Sukses

Cetak Sejarah, Puteri Indonesia Harashta Haifa Zahra Raih Gelar Miss Supranational 2024

Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra menjadi wakil Indonesia pertama yang memenangkan gelar Miss Supranational 2024. Di babak 2 besar, dia mengalahkan wakil dari Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Harashta Haifa Zahra berhasil mencetak sejarah. Ia menjadi pemenang Miss Supranational 2024 sekaligus menjadi Puteri Indonesia pertama yang memenangkan gelar tersebut selama keikutsertaan Indonesia dalam ajang yang berlangsung di Strzelecki Park Amphitheater, Nowy Sącz, Małopolska, Polandia, pada Sabtu, 6 Juli 2024, waktu setempat.

Di babak dua besar, perempuan asal Kota Bandung, Jawa Barat itu berhadapan dengan Miss Amerika Serikat Jenna Dykstra. Keduanya yang berdiri berhadapan saling menguatkan saat menunggu nama pemenang disebutkan. Tangis Harashta pecah, saat namanya dipanggil sebagai pemenang dalam ajang kontes kecantikan tersebut, menggantikan tugas Andrea Victoria Aguilera Paredes, pemenang tahun 2023.

"Ini tetap terasa tidak nyata dan aku tak sabar memenuhi tugasku sebagai Miss Supranational 2024 yang baru. Tahun ini akan menjadi sangat spesial dan hatiku dipenuhi oleh kebanggaan. Terima kasih untuk negaraku untuk dukungan kalian. Indonesia kita berhasil! Aku cinta kalian!" ucapnya setelah mendapat mahkota, dikutip dari akun Instagram resmi Miss Supranational, Minggu (7/7/2024).

Kemenangan Tata, panggilan akrabnya sudah diprediksi banyak orang. Ia menonjol lewat sejumlah kemenangan dari beberapa kategori yang dilombakan.

Selama ajang berlangsung, mahasiswi jurusan Teknik Lingkungan itu mengharumkan Indonesia karena dinobatkan menjadi finalis paling berbakat. Ia mendapat gelar "Supratalent 2024" yang diberikan pada 30 Juni 2024 selama mengikuti berbagai kompetisi di ajang tersebut. Wakil Indonesia itu memukau saat memainkan alat musik tradisional kecapi.

Wanita kelahiran 5 September 2003 itu juga membawakan lagu "Bubuy Bulan" yang merupakan tembang lawas. Ia juga mendapat pujian karena penampilannya saat membawakan tarian khas dari Indonesia.

 

2 dari 4 halaman

Gaun Malam Harashta di Malam Final Miss Supranational 2024

Di malam final, Harashta tampil mengenakan gaun malam rancangan desainer Jessie Gunawan. Gaun yang dinamai Lintang Segara itu mencerminkan bintang-bintang yang menyinarinya agar ia disorot sepanjang perjalanan.

Mengutip keterangan akun Instagram @officialputeriindonesia, gaun tersebut terbuat dari ribuat kristal perak yang dikombinasikan dengan warna gradasi kebiruan. Warna tersebut menjadi cerminan laut yang bisa tenang, cantik, dan damai, tetapi satu waktu bisa sangat kuat.

"Puteri Indonesia 2024 kita adalah bintang bangsa kita yang benar-benar bersinar di kancah Internasional. Keberanian, kegigihan dan dedikasinya telah banyak menyumbang prestasi baik bagi Indonesia," tulis akun tersebut.

Tata juga sempat membawakan cocktail dress berpotongan rok super pendek berwarna hitam dengan outer berbahan songket Palembang dari benang perak di babak 24 besar. Gaun itu juga dirancang Jessie Gunawan yang ingin menyalakan aura Tata di kontes kecantikan tersebut, sekaligus memamerkan keanggunan dan kekayaan budaya Indonesia. 

Atas kemenangan Tata, Yayasan Puteri Indonesia yang menaunginya mengucapkan selamat. "Kami merayakan pencapaian luar biasamu dan berharap dapat melihat semua hal menakjubkan yang akan kamu capai, @harashtata," tulis akun tersebut.

3 dari 4 halaman

Kostum Nasional Wakil Indonesia di Miss Supranational 2024

Beberapa hari sebelumnya, Tata tampil memukau saat memakai kostum nasional yang terinspirasi Srikandi, tokoh pewayangan populer dari Indonesia. Kostum yang dirancang desainer Intan Avantie itu berupa satu set kebaya dengan kain.

"Terbuat dari kain tradisional yang menggambarkan keindahan seni dan budaya Nusantara, setiap helainya memancarkan pesona sejarah yang sarat akan budaya," keterangan di unggahan pada Kamis, 5 Juli 2024. 

Busana itu memiliki detail embos emas melambangkan kemegahan. Ia juga mengenakan sabuk pending yang membalut pinggang dan mengikat erat gerak tubuh, agar mampu menopang badan dengan kokoh namun juga bisa senantiasa memanah dengan lentur. 

Tak terlewat dari kostum ini adalah Harashta juga kain tradisional bermotif parang yang khas akan khasanah budaya Jawa, yang memperkaya keindahan alam Indonesia melalui tampilannya.  Selain alat panahan yang menawan dan elok di setiap relungnya, kepalanya dihiasi dengan mahkota megah yang melambangkan kebanggaan dan martabat seorang wanita pemberani. Mahkota ini dikelilingi oleh bunga-bunga lokal yang melambangkan keindahan isi alam Indonesia.

"Dengan bangga, kostum nasional Srikandi Manah hadir membawa pesan damai melalui kekuatan, kecantikan, dan keberanian yang disiratkan oleh wanita Indonesia dengan penuh Bhakti Luhur," tulis akun resmi Puteri Indonesia.

4 dari 4 halaman

Profil Puteri Indonesia 2024 Harashta Haifa Zahra

Harashta Haifa Zahra berhak menyandang gelar Puteri Indonesia 2024 setelah mengalahkan finalis asal DI Yogyakarta Sophie Kirana di babak dua besar pada malam final Pemilihan Puteri Indonesia 20024 yang berlangsung pada Jumat malam, 8 Maret 2024. Jawabannya soal alasan perempuan mendukung pembangunan dinilai mengesankan oleh dewan juri yang terdiri dari 12 orang.

Tata lahir di Garut, 5 September 2003. Saat ini, ia masih berkuliah di jurusan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung. Mengutip profil yang diunggahnya lewat Instagram pada 28 Januari 2023, ia disebut memiliki inisiatif advokasi bertajuk Mother of Nature.

Inspirasinya datang dari kondisi darurat sampah di Kota Bandung dengan 44,2 persen berupa sampah makanan. Menurut perempuan yang jago menari itu, isu itu berakar dari kebiasaan warga sehari-hari yang dianggap remeh. Lewat Mother of Nature, ia menggandeng beragam pihak untuk bersama-sama mengatasi masalah sampah organik, khususnya sampah makanan.

"Upaya ini meliputi pemilahan sampah, pendidikan soal pentingnya menghabiskan makanan, dan meningkatkan kesadaran untuk mengambil sesuai yang dibutuhkan," katanya dalam unggahan tersebut.

Dengan kemenangan Tata di ajang tersebut, berarti wakil Jawa Barat memenangkan gelar Puteri Indonesia dua tahun berturut-turut. Sebelumnya, Farhana Nariswari terpilih menjadi Puteri Indonesia 2023 sekaligus mencetak sejarah sebagai wakil Jawa Barat pertama yang mendapat gelar tersebut sepanjang penyelenggaraan PPI.