Sukses

Hari Ciuman Internasional dengan Budaya Uniknya di Tiap Negara, dari Prancis hingga Ghana

Hari Ciuman Internasional, bermula dari praktik ciuman yang meluas di Eropa atas andil masyarakat Romawi.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ciuman Internasional dirayakan pada tanggal 6 Juli setiap tahunnya. Di Indonesia momen ini tidak populer, tapi bagi masyarakat di beberapa negara, ciuman yang dianggap sebagai tanda kasih sayang dalam budayanya terbilang cukup menarik.

Mengutip dari laman National Today, Sabtu (6/7/2024), Hari Ciuman Internasional, bermula dari praktik ciuman yang meluas di Eropa atas andil masyarakat Romawi. Masyarakat kala itu menggambarkan ciuman dalam tiga bentuk, oskulum (kecupan ramah di pipi), basium (ciuman penuh kasih di bibir), dan savium (ciuman paling bergairah di mulut). 

Dalam anggapan masyarakat Romawi, kapan, di mana, dan bagaimana Anda mencium seseorang merupakan indikator penting status sosial. Istilah "French kiss" kemungkinan besar diciptakan oleh prajurit Amerika dan Inggris di Prancis selama Perang Dunia I yang memperhatikan bahwa wanita Gallic lebih terbuka untuk menggunakan teknik ciuman yang penuh gairah daripada pasangan Amerika dan Inggris mereka. 

Karena itu, meskipun orang Prancis jelas bukan orang pertama yang terlibat dalam "French kissing", tampaknya benar bahwa mereka diberi penghargaan untuk itu karena antusiasme asmara orang-orang Prancis seabad yang lalu.

Hal yang cukup menarik, orang Prancis sebenarnya tak memiliki kata khusus untuk ciuman yang terkenal sampai saat ini. Kata kerja galocher, yang didefinisikan sebagai "berciuman dengan lidah", ditambahkan ke kamus Prancis yang populer namun tidak resmi, Le Petit Robert, pada 2014.

2 dari 4 halaman

Ilmuwan Jepang Meneliti Soal French Kiss

Sekarang ini, “French kiss” begitu populer sampai tim peneliti Jepang belum lama menemukan mesin untuk berciuman yang akan digunakan bagi pasangan LDR namun dapat terhubung melalui perangkat mirip sedotan yang bekerja melalui komputer.Hari Ciuman Internasional sendiri tidak cuma soal ciuman dengan pasangan Anda, tetapi bisa juga momen untuk mendekatkan orang secara umum.

Gagasan utama di baliknya yaitu bahwa begitu banyak orang telah melupakan kesenangan sederhana yang terkait dengan berciuman dan berlawanan dengan berciuman karena itu formalitas sosial. Berciuman dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan merupakan ekspresi cinta serta keintiman. 

Pada akhirnya, Hari Ciuman Internasional merayakan cinta. Berikut beberapa hari libur lain di seluruh dunia yang melakukan hal yang sama. Untuk budaya yang unik ini, di Brazil disebut Dia dos Namorados atauHari Kekasih Brasil yang dirayakan dengan sangat antusias pada 12 Juni setiap tahun.

Lalu di Spanyol ada Spanyol Hari Santo Dionysius. Hari kasih sayang ini dirayakan dengan membuat patung dari marzipan yang disebut 'mocaorà'. Peringatan tersebut dirayakan pada tanggal 9 Oktober setiap tahunnya. 

3 dari 4 halaman

Ciuman Sebagai Ungkapan Kasih Sayang di Berbagai Budaya Negara

Sementara di Wales, Inggris, ada disebut sebagai hari Dydd Santes Dwynwen.Pada hari ini, sendok kayu buatan tangan yang unik dipertukarkan oleh sepasang kekasih pada 25 Januari setiap tahun.

Kemudian di Bulgaria disebut perayaan St Trifon Zarezan. Tepat pada Hari Valentine yaitu 14 Februari, orang Bulgaria merayakan para pembuat anggur dan petani anggur. Sama halnya di Ghana, negara itu juga lebih mengenalnya sebagai Hari Cokelat Nasional pada 14 Februari yang menurut masyarakatnya cokelat dan cinta berjalan beriringan dalam perayaan ini.

Selain budaya yang berbeda soal ungkapan cinta lewat ciuman dan cara lainnya, ketahui manfaat dari ciuman yang dilansir dari Kanal Regional 7 Juli 2023.

1. Hormon cinta

Saat mencium seseorang yang kamu cintai, tubuh melepaskan hormon oksitosin, yang dikenal sebagai "hormon kasih sayang" atau "hormon cinta." Hormon ini dapat meningkatkan ikatan emosional dan merasa nyaman dengan pasangan.

2. Bermanfaat buat kesehatan

Ciuman yang penuh gairah dapat membakar sekitar 2-5 kalori per menitnya. Selain itu, ciuman juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena pertukaran bakteri yang dapat memperkuat sistem kekebalan.

4 dari 4 halaman

Fakta Tentang Ciuman

3. Sebagian besar waktu manusia dihabiskan untuk mencium

Rata-rata, orang menghabiskan sekitar dua minggu atau 14 hari dalam hidup mereka untuk mencium. Angka ini termasuk ciuman pada bibir, pipi, atau bagian tubuh lainnya.

4. Beda budaya, beda gaya 

Di berbagai budaya, terdapat variasi dalam praktik ciuman. Beberapa budaya seperti Perancis dan Italia cenderung memiliki ciuman bibir yang panjang dan penuh gairah, sementara beberapa budaya lainnya lebih condong pada ciuman ringan di pipi atau bersentuhan bibir dengan pipi.

5. Baik untuk kesehatan mental

Ciuman juga dapat memberikan manfaat kesehatan mental. Ciuman yang romantis dan penuh kasih sayang dapat meningkatkan kadar oksitosin dan dopamin dalam otak, yang dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan memberikan perasaan bahagia.

6. Memiliki kekuatan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ciuman yang penuh gairah dapat meningkatkan keintiman dan kepuasan dalam hubungan. Pasangan yang sering mencium dengan penuh gairah cenderung merasa lebih dekat satu sama lain dan memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dalam hubungan mereka.

Video Terkini