lama sekolah di Bandung, AHY pindah ke SMPN 20 Jakarta Timur pada tahun 1993 hingga 1994. AHY juga melanjutkan pendidikan menengah atasnya di SMA Taruna Nusantara Magelang pda 1994 hingga 1997. Kemudian, setelah lulus SMA, ia melanjutkan pendidikannya dalam Akademi Militer (AKMIL) pada periode 1997 hingga 2000.

AHY melanjutkan pendidikan tinggi formalnya dan tercatat berhasil meraih tiga gelar pendidikan Master yaitu pada tahun 2006 meraih Master of Science in Strategic Studies di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura. Pada 2010, ia meraih gelar Master in Public Administration dari Universitas Harvard.

Ia juga berhasil meraih Master of Arts in Leadership and Management dari Webster University AS. Tidak hanya gelar formal dari perguruan tinggi AHY juga mendapatkan predikat Summa Cum Laude dari US Army Command and General Staff College di Fort Leavenworth, Kansas.

Pada 21 Februari 2024 AHY telah resmi dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan tersebut dilakukan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.