Sukses

Olimpiade Paris 2024, Panitia Siapkan 500 Resep hingga 3 Juta Pisang dan 27 Ton Kopi untuk Para Atlet

Olimpiade Musim Panas Paris 2024 tidak hanya menampilkan aksi atletik yang menakjubkan, tetapi juga menyajikan pesta kuliner yang mengesankan. Dari 500 resep hingga menyediakan 3 juta pisang bagi para atlet.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai perhelatan besar olahraga, Olimpiade selalu menjadi ajang yang dinantikan oleh banyak orang di seluruh dunia. Olimpiade Paris 2024, yang berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024, dengan 10.500 atlet dari 206 negara yang berpartisipasi dalam total 329 pertandingan.

Olimpiade Paris 2024 menjanjikan sebuah perhelatan yang spektakuler. Namun, tantangan sebenarnya terletak pada penyediaan makanan bagi ribuan atlet dan staf pendukung. Menurut ESPN, penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024 sangat mengesankan.

Setiap harinya, sekitar 40.000 kali makan akan disiapkan, dengan kebutuhan 3 juta buah pisang dan 80.000 pon bubuk kopi selama acara berlangsung. Penyedia makanan utama, Sodexo Live!, bersama para juru masak di Perkampungan Olimpiade, memiliki tugas berat untuk memastikan setiap atlet mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tampil maksimal.

Estelle Lamotte, Direktur Operasi Perkampungan Atlet dari Sodexo Live!, mengatakan kepada Delish, "Menyambut orang-orang dari seluruh dunia dengan 206 negara adalah hal yang luar biasa. Akan sangat menyenangkan melihat semua atlet berbeda dari segi budayanya."

Dengan 500 resep yang disiapkan, dapur Olimpiade lebih dari sekadar tempat memasak. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan, mulai dari kebutuhan nutrisi, sumber bahan makanan yang berkelanjutan, hingga keragaman pilihan yang mencerminkan tradisi kuliner dari seluruh dunia.

Bagian tersulitnya adalah tidak ada pola makan yang cocok untuk semua atlet. Beberapa atlet mengonsumsi karbohidrat, sementara yang lain lebih memilih diet tinggi protein dan rendah gula. 

 

2 dari 4 halaman

Variasi Makanan di Perkampungan Atlet

Oleh karena itu, menu di Perkampungan Olimpiade harus mencakup berbagai macam makanan. Mereka menyediakan aneka daging putih dan merah, nasi, pasta, kacang-kacangan, yogurt, protein tanpa lemak, roti gandum utuh, buah-buahan, sayuran, dan cairan kaya elektrolit.

Koki eksekutif Olympic Village, Charles Guilloy, memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi 15.000 atlet yang ambil bagian dalam Olimpiade, dengan tetap menghormati kebiasaan makan. "Saya mencicipi makanan lebih dari 200 negara untuk membuat para atlet merasa betah dan tampil," katanya kepada Food & Wine.

Komite Olimpiade Internasional awalnya menginginkan 1.000 hidangan berbeda dengan lebih dari sembilan tema kuliner. Namun, akhirnya mereka memilih empat tema kuliner utama: Prancis, Asia, Dunia, dan Afrika-Karibia, termasuk pilihan halal.

"Kami berada di Prancis, jadi kami ingin menawarkan kualitas, dengan 500 resep yang dirancang oleh koki, dan keragaman makanan yang nyata, sehingga semua atlet di dunia dapat menemukan apa yang mereka sukai sebelum bertanding, dan mereka yang mau tinggal selama beberapa minggu dapat menikmati kesenangan berada di Prancis," kata Presiden Paris 2024 Tony Estanguet dalam sebuah pernyataan. 

3 dari 4 halaman

Menu Dirancang dengan Cermat

Setelah tema ditetapkan, Lamotte menjelaskan bahwa mereka bekerja mundur untuk menemukan hidangan terbaik untuk setiap tema dan merumuskan menu. Menu tersebut dirancang oleh koki perusahaan, Charles Guilloy dan Stephane Chicheri, dengan bantuan dari mitra koki Prancis terkenal seperti Akrame Benallal, Amandine Chaignot, dan Alexandre Mazzia. Beberapa resep utama untuk menu Olimpiade meliputi:

  1. Tema Prancis: Veggie bourguignon dan brandade de morue (salt cod dan kentang tumbuk).
  2. Tema Asia: Daging babi cincang dengan kemangi Thailand dan nasi basmati serta kembang kol dan kentang panggang dengan kunyit.
  3. Tema Afrika-Karibia: Tumis paprika, bawang bombay, tomat dan merica, serta udang goreng dengan saus chermoula.
  4. Tema Dunia: menu domba dengan daun mint serta sayuran.

Hidangan khas lainnya yang akan disajikan meliputi tandir ayam, croissant telur rebus, krim artichoke, keju kambing dan truffle, ikan hake asin asap dengan tapioka dalam kaldu sayuran, salad roti ala almado, dan ubi jalar zaatar dengan hummus dan chimichurri. 

 

4 dari 4 halaman

27 Ton Kopi untuk Para Atlet

Terdapat beragam fakta menarik seputar makanan di Olimpiade Paris 2024. Sebanyak 2 juta makanan akan disiapkan untuk para atlet, dengan 40.000 makanan disajikan setiap hari.

Hampir 15.000 orang akan bergantung pada koki dan katering untuk mendapatkan nutrisi yang tepat. Pisang, kopi, dan coklat adalah satu-satunya barang yang didatangkan dari negara lain.

Akan ada 3 juta buah pisang yang dibawa untuk dimakan para atlet. Sebanyak 27 ton kopi menjadi stok yang akan disediakan panitia untuk atlet dan 40 ton sisa kopi yang digiling akan digunakan kembali sebagai pupuk.

Meskipun Olimpiade akan diadakan di Prancis, kentang goreng tidak akan disajikan tetapi bukan karena kurangnya nilai gizi. Sebaliknya, ada potensi risiko kebakaran jika menggunakan alat penggorengan (deep fryer) di sekitar banyak orang.

Sebanyak 80 persen menu akan bersumber dari Perancis, dengan 25 persen berada dalam jarak 25 kilometer dari kota tuan rumah Paris. Semua daging, susu, dan telur akan berasal dari Perancis.

Sementara bahan-bahan nabati akan membentuk sekitar sepertiga dari makanan. Ruang makan utama buka 24 selama seminggu dan memiliki 3.500 kursi — dan dijuluki sebagai salah satu restoran terbesar di dunia.

Tempat bersantap di desa mencakup bar salad, pemanggang, stasiun keju, toko roti, prasmanan makanan panas, bar buah, dan bar gurun. Sebanyak 600 hingga 800 baguette akan dipanggang setiap hari untuk para atlet Olimpiade.

Dan sebanyak 30 persen makanannya organik. Ruang makan utama akan memiliki 47.000 piring yang dapat digunakan kembali, bukan piring sekali pakai untuk pertama kalinya.

Alpukat tidak akan tersedia bagi penduduk di Perkampungan Olimpiade karena alpukat harus diimpor dari jarak yang jauh dan memerlukan banyak air untuk tumbuh. Akan ada bar bumbu dengan 85 pilihan berbeda. 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Terkini