Sukses

Jin BTS Bakal Jadi Pembawa Obor Olimpiade Paris 2024, ARMY Desak Angkat Bicara soal Palestina

Jin BTS diharapkan mewakili Korea Selatan dalam estafet obor Olimpiade Paris 2024 dengan harapan menyebarkan pesan "harmoni dan perdamaian" dengan menyuarakan tentang Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Jin BTS dilaporkan akan jadi pembawa obor Olimpiade 2024. Idola berusia 31 tahun ini diharapkan mewakili Korea Selatan dalam estafet obor dengan harapan menyebarkan pesan "harmoni dan perdamaian," menurut sebuah pernyataan, dikutip dari AP, Rabu (3/7/2024).

Pelantun lagu Abyss ini baru menyelesaikan dinas militernya bulan lalu. Jin bersama pembawa obor lain dijadwalkan menjelajahi berbagai situs bersejarah negara tuan rumah, namun jadwal spesifiknya belum diungkapkan. Kirab obor Olimpiade Paris 2024 tercatat sudah dimulai pada April 2024.

Sementara para penggemar merayakan kehormatan ini, banyak yang mengambil kesempatan ini untuk mendesak Jin ikut menyerukan gencatan senjata dan menunjukkan solidaritas pada warga Palestina, rangkum Koreaboo. Masyarakat di wilayah kantong itu telah jadi sasaran pembunuhan dan pemusnahan oleh Israel, menurut laporan UNHRC.

Seruan tindakan ini sejalan dengan gerakan Boikot, Divestasi, dan Sanksi (BDS). Situs resmi BDS menunjukkan Israel melakukan "sporticide" terhadap warga Palestina dan mendukung seruan untuk melarang negara tersebut mengikuti Olimpiade.

Pihaknya menyampaikan pesan langsung pada para pembawa obor Olimpiade demi memperkuat seruan mereka. Pesan BDS berbunyi, "Para Pembawa Obor Olimpiade yang terhormat, bergabunglah dalam seruan #CeasefireNow. Bantu hentikan #GazaGenocide Israel."

"Begini caranya," mereka menambahkan. "Ambil satu atau lebih tindakan berikut untuk memastikan nilai-nilai Olimpiade dijunjung tinggi dan berdiri dalam solidaritas dengan warga Palestina di Gaza."

"Bawa atau pakai: bendera Palestina, seruan 'Gencatan Senjata Sekarang,' seruan agar bantuan kemanusiaan masuk secara gratis ke Gaza, seruan untuk mengakhiri genosida Israel di Gaza, seruan untuk embargo militer terhadap Israel, serta seruan untuk mendukung #LarangIsrael dari Olimpiade."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desakan pada Jin BTS

Meski ARMY, sebutan penggemar BTS, telah terpolarisasi karena aktivisme pro-Palestina selama beberapa bulan terakhir, secara umum, terdapat konsensus untuk mengikuti panduan BDS. Karena itu, banyak penggemar dan pendukung Palestina mengharapkan fandom bersatu dan mendorong Jin mengambil sikap melalui perannya sebagai pembawa obor, dengan tagar #SpeakYourselfBTS kembali disuarakan.

Olimpiade Paris akan dimulai pada 27 Juli 2024, dan Jin dikabarkan akan segera berangkat ke Prancis. Namun, waktu dan tempat pasti partisipasi pelantun lagu Epiphany itu belum diungkapkan.

Sehari setelah pulang wajib militer (wamil) dan tepat di hari ulang tahun debut BTS ke-11, 13 Juni 2024, Jin menggelar acara spesial untuk para penggemar, Festa 2024. Tidak tanggung-tanggung, personel tertua grup nominee Grammy itu memeluk seribu ARMY, sebutan penggemar mereka, di event tersebut.

Sayangnya, pemilik nama asli Kim Seokjin ini diduga jadi korban pelecehan seksual di acara tersebut, dan kasusnya kini tengah diselidiki kepolisian setempat. Menurut Korea Joongang Daily, dikutip 14 Juni 2024, Jin gugup melangkah ke atas panggung saat para penggemar menyambutnya dengan suara gemuruh seraya meneriakkan namanya, "Kim Seokjin."

 

3 dari 4 halaman

Reuni dengan Jin BTS

"Aku gemetar sekali, rasanya seperti aku debut lagi," sebut Jin pada empat ribu penggemar yang hadir kemarin. "ARMY, aku pulang ke rumah, rumah yang sangat-sangat aku rindukan."

"Aku merasa tidak bisa menyanyi dengan baik. Wajah dan tanganku gemetar. Seluruh tubuhku gemetar. Aku baru saja keluar dari (dinas) militer kemarin jadi semuanya terasa baru," ia menyambung.

"Aku bahkan harus bernyanyi dengan mata tertutup karena sudah setahun enam bulan terakhir tidak bernyanyi, sehingga lupa caranya," ujarnya. Jin memang sempat memejamkan mata saat membawakan The Astronaut (2022) untuk mengawali acara tersebut.

"Ya Tuhan, ini sangat sulit. Di mana kalian? Aku sangat merindukan kalian," ujarnya, mengacu pada enam personel lain yang masih menjalani wajib militer.

Kendati demikian, Jin tetap mengisi waktu dengan suara yang kuat, tidak hanya melalui The Astronaut, namun juga Super Tuna (2021) dan Moon (2020). Selera humor dan keterampilan bercerita yang terkenal di kalangan penggemar BTS pun tidak absen semalam.

4 dari 4 halaman

Kapan Jin BTS Selesai Wamil?

Jin berkata, "Aku mulai mempersiapkan acara ini tepat tengah malam kemarin. Agensi bertanya padaku apa yang ingin aku lakukan pada 13 Juni dan aku berkata bahwa aku harus melakukan ini karena personel lain tidak ada di sini. Betapapun tidak siapnya aku, aku berterima kasih banyak karena kalian telah menikmati waktu bersama denganku."

Soal pelukan gratis, pelantun lagu It's Definitely You ini semula menyarankan ia melakukannya untuk tiga ribu ARMY. Namun, agensi mengurangi jumlah itu dengan alasan keselamatan.

"Aku minta maaf karena hanya ini yang bisa kupersiapkan karena waktuku sangat sedikit. Aku berjanji akan melakukan yang lebih baik saat aku keluar dari militer lagi," katanya sambil bercanda. "Tapi melihat kalian, ARMY, bersenang-senang membuatku menyadari bahwa di sinilah tempatku berada. Aku pulang."

Acara ini terjadi hanya sehari setelah Jin pulang dari dinas militer pada Rabu, 12 Juni 2024. Dimulai darinya, personel BTS akan menyelesaikan tugas militer mereka satu per satu hingga akhir Juni tahun depan.

J-Hope dijadwalkan selesai wajib militer pada 17 Oktober 2024, diikuti RM dan V pada 10 Juni 2025, serta Jimin dan Jungkook keesokan harinya pada 11 Juni 2025. Sementara itu, Suga dijadwalkan selesai dinas pada 21 Juni 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini