Sukses

Profil Xaviera Putri, Mahasiswi Indonesia di KAIST Curi Perhatian Usai Jadi Peserta Clash of Champions

Xaviera Putri merupakan satu-satunya perempuan di antara 10 sembilan mahasiswa Indonesia yang kuliah di kampus top luar negeri yang muncul di episode kedua Clash of Champions.

Liputan6.com, Jakarta - Game show Clash of Champions telah membuat sederet nama mahasiswa/i Indonesia jadi sorotan di dunia maya. Di antaranya, ada nama Xaviera Putri yang jadi trending topic di X, dulunya Twitter, pada Senin, 1 Juli 2024.

Sebagaimana diketahui, Xaviera dan sembilan mahasiswa Indonesia yang kuliah di kampus top luar negeri muncul di episode kedua program garapan Ruangguru tersebut. Jadi, siapa sebenarnya satu-satunya perempuan di "geng luar negeri" tersebut?

Pemilik nama lengkap Xaviera Putri Ardianingsih Listyo ini lahir di Jakarta, 26 Agustus 2001. Merujuk rilis yang diterima Lifestyle Liputan6.com, Selasa, 2 Juli 2024, ia merupakan salah satu dari 40 exclusive talent Gushcloud Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Adik ipar co-founder Ruangguru Belva Devara ini sebenarnya bukan sosok yang sama sekali asing di ranah daring. Pasalnya, selain aktif sebagai pelajar, Xaviera adalah seorang kreator konten yang memiliki ratusan ribu pengikut di Instagram, TikTok, dan YouTube.

Ia sering berbagi kesehariannya sebagai mahasiswi di Korea Selatan, serta berbagai tips dan trik terkait pendidikan. Setelah tayang di game show yang disebut-sebut sebagai University War versi Indonesia itu, pengikut Instagram Xaviera melonjak hingga 100K dalam semalam.

Saat ini, Xaviera sedang menempuh pendidikan di Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) dengan beasiswa penuh dari pemerintah Korea Selatan. Ia memulai pendidikan di Negeri Ginseng sejak usia 15 tahun di Korea Science Academy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Xaviera Putri

Setelah lulus SMA, Xaviera melanjutkan studi di KAIST dengan mengambil double major, yaitu Computer Science dan Business Technology Management. Selain itu, ia memiliki berbagai pengalaman magang dan aktif dalam organisasi.

Ia tercatat pernah magang di perusahaan Korea, jadi ketua KAIST Indonesia, dan meraih juara pertama di kompetisi Global Startup Korea. Xaviera juga sempat mengikuti program pertukaran pelajar ke Jerman pada 2023.

Di tengah kesibukan sebagai mahasiswa dan kreator konten, Xaviera berhasil mewujudkan mimpinya yang lain, yaitu menulis buku. Pada akhir tahun lalu, ia merilis buku perdananya berjudul Kimchi Confessions.

Buku ini memuat berbagai pengalaman dan perjuangan Xaviera selama menempuh pendidikan di Korea Selain. Selain, ada pula tips dan motivasi bagi para pembaca yang ingin berkuliah di luar negeri.

Tentu tidak hanya sosok Xaviera yang jadi sorotan online setelah dua episode perdana game show itu tayang, akhir pekan lalu. Bahkan sebelum tayangan itu diterbitkan, nama Shakira Aminah sudah lebih dulu menarik perhatian publik.

3 dari 4 halaman

Mahasiswi Berprestasi Lainnya

Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) itu jadi sorotan warganet bahkan sebelum tampil di Clash of Champions berkat pencapaian menulis belasan publikasi ilmiah. Hal itu bisa dilihat di unggahan akun X, dulunya Twitter, @nawaldriva, 18 Juni 2024, yang mengunggah poster Shakira sebagai salah satu peserta game show tersebut.

Di sana tertulis bahwa mahasiswa ia memiliki indeks prestasi komulatif (IPK) sebesar 3.82. Shakira juga memenangkan sejumlah perlombaan. Ia pernah menempati posisi pertama sebagai mahasiswa berprestasi di kampusnya.

Shakira pun mengamankan posisi ketiga sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional 2023. Bukan itu saja, ia memiliki pencapaian lain, yaitu menulis 13 publikasi ilmiah terindeks di Scopus.

Sebagai konteks, Scopus adalah sebuah database jurnal ilmiah yang memenuhi standar dan reputasi jurnal internasional. Didirikan sejak 2004, Scopus mengindeks lebih dari 24 ribu jurnal ilmiah, konferensi, dan seri buku dari lebih dari lima ribu publisher di seluruh dunia.

Pencapaian Shakira yang pernah menerbitkan belasan jurnal ilmiah terindeks Scopus ini langsung menyita perhatian pemilik akun X tersebut. Ia tampak kagum dengan prestasi Shakira.

4 dari 4 halaman

Toreh Ragam Prestasi

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun lalu jadi momen bersejarah dan pengalaman berharga bagi Shakira. Ia berhasil menembus seleksi ketat, bersaingan dengan para mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

"Perjalanan Pilmapres bukan perjalanan yang mudah, banyak tantangan dan rintangan yang berkali-kali membuat saya bertanya pada diri saya sendiri, 'Apakah saya mampu?'" kata Shakira, dikutip dari laman resmi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 9 Juni 2024.

"Kembali lagi pada suatu hal yang selalu saya percayai, tugas manusia hanya berusaha dan hasil akan ditentukan Yang di Atas. Sampai menyelesaikan Pilmapres ini, bagi saya sendiri adalah suatu hal yang tidak pernah saya sangka," sambungnya.

Di ajang PILMAPRES Nasional, Shakira mengembangkan kampanye inspiratif berjudul "INVERSE: Illuminate Lives, Prevent Breast Cancer." Kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, terutama kalangan wanita, tentang kanker payudara.

Informasi seputar skrining, diagnosis, dan tata laksana kanker payudara diuraikan secara komprehensif dalam kampanye yang diusung dengan semangat "#UniteForPink, Ignite the Fight!" Menurut Shakira, deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan di daerah rural dan dengan memberdayakan keberadaan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.