Sukses

Tampilan Kostum Nasional Wakil Indonesia Harashta Haifa Zahra di Miss Supranational 2024 yang Terinspirasi Srikandi

Kostum nasional yang dikenakan Harashta Haifa Zahra, wakil Indonesia di ajang Miss Supranational 2024, dirancang oleh desainer Intan Avantie, terbuat dari kain tradisional yang setiap helainya memancarkan pesona sejarah yang sarat akan budaya.

Liputan6.com, Jakarta - Harashta Haifa Zahra, Puteri Indonesia yang menjadi wakil Indonesia tampil memukau di ajang internasional Miss Supranational 2024. Ia memakai kostum nasional terinspirasi Srikandi, pahlawan wanita yang terkenal di masanya.

Tampak dari video yang diunggah akun resmi Puteri Indonesia dan Miss Supranational, Harashta tampil di panggung membawakan kostum nasional yang dirancang oleh Intan Avantie. Busana berupa satu set kebaya dengan kain itu disebut menggambarkan keanggunan dan keberanian Srikandi, wanita pahlawan dari tanah air Indonesia pada masanya.

"Terbuat dari kain tradisional yang menggambarkan keindahan seni dan budaya Nusantara, setiap helainya memancarkan pesona sejarah yang sarat akan budaya," keterangan di unggahan pada Kamis, 5 Juli 2024. 

Berlenggak-lenggok di atas panggung, busana yang dipakai Harashta tampil dengan dominasi warna hitam dan cokelat. Busana itu memiliki detail embos emas melambangkan kemegahan.

Siluet keseluruhannya menggambarkan adegan-kepadanan yang menawan dari mitologi Indonesia, dengan kelincahan sosok Srikandi yang sigap memanah, seakan siap untuk melawan segala rintangan. Dalam salah satu posenya, pemenang pertama Puteri Indonesia 2024 itu memeragakan Srikandi yang sedang memanah.

Tak terlewat dari kostum ini adalah sabuk pending yang membalut pinggang sang Srikandi mampu mengikat erat gerak tubuh, agar mampu menopang badan dengan kokoh namun juga bisa senantiasa memanah dengan lentur. Harashta juga kain tradisional bermotif parang yang khas akan khasanah budaya Jawa, yang memperkaya keindahan alam Indonesia melalui tampilannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Membawa Damai Lewat Kekuatan dan Kecantikan

Selain alat panahan yang menawan dan elok di setiap relungnya, sebagai pelengkap kepala juga dihiasi dengan mahkota yang megah. Ini melambangkan kebanggaan dan martabat seorang wanita pemberani. Mahkota ini dikelilingi oleh bunga-bunga lokal yang melambangkan keindahan isi alam Indonesia.

"Dengan bangga, kostum nasional Srikandi Manah hadir membawa pesan damai melalui kekuatan, kecantikan, dan keberanian yang disiratkan oleh wanita Indonesia dengan penuh Bhakti Luhur," tulis akun resmi Puteri Indonesia.

Diketahui Harashta kini sedang mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational 2024 yang berlangsung di Polandia. Puncak acara perebutan mahkota gelar Miss Supranational 2024 tersebut akan dihelat pada Minggu (7/7/2024) untuk waktu Indonesia.

Harashta telah mengharumkan Indonesia karena menjadi finalis paling berbakat dengan gelar "Supratalent 2024" pada 30 Juni 2024. Ia memukau musik tradisional kecapi, ia juga membawakan lagu "Bubuy Bulan" serta tarian khas Jawa dan Bali. Ajang tersebut diikuti oleh 71 negara dan kurasinya digelar 17 Juni 2024 hingga malam final nanti.

 

3 dari 4 halaman

Penyelenggaraan Miss Supranational 2024

Organisasi Miss Supranational telah mengumumkan waktu dan lokasi penyelenggaraan kontes tersebut lewat akun Instagram resmi mereka pada 1 Maret 2024. Presiden Organisasi Miss Supranational, Gerhard Parzutka von Lipinski, mengatakan bahwa acara final Miss Supranational edisi ke-15 akan berlangsung pada Sabtu, 6 Juli 2024.

"Kami sangat bersemangat untuk berbagi tahun istimewa ini dengan para kandidat yang akan mewakili negara mereka di Miss Supranational 2024 Experience, pemegang lisensi kami, teman dan penonton serta pendukung kami dari seluruh dunia. Wilayah Malopolska yang indah sekali lagi akan menyambut semua kandidat kami dengan keramahan khas Polandia," kata Parzutka von Lipinski.

Malam final nanti akan memilih penerus Miss Supranational 2023 Andrea Aguilera. Wakil Indonesia sendiri hanya memiliki waktu sekitar empat bulan untuk berkompetisi di ajang tersebut. 

Miss Supranational 2024 akan menjadi edisi ke-15 dari kontes Miss Supranational. Ajang tahun ini menandai debut Bangladesh dan kembalinya keikutsertaan Albania, Argentina, Aruba, Australia, Chili, Denmark, Guinea Khatulistiwa, Honduras, Italia, Laos, Malta, Myanmar, Selandia Baru, Pakistan, Sierra Leone, Uruguay, serta Kepulauan Virgin Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Kostum Nasional Indonesia di Miss Supernational 2023

Sebelumnya Yasinta Aurellia mewakili Indonesia dalam ajang Miss Supranational 2023 di Nowy Sacz, Malopolska, Polandia. Melalui kostum nasional gajah Way Kambas, gadis berusia 19 tahun ini membawakan penampilan terbaiknya pada sesi National Costume di ajang yang digelar di Polandia tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa, 20 Juni 2023, kostum bertema "The Warrior from Way Kambas" ini dirancang oleh desainer Annisa Febby. Desainnya ingin menghadirkan keindahan dan keberanian yang dimiliki oleh pejuang Way Kambas.

Way Kambas merupakan taman nasional di Provinsi Lampung, yang menjadi tempat perlindungan gajah Sumatera dan berbagai satwa langka lainnya yang terancam punah. Lewat kostum nasional ini, Yasinta Aurellia ingin menggambarkan perjuangan dan upaya perlindungan ratusan gajah di Waykambas.

Kostum ini menggabungkan warna perak, abu-abu, putih, dan sentuhan warna biru dari tenun tradisional "Tapis Lampung". Warna biru tersebut terinspirasi dari makna "ketenangan, kedamaian, dan perlindungan". Rok berbentuk kerucut dalam kostum ini melambangkan rumah sebagai tempat yang aman bagi gajah dari ancaman perburuan liar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini