Sukses

Tips Merawat Rambut agar Tetap Kuat dan Sehat: Panduan Lengkap untuk Rambut Panjang Impian

Pentingnya memahami tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat untuk memiliki rambut panjang impian, cek satu per satu di sini!

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia lagi, rambut menjadi ‘mahkota’ yang menyempurnakan penampilan perempuan. Nggak heran kalau tips merawat rambut agar tetap sehat dan kuat banyak dicari, terutama oleh perempuan yang menginginkan rambut panjang dan sehat. Rambut yang tergerai panjang memang bisa memberikan efek penampilan yang lebih feminin dan elegan. Namun, pernah nggak sih mengalami dilema rambut yang kalau tumbuh semakin panjang malah kering, bercabang, bahkan mengalami kerontokan parah? 

Well, sebenarnya kamu nggak sendirian kok. Kerontokan yang dialami oleh para pemilik rambut panjang memang jadi salah satu masalah umum yang menyerang kesehatan rambut. Lalu, bagaimana tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat, sehingga tumbuh panjang dengan indah? Gali lebih jauh di sini! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanda Rambut Kuat dan Sehat

Rambut kuat dan sehat punya ciri khas yang bisa dilihat dan dirasakan. Pertama, rambut yang sehat biasanya terlihat berkilau dan tidak kusam. Kilau ini muncul karena kutikula rambut tertutup rapat, memantulkan cahaya dengan baik. Selain itu, kondisinya bisa dikatakan kuat saat tidak mudah rontok atau patah saat disisir. Hal ini menunjukkan kalau ‘mahkota’ penampilanmu mendapatkan nutrisi yang cukup, baik dari dalam maupun perawatan luar. 

Tekstur rambut yang halus dan lembut juga menjadi salah satu tanda kesehatan rambut. Jika rambut mudah diatur dan tidak mudah kusut, kemungkinan besar berada dalam kondisi yang baik dan prima. Selain itu, rambut yang sehat juga memiliki elastisitas yang baik, artinya rambut bisa melar tanpa mudah patah saat ditarik. Jadi, kalau kamu merasa rambut kurang berkilau atau mudah patah, mungkin saatnya untuk memberikan perhatian ekstra pada perawatannya.

3 dari 6 halaman

Kenali Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Rambut Panjang

Memiliki rambut panjang yang tampak indah memang jadi impian sebagian perempuan. Sayangnya, ada beberapa masalah umum yang sering terjadi pada rambut panjang yang membuatnya perlu perhatian khusus dalam merawat rambut. Apa saja sih? 

1. Kerontokan Rambut

Rambut panjang lebih rentan terhadap kerontokan. Faktor penyebabnya cukup banyak, bisa karena kebiasaan mengikat rambut yang terlalu kencang, kekurangan nutrisi, atau stres. Rambut panjang yang sering disisir atau diikat dengan kencang cenderung mengalami kerontokan lebih banyak dibandingkan dengan yang lebih pendek. 

2. Rambut Bercabang

Ujung rambut panjang yang kering dan bercabang adalah masalah umum. Kondisi ini bisa terjadi karena proses styling, paparan sinar matahari, dan penggunaan alat pemanas yang mengakibatkan kerusakan pada kutikula rambut. Rambut bercabang biasanya muncul di ujung rambut dan bisa merusak penampilan keseluruhan.

3. Kusut dan Susah Diatur

Sering merasa rambut lebih kusut dan susah diatur saat lebih panjang? Hal ini juga masalah umum yang sering terjadi, terutama buat pemilik rambut keriting atau bergelombang. Biasanya rambut kusut terjadi karena gesekan yang terjadi dan membuat batang rambut saling terkait satu sama lain. Namun, perlu lebih ekstra hati-hati dalam menyisir rambut yang kusut agar tidak patah atau malah menimbulkan kerontokan. 

4. Ketombe dan Kulit Kepala Berminyak

Masalah kulit kepala seperti ketombe dan minyak berlebih sering kali lebih terlihat pada rambut panjang. Ini disebabkan oleh produksi minyak alami kulit kepala yang terperangkap di akar rambut dan tidak merata ke seluruh helai rambut. Hal tersebut bisa membuat area kulit kepala jadi lebih lembap, yang kemudian memicu pertumbuhan ketombe yang membandel. 

5. Rambut Patah dan Rapuh

Rambut panjang lebih rentan mengalami patah dan rapuh, terutama jika sering ditarik atau ditata dengan cara yang tidak tepat. Penggunaan alat pemanas seperti catokan dan hair dryer juga dapat menyebabkan kerusakan pada struktur rambut, membuatnya menjadi rapuh dan mudah patah.

4 dari 6 halaman

Tips Merawat Rambut agar Tetap Kuat dan Sehat yang Bisa Diaplikasikan Sehari-hari

Jika ingin memiliki rambut panjang yang tumbuh kuat dan sehat, beberapa rekomendasi tips perawatan ini bisa mulai diaplikasikan sehari-hari. Yuk, saatnya terapkan satu per satu untuk mewujudkan rambut sehat yang jadi impian!

1. Rutin Mencuci Rambut

Menjaga kebersihan rambut adalah langkah perawatan rambut paling mendasar. Namun, jangan asal keramas saja, tapi perhatikan juga shampo yang digunakan agar sesuai dengan jenis rambut. Untuk mencegah kerontokan, kamu bisa memilih shampo dengan formula ginseng yang dapat menguatkan rambut. Selain itu, formula asam amino juga diperlukan untuk proses pembuatan keratin agar rambut tumbuh kuat dan nggak mudah rontok. 

Keramas secara teratur itu penting, namun jangan terlalu sering karena bisa menghilangkan minyak alami di kulit kepala. Idealnya, mencuci rambut 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. 

Dilansir dari Healthline, membersihkan rambut secara rutin akan menghilangkan kotoran, minyak, dan penumpukan produk yang bisa merusak kesehatan rambut. Namun, mencuci terlalu sering dapat membuat rambut kering dan rapuh, jadi jangan lupa untuk menjaga keseimbangannya.

2. Jangan Lewatkan Kondisioner

Keramas dengan shampo saja nggak cukup. Kalau shampo bekerja untuk membersihkan dan menutrisi kulit kepala, kondisioner fokus melembapkan batang rambut. Jadi, rambut bisa mendapatkan hidrasi ekstra yang mencegahnya dari kondisi kering yang membuatnya rentan rapuh, bercabang, dan rontok. 

Dilansir dari WebMD, pilih kondisioner yang mengandung bahan-bahan seperti minyak argan, jojoba, atau kelapa yang bisa memberikan kelembapan ekstra. Gunakan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut, jangan aplikasikan di kulit kepala karena bisa membuat rambut cepat lepek.

5 dari 6 halaman

3. Hindari Alat Hair Styling yang Berlebihan

Menggunakan alat pemanas seperti catokan, hair dryer, atau curling iron memang praktis dan bisa bikin rambut cantik dalam waktu instan. Tapi, pemakaian yang berlebihan bisa merusak rambut, membuat kondisinya kering dan mudah patah karena suhunya yang tinggi. 

Disarankan untuk menghindari pemakaian alat penataan rambut tersebut. Jika memang terpaksa harus menggunakannya, gunakan suhu paling rendah dan gunakan serum terlebih dulu untuk meminimalisir rambut dari kerusakan. Dilansir dari Mayo Clinic, panas dari alat styling bisa merusak protein dalam rambut dan melemahkan kutikula, sehingga rambut lebih rentan terhadap kerusakan. 

4. Hindari Keramas dengan Air Panas

Mandi dan keramas dengan air panas memang terasa nyaman. Apalagi kalau setelah menjalani berbagai aktivitas padat sepanjang hari. Namun, ternyata suhu air yang terlalu panas nggak baik untuk kesehatan rambut, sebab bisa menyebabkan rambut kering dan kehilangan minyak alami untuk melembapkan. 

Dilansir dari Mayo Clinic, air panas dapat membuka kutikula rambut terlalu lebar, sehingga rambut kehilangan kelembapannya. Sebaliknya, air dingin membantu menutup kutikula dan menjaga rambut tetap halus dan berkilau. 

5. Gunakan Vitamin Rambut

Salah satu tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat yang bisa diterapkan dalam rutinitas sehari-hari adalah memakai vitamin rambut. Produk yang satu ini diperlukan untuk memberikan nutrisi tambahan pada rambut dan mencegahnya dari efek kerusakan akibat lingkungan maupun gaya hidup sehari-hari. 

Jika ingin mewujudkan rambut panjang yang sehat, sebaiknya pilih produk yang memiliki kandungan untuk melembapkan. Misalnya saja argan oil atau jojoba oil yang dikenal dengan kemampuannya menghidrasi rambut. Gunakan vitamin rambut dari bagian tengah hingga ujung rambut yang rentan mengalami kondisi kering dan bercabang. 

6 dari 6 halaman

6. Rajin Memotong Ujung Rambut

Memotong ujung rambut secara rutin bisa membantu mencegah rambut bercabang dan membuat rambut tampak lebih sehat. Kamu tidak perlu memotong banyak, cukup ujung-ujungnya saja setiap 6-8 minggu.

WebMD menjelaskan bahwa memotong ujung rambut yang rusak akan mencegah kerusakan merambat ke bagian rambut yang lebih sehat. Ini juga bisa membuat rambut tumbuh lebih kuat dan sehat sumber.

7. Hindari Menggosok Rambut dengan Handuk

Setelah keramas, banyak orang cenderung menggosok rambut dengan handuk untuk mengeringkannya. Namun, cara ini bisa merusak rambut dan membuatnya kusut. Cobalah untuk menepuk-nepuk rambut secara perlahan menggunakan handuk dan pilih yang berbahan mikrofiber yang lebih lembut sehingga meminimalisir gesekan pada area tersebut. 

Dilansir dari Healthline, menggosok rambut dengan handuk dapat menyebabkan kerusakan kutikula dan meningkatkan risiko rambut patah. Jadi, mulai sekarang perhatikan dengan baik bagaimana kamu memperlakukan rambut yang basah sebagai salah satu tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat. 

8. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat lainnya yang perlu diperhatikan adalah jangan mengikat rambut terlalu kencang. Bagi mereka yang memiliki rambut panjang, menguncir rambut memang jadi pilihan praktis ketika melakukan aktivitas padat di luar rumah. 

Sayangnya, jika terlalu kencang bisa menyebabkan tekanan besar pada akar rambut yang akhirnya membuatnya mudah rontok. Jika memang harus mengikat rambut, sebaiknya gunakan ikatan yang lebih longgar dan pilih ikat rambut yang lembut agar tidak menimbulkan gesekan berlebihan. 

9. Perhatikan Pola Makan

Tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat nggak hanya fokus pada aspek dari luar saja. Kamu juga perlu memperhatikan perawatan dari dalam, misalnya lewat pola makan sehari-hari. Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang kaya akan protein, zat besi, dan vitamin. Nutrisi ini penting untuk pertumbuhan dan kekuatan rambut.

Healthline menyebutkan bahwa makanan seperti ikan berlemak, telur, bayam, dan kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan rambut. Jadi, mulai sekarang perbanyak asupan makanan sehat biar rambutmu makin kuat dan berkilau. 

10. Jaga Kesehatan Kulit Kepala

Sebagai tempat pertumbuhan rambut, kondisi kulit kepala yang sehat memainkan peranan yang krusial untuk pertumbuhan rambut yang kuat dan tidak mudah rontok. Kamu bisa mengawalinya dengan memperhatikan kebersihan kulit kepala agar terhinar dari ketombe atau infeksi. Gunakan shampo yang mengandung bahan-bahan antimikroba jika kamu memiliki masalah kulit kepala.

Menjaga kesehatan kulit kepala juga bisa dilakukan dengan melakukan pijatan di area tersebut. Teknik yang satu ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga rambut bisa mendapatkan nutrisinya dengan baik. Pijatan kulit kepala juga bisa membantu relaksasi dan mengatasi stres, lho. 

Beberapa tips merawat rambut agar tetap kuat dan sehat di atas bisa jadi panduan untuk perawatan sehari-hari. Yuk, terapkan mulai sekarang agar kamu bisa mewujudkan rambut panjang dan sehat yang sesuai impian! 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini